Simpan Hartamu Dilangit

103 3 0
                                    

SIMPAN HARTAMU DI LANGIT

Sahabat, mulanya kita beranggapan bahwa semakin banyak harta akan membuat hati dan pikiran tenang, sebab semua kebutuhan dan keinginan bisa diwujudkan.

Namun faktanya, harta yang banyak jumlahnya cenderung semakin mengacaukan pikiran.

Hati gelisah meninggalkan kendaraan mewahnya bepergian. Resah bila rumah megahnya dimasuki orang tak dikenal. Khawatir perhiasannya dirampas orang. Bahkan shalat pun kehilangan khusyu' karena mencemaskan hartanya.

Sahabat, mungkin sebaiknya kita mengikuti nasihat berharga seorang sahabat mulia. Ibnu Mas'ud _radhiallahu 'anhu_ pernah berkata,

مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يَجْعَلَ كَنْزَهُ فِي السَّمَاءِ حَيْثُ لاَ يَأْكُلُهُ السُّوْسُ وَلاَ يَنَالُهُ السُّرَّاقُ فَلْيَفْعَلْ، فَإِنّ قَلْبَ الرَّجُلِ مَعَ كَنْزِهِ "Barangsiapa yang mampu untuk meletakkan harta simpanannya di langit sehingga tidak dimakan oleh ulat, dan tidak pula bisa disentuh para pencuri, maka lakukanlah! Karena hati seseorang bersama harta simpanannya." (Fawaidul Fawaid)

Maknanya, letakkan harta itu di sisi Rabb semesta alam. Keluarkan di jalan Allah, titipkan melalui orang-orang fakir, miskin, anak-anak yatim. Sumbangkan untuk sarana masjid, Pesantren , hidupkan majelis ilmu dengan hartamu, atau jalan lain yang Allah ridhai.

Di sanalah tempat menyimpan harta paling aman, takkan hilang dan pasti terjaga hingga akhir zaman

dakwah islamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang