-Kegagalan-
Setiap perjalanan hidup kita pasti pernah mengalami kegagalan, baik itu dalam pekerjaan, pendidikan maupun dalam hubungan. Kegagalan yang terjadi membuat kita memupuk rasa kecewa terhadap diri yang terkadang membuat kita ragu hingga menjadi pesimis. Kegagalan terjadi akibat adanya kesalahan atau hal yang tidak sesuai dengan yang seharusnya, jika itu adalah dalam pekerjaan akan ada hal yang masih perlu ditingkatkan mungkin ketelitian atau kualitas kerja, jika itu adalah dalam pendidikan hal yang perlu diperhatikan mungkin pemahaman dalam belajar atau cara untuk mengasah kemampuan, atau ketekunan dalam belajar, jika itu terjadi dalam hubungan, ada hal yang perlu diperbaiki mungkin sikap kita, rasa saling memahami ataupun masalah yang perlu penyelesaian bukan dengan perdebatan namun mendiskusikan.
Tiap kegagalan membutuhkan waktu untuk merasa kecewa, menyesali, mengumpulkan keyakinan untuk bangkit dan menetapkan pilihan. Pilihan untuk berhenti atau mencoba kembali. Berhenti adalah pilihan yang menjadikan diri menyalahkan keadaan dan terburuknya menjadikan seseorang membangun rasa pesimis, sedangkan mencoba kembali adalah usaha menggapai keberhasilan, pilihan untuk bangkit dan mencoba, memperbaiki kesalahan pada hal yang sama atau memulai dengan hal yang baru dengan belajar dari kegagalan.
Kegagalan merupakan risiko dari menggapai keberhasilan, takut gagal adalah sikap yang tidak mampu menerima risiko dan menolak untuk belajar. Sebab selangkah mundur karena kegagalan adalah dua langkah mundur dari keberhasilan.
** Terima kasih telah membaca bagian ini, silahkan vote untuk mensupport Author, juga komentar dan share**
KAMU SEDANG MEMBACA
Sebuah Teori
Non-FictionSebuah teori tentang keresahan yang mengusik kehidupan sehari-hari. ... Temukan teori yang pas untukmu. Selamat Membaca. #1 Self Improvment (8 Juni 2020) #1 Sosial (15 Juni 2020) #2 Non-Fiksi (29 Juni 2020)