Sebagian wanita beranggapan anugerah terindah adalah kecantikan fisik. Setiap wanita pastinya ingin terlihat cantik dihadapan semua orang, baik cantik dari luar maupun cantik dari dalam. Kecantikan dari luar dapat dilihat dari penampilan fisik, dan juga dapat dilihat dari fashion pakaiannya, bahkan dilihat dari makeupnya.
Berbagai macam cara dilakukan supaya terlihat cantik. Bahkan dijaman sekarang operasi kecantikan marak terjadi seperti operasi plastik, tanam bulu mata, sulam alis, operasi hidung supaya terlihat mancung, operasi bibir supaya terlihat merona, operasi dagu, dan masih banyak cara lain yang dilakukan untuk menjadi cantik tetapi menyimpang syariat islam.
Allah menciptakan wanita dengan aneka macam keindahannya. Akan tetapi terkadang wanita terlalu berlebihan dalam berpenampilan, dan dengan berpenampilan berlebihan wanita dapat menjadi penghuni neraka yang lebih banyak dibandingkan pria. Seperti yang tercantum dalam hadits:
Rasulullah SAW. bersabda: “Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita, karena kufur.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’anhuma]
Sedangkan kecantikan dari dalam atau inner beauty adalah kecantikan alami yang terpancar dari dalam diri baik berupa aura positif. Aura positif hanya dapat terpancar dari hati yang bersih, tidak memiliki penyakit hasad atau penyakit hati.
Inner beauty sangat mudah dirasakan oleh orang-orang sekitar. Salah satu sifat yang dapat memancarkan inner beauty adalah rasa syukur. Rasa syukur dapat membuat hati menjadi bahagia dan lebih menikmati hidup. Wanita yang selalu bersyukur akan mendapatkan nikmat lebih oleh Allah. Seperti yang tercantum dalam surah ibrahim [14] : 7;
“Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memaklumkan :”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nimat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”
Ciri-ciri wanita yang bersyukur adalah menerima segala yang telah Allah berikan kepadanya yaitu berupa kecantikan, kesehatan, kebahagiaan, dan masih banyak lagi. Perempuan yang selalu mensyukuri karunia Tuhan memiliki wajah yang selalu berseri dan awet muda. Rasa syukur terpancar dari tingkah laku dan perbuatan yang selalu menuju kepada kebaikan. Inner beauty dapat terpancarkan melalui banyak hal, diantaranya:
Inner beauty dapat terpancarkan melalui kepribadiannya. Kepribadian yang terpancarkan yaitu kepribadian yang baik, seperti sifat lemah lembut yang dimiliki wanita. Lemah lembut bukan berarti lemah, akan tetapi bersifat halus tidak kasar kepada sesama makhluk hidup.
Inner beauty dapat terpancarkan melalui kemampuan dia dalam mengontrol diri. mengontrol diri baik dari sifat egois, sifat pemarah, dan sifat ingin menang sendiri. Dia tidak ingin membuat kesalahan dalam hidupnya.
Inner beauty dapat terpancarkan melalui kasih sayang. Kasih sayang tanpa mengharapkan imbalan atau balasan. Kasih yang tulus yang terucap dari tutur kata dan perbuatannya. Kasih sayang yang membuat dia rela berkorban demi kebaikan.
Inner beauty dapat terpancarkan dari sikap pemalu yang dia miliki. Pemalu disini berarti bukan malu-maluin, akan tetapi sifat pemalu yang dapat menjaga harga diri dan martabatnya sebagai perempuan. Sikap malunya akan melindungi dirinya dari perbuatan yang dapat merendahkan harga dirinya. Sifat malu yang dicerminkan seperti selalu menjaga sikap atau perilaku dan juga tutur katanya.
Inner beauty dapat terpancarkan dari semangat yang tertanam dalam diri dia sendiri. Contohnya yaitu semangat untuk meraih cita-cita , semangat untuk selalu melakukan kebaikan dan menjauhkan segala macam keburukan.
Inner beauty dapat terpancarkan dari wanita yang selalu melibatkan Allah SWT. dalam kehidupannya. Wanita tersebut yang selalu menghiasi dirinya dengan sholat lima waktu tepat waktu, mengerjakan sholat sunnah, mengaji Al-quran, melaksanakan ibadah puasa, menaati perintah kedua orang tua, selalu melakukan dzikir dan selalu berdo’a.
Wanita yang sholehah selalu menyerahkan semua urusannya kepada Allah SWT. Wanita sholehah itu ibarat sebaik-baiknya perhiasan. Seperti yang tercantum dalam sebuah hadits yaitu: Rasulullah SAW. Bersabda, ”Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita sholihah.” (HR. Muslim)
Tampil cantik tidak harus dengan makeup, kita pun dapat mengganti makeup dengan perumpamaan sesuatu yang dicintai Allah. Yaitu: Menjadikan zikir yang selalu membasahi bibir perumpamaannya adalah sebagai lipstik, menjadikan penglihatan yang terhindar dari maksiat perumpamaannya adalah sebagai kacamata.
Kemudian, menjadikan air wudhu perumpamaannya adalah sebagai bedak untuk cahayanya diakhirat nanti, menjadikan pendengaran yang ma’ruf perumpamaannya adalah anting muslimah, dan menjadikan tawadhu perumpamaannya adalah sebagai gelangnya. Serta menjadikan kesucian perumpamaannya adalah sebagai kalungnya.
Semoga Allah menjadikan kita seorang wanita yang sholehah yang dapat memancarkan aura inner beauty, dan menjauhkan kita dari godaan fashion dan makeup yang berlebihan yang hanya menampilkan kecantikan fisik semata. Naudzubillah
KAMU SEDANG MEMBACA
dakwah islami
Diversossebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain 😇 semoga buku ini bermanfaat bagi kalian semua 🙃