(Bonchap) Selepas Jam Dua Pagi

2K 415 136
                                    



*Sudut pandang Hyunjin

Menjelang jam dua pagi, alarm hape gue bunyi.

Gue yang masih stay ngerampungin graffiti di dinding terpaksa menjeda sebentar buat matiin pop up alarm yang bunyinya makin menjadi, nggak enak ngebangunin orang rumah yang lagi tidur.

Setelah lepas masker, gue duduk selonjoran buat break sebentar di karpet kamar, memperhatikan grafitti yang belum rampung, udah jam segini aja, padahal mulainya tadi jam sepuluh, gue pikir jam satu udah kelar.

Mengambar pake cat semprot emang tingkat susahnya lebih gede ketimbang pake kuas, kalau pake kuas bisa dikontrol sementara kalau cat kaleng, tekniknya lebih rumit karena harus mengimbangi tekanan semprotan.

Gue sengaja ngerjain malem-malem, karena lebih nyaman dan fokusnya gampang didapet pas malem, dari situasi itu maka gue sering bergadang sampe lukisan atau graffiti yang gue bikin bisa cepet kelar.

Gue berdiri, ngambil mug kopi yang udah habis di meja belajar, padahal malem ini gue udah habis tiga sachet kopi item, tapi masih berasa ngantuk aja, maklum sejak kerja di Bee ramen gue jarang bergadang, bikin grafitti aja ini sengaja nyari momentum pas malam minggu yang besoknya libur, jadi biar nggak punya ganjalan apa-apa.

Sepilas gerimis turun di jendela kamar ketika gue turun ke dapur buat bikin kopi dan ngambil beberapa bungkus sariroti buat temen bergadang, maklum kalau tanpa kopi itu kurang afdol apalagi ngerimis, paling enak ya minum kopi.

Berhubung air panas di termos habis, gue terpaksa harus masak air dulu, sambil nunggu, gue ngecharge hape di ruang tamu lalu membuka whatsapp sebentar.

Pas malem lampu utama ruang tamu memang sengaja dimatikan buat hemat energi, cuma cahaya kecil dari kap lampu oranye yang membantu penerangan, jadi wajar kalau menimbulkan kesan remang, gue ngecek pesan sambil sesekali mandang ke tembok ruang tamu, ngelihat foto-foto.

Ada lumayan banyak foto dan lukisan kanvas yang dipajang di ruang tamu, bokap memang seneng majang-majang foto keluarga dari yang udah almarhum hingga keluarga yang masih sehat, sisanya cuma lukisan ikan koi, lukisan perdesaan dan lukisan perempuan klasik tempoe dulu yang lagi menjahit.

Biasanya gue nggak ada masalah sama lukisan atau foto itu, tapi nggak tahu kenapa, kalau dipandang pas malem jadi serem aja terutama foto-foto dalam bentuk orang atau di sini foto keluarga gue, kalau lukisan pemandangan sih nggak ada masalah apa-apa.

Deg.

Kok kayak dilihatin ya kalau mandang matanya?

Sorot mata yang ada di dalam foto kaya ngelihatin gue.

Nggak tahu ya, ilusi optik atau bukan, percaya nggak percaya, lukisan atau foto itu kayak hidup terutama yang bentuk orang apalagi yang perempuan, foto eyang gue, kalau gue melihat ke sorot mata, kesannya kaya diikutin sorot mata yang ada dilukisan jadi seperti ada yang ngelihatin padahal cuma ada gue di ruang tamu.

Gue ngerasa makin nggak nyaman, padahal ruang tamu juga ber-ac, nggak panas juga, masa gara-gara lukisan sama foto..

Dari pengalaman gue temenan sama Felix, dia selalu blak-blakan kalau ngomongin soal yang hal-hal kasat mata demikian, Felix sering bilang kalau tempat favorit 'mereka' itu pertama di langit-langit (langit-langit rumah yang belum dikasih ternit jadi kelihatan ada kayu melintang yang buat orang yang bisa 'melihat' sering dipakai kuntilanak duduk) kedua yang udah pasti kamar mandi, terakhir di lukisan, poster atau foto terutama yang bentuk orang hidup, itu sudah pasti ada yang menempati.

Badoet - Hwang HyunjinTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang