Timeskip.
Censa in Senior High School.
"Cen..Cenn..bangun woy pelajaran guru killer nih lu mau disikapin C apa?!"
"Hoaamm....apaan si lu bangunin gue fi."
"Ampun ya Princess..gue mau nyelamatin nyawa lu kesekian kalinya. Kalau mau tidur, lanjut aja.. nanti Pak Bambang masuk gue gak tanggung jawab."
Mata gue langsung terbuka lebar seketika setelah mendengar kata Pak Bambang Sugiono. Lebih tepatnya, gue trauma. Minggu lalu gue dicatat karna gak bawa tugas. Dua minggu yang lalu liptint gue disita.
"Teman apa mantan si lu? Kayak sampah aja baru kasih tau sekarang".
"Yaelah, udah gue bangunin dari tadi, mimpiin aja cowok aneh yang gantungin lo sampai sekarang".
Oke. Gue kenalin dulu dia.
Fiona Qeyra Islamiati.
Teman sebangku loyal gue selama di SMA. Lebih tepatnya, gue anggapnya sistanya.Kehidupan gue berubah 180 derajat tidak pakai celcius semejak masuk SMA ini. Gue kehilangan sikap ambis aneh itu. Bahkan teman seangkatan SMP yang satu sekolah ama gue lagi pada bingung.
'Tumben gak bawa buku.'
'Eh, jadi suka bergaul.'
'Gaya nya udah jadi siswa normal.'
'Akhirnya buat sosmed juga dia.'
'Mainannya udah badboy jangan-jangan'.
Hampir tiap hari dan kuping gue panas dengar beginian. Gue juga bingung kenapa sikap ambis itu hilang. Gue jadi kagak paham ama pelajaran. Bahkan gue ngerasa salah masuk jurusan.
"Melamun mulu..."
"Ehhh!" Gue terkejut setelah mendengar suara yang tidak asing.
"Selamat siang pakk!" Fiona menyaut.
Ternyata itu adalah suara Pak Bambang Sugiono. Beliau menatap gue dengan tatapan tajam. Seperti biasa, beliau selalu fashionable.
Sepatu yang lancip,
pakaian kemeja batik yang ngepress dengan tubuhnya,
Menyempilkan m*cbook dilengan kiri, dan menggunakan topi fashionable."Censa.." beliau memanggil nama gue.
"Iyaaa...Pakkk...!" gue membalas dengan tegas.
Dikiri gue Fiona tampak khawatir bahkan bergegar. Aneh, gue yang kena tapi dia malah yang gugup.
Sekelas mandangin gue, biasa mah udah sering jadi pusat bumi.Masih ditempat, Pak Bango alias Bambang Sugiono menatap gue.
Gue perhatikan beliau mengeluarkan sesuatu dari sakunya.Gue yakin 100% itu pulpen yang akan bekerja untuk beliau. Iya, buat nyatat sikap gue.
Dipikiran gue,
'apa guru ini pernah dendam sama gue di kehidupan sebelumnya?'.Gue masih menatap barang yang akan beliau keluarkan dari saku bajunya.
Tak lama kemudian, bentuknya semakin mengecil dan bulat.
"Nih, pewarna bibir kamu yang saya sita minggu lalu. Anak saya gak suka warnanya jadi dibalikkin".
Gue terkejut dengan omongan Pak Bango ini.
"Tapi pak, ini lipstint warna natural".
Gue keceplos bilang begitu ke beliau.
Begitulah, liptint gue dibuang ke tong sampah, dan pen kembali melakukan pekerjaannya.Rest time.
"Kerja bagus lagi yaa Cen," ucap Sarah.
Sarah, adalah ketua geng 'BERBURU HARTA KARUN' di kelas gue. Harta yang dimaksud bukan uang atau perhiasan. Tapi nilai. Geng nya adalah top 10 dikelas gue. Ya gue baru yang ke sebelas.
"Lagian sih, kalau lu burenk ngga bakalan begini deh!"
"Ehh tapi bekas jiwa-jiwa burenk harus tetap di waspadai".
"Bener tuh, nanti kalah comeback bisa di pojokkin kita".
Yap, hal-hal cringe kayak begini yang diomongin depan gue. Bikin panas telinga kan?
