Masa Lalu

1.2K 56 2
                                    

-Masa Lalu-

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

-Masa Lalu-

Berbicara tentang masa lalu adalah hal yang menyenangkan namun juga disesalkan, senang mengingat momentum yang dialami pada masa tersebut, atau menyesal karena masih ada beberapa hal yang tidak sempat dilakukan pada masa itu. Terkadang seseorang mengatakan masa lalu biarkan berlalu, tentu saja sebab untuk diulang pun tak akan bisa terjadi, sebagian orang ingin melupakan masa lalu karena sebab tertentu, mungkin karena sebagian orang mengalami hal buruk pada masa lalunya, namun yang terjadi adalah setiap manusia tidak akan melupakan masa lalunya, kecuali ia sudah menua dan lupa karena pengaruh usia. 

Masa lalu yang buruk tidak membutuhkan cara dengan melupakan karena dengan usaha melupakan tidak akan mengubah masa itu menjadi baik, namun yang perlu dilakukan adalah "menerima, mengikhlaskan, dan bersyukur". Jika kita mampu menerima masa itu, kita akan merasa baik-baik saja dan mengikhlaskannya juga menjadikan diri lebih bijak dalam menjalani kehidupan. Kita pun harus mensyukuri meski itu buruk, sebab masih dapat kita hadapi dan terlewatkan hingga kita berada di masa ini, sebab banyak orang di luar sana yang tidak sanggup mengalami hal buruk yang kadang berujung melukai diri atau mengorbankan dirinya.

Masa lalu yang buruk tidak tercipta buruk sejak dari awal, pasti akan ada momen bahagia di dalamnya, hanya rasa sakit dan luka pada masa itu membuatnya teringat buruk. Rasa sakit dan terluka karena hal yang berlalu adalah sesuatu yang mengganggu untuk ada di masa ini, dan cara menyembuhkannya kita memerlukan waktu bukan sekadar merenungi, tetapi menempatkan rasa itu pada ruangnya yaitu cukup ada di masa lalu.

Terkadang mengingat masa lalu membuat kita sadar dengan adanya takdir Tuhan dan bila yang dijalani saat ini adalah hal yang baik dalam hidup kita, sekali lagi kita akan tersadar bahwa "segala sesuatu yang buruk pasti akan terganti dengan sesuatu yang lebih baik", termasuk masa lalu dan saat ini.




** Terima kasih telah membaca bagian ini, silahkan beri vote, comment, share untuk mensupport Author**


Sebuah TeoriTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang