Bagi kalian yang tumbuh besar pada tahun 90an, pasti sudah tak asing lagi dengan film cina yang menceritakan tentang vampir. Nah vampir asal cina yang hanya bisa meloncat-loncat ini namanya Jiangshi. Menurut legenda yang ada, Jiangshi ini konon merupakan mayat dari seorang sarjana yang mati dalam peyesalan, karena meninggal sebelum sempat mengabdi untuk kerajaan. Pada zaman dulu di Cina, seseorang yang ingin bekerja untuk kerajaan harus mengikuti ujian yang sangat sulit di ibukota. Ujian ini sendiri kebanyakan tentang ilmu perang dan sastra. Karena itu banyak orang dari seluruh penjuru Cina datang dan menetap di ibukota untuk bisa belajar dan menjalani ujian untuk menjadi ppejabat negara.
Karena ujian ini sangat sulit dan lama, kadang kala bahkan ada yang sampai mati. Nah saat meninggal inilah mayat seorang calon sarjana biasanya akan dikirim ke kampung halamanya. Sedangkan sosok Jiangshi merupakan sarjana yang berhasil lolos ujian, tapi meninggal sebelum sempat dilantik. Karena itu saat di kirim kekampung halamanya, ia dipakaikan atribut pejabat lengkap.
Saat dikirim inilah konon mayat Jiangshi bangkit dari kematian dan berubah menjadi zombie vampir. Jiangshi yang telah bangkit konon akan memburu orang yang masih hidup untuk menyedot energi "Qi" mereka. Qi sendiri merupakan energi kehidupan bagi manusia, yang kemudian di ganti menjadi darah dalam film-film tentang vampir cina.
Nama Jiangshi sendiri berasal kata Jiang yang berarti "kaku" hal ini merujuk pada, kisah yang ada dimana tubuh Jiangshi yang telah kaku sebelum bangkit. Karena tubuhnya yang kaku inilah maka Jiangshi konon hanya bisa meloncat untuk berpindah tempat.
Sc: https://www.anehdidunia.com/2018/04/legenda-urban-legend-tiongkok.html?m=1
KAMU SEDANG MEMBACA
Urban legend "scream"
HorrorBerisi kumpulan urban legend dari berbagai daerah maupun negara yang kami ambil dari berbagai sumber. Update setiap Senin & Rabu Setiap jam 21:00 WIB