Gue terlalu gak sabar, sampai akhirnya untuk pertama kali di SMA. Gue ngegas ke orang lain.
"Tolong ya, gue kasih tau. Rencana terbesar atau skill terdalam yang lu punya kagak perlu diumbar atau dikasih tau ke orang lain. Dan betul, kalau epic comeback kan kalian juga yang malu."
Gue keluar dari kelas menuju ke taman buatan depan sekolah. Tempat terhijau, teradem ayem, tersepi sepoi, dan terdamai di seluruh isi sekolah kompetitif gue.
'Sakit memang rasanya. Masuk sekolah kompetitif ini, kayak bawa beban segunung'.
Dari turun tangga isi kepala gue cuma itu, dan untuk pertama kalinya.
Taman itu penuh dan ramai orang.
Ya, begitulah. Gue kagak jadi mau melampiaskan semuanya."Censa ! Hai !" Teriak seseorang dari jauh ke gue.
"Siapa itu?! Lu kagak kelihatan! Gue kagak pakai kacamata!"
Yaa.. ini kebiasaan gue, udah tau minus tapi gak pakai kacamata.Gak, lama orang itu hampiri gue.
"Hey Censa! Ini gue Arka. Masih ingat gak lu? Ketua kelas MOS looo!"
Oke, jadi gue ngga akrab seperti yang Arka sapa. To the point, Arka adalah tipikal cowok yang SKSD.
"Mau kemana ?".
SKSD nya pun dimulai."Oh, mau ngapel." Gue membalas.
"Ngapel? Masa cewek ngapel cowok si?".
Biasa Arka mulai kepo."Loh gue gak bilang kalau mau ngapel cowok."
"Terus? Ngapel apaan dah?"
Makin kepo."Ngambil ketapel." Gue balas.
"Hah? Ketapel? Dimana?".
Dan semakin kepo."Tuh diatas pohon".
Gue tunjuk pohon liat dia noleh, gue langsung cabut dari situ.
Telinga gue panas dengar ke kepoan tingkat Mythic si Arka.Gue masih mencari tempat buat lampiaskan kesal gue. Jujur, udah setahun gue sekolah di tempat ini. Belum ada yang se-nyaman kamar gue.
Lintasan lorong sekolah satu persatu gue lewati, sampai menyapa beberapa guru yang ada di lab.
Sampai gue lewat lorong taman dekat koperasi.Ingatan gue, tentang keegoisan. Dimulai lagi.
Alasan gue gak bisa belajar dan tidur nyenyak.Gue terdiam dan duduk disalah satu bangkunya.
Memerhatikan sekitar, jelas tidak ada orang yang peduli sama gue.
Banyak orang kira gue introvert.
Gue ekstrovet.
Gue punya banyak teman dimana-mana hampir satu angkatan kenal.
Senior-senior juga kenal gue.Sayangnya, yang loyal sama gue itu sedikit. Jadi sia-sia aja lu punya banyak teman tapi yang care sama lu itu sedikit. Mau jadi sandaran lu. Mau jadi tempat lu berkeluh kesah. Gak ada.
Hanya 1 banding 1000 yang teman yang benar-benar teman.
Dedaunan kering yang jatuh, angin musim kemarau. Semakin membuat gue bingung sama keadaan ini.
Dulu, sekolah ini gue impikan. Tetapi, kenapa sekarang gue merasa terbebankan?
Pikiran gue, selama setahun disekolah ini. Hanya berpusat pada dosa egois gue. Kepada seseorang, yang gue jatuhkan.
-bersambung-
Terima kasih kepada readers yang sudah membaca, vote dan komentarnya.
Selama pandemi, author akan update setiap hari.
Keep spirit keep productive.Honestly,
Author.
KAMU SEDANG MEMBACA
Si Ambisius
Teen Fiction"Gue mati-matian belajar, bimbel, nyari materi tapi masih kalah sama lu yang malas-malasan dikelas, kagak nyatat dan tukang tidur ?! Gila lo!" Hi,gue Censa. Itu sifat gue waktu dulu. Biasa dikatain aneh. Gak tau sekarang. copyright Kartikandr.20...