Daun Singkong

11 2 0
                                    

Suasana udara fajar kuhirup. Kuresap kedalam pori-pori paruku. Betapa segar udara alam Indonésia ku. Umurku masih 10 Tahun dan aku pergi ke ladang Jari lima (Sebutan ladang ketela)  aku berpikir bahwa itu adalah ganja yg kulihat di berita berita tv. Kudekati dia kuperhatikan dari ujung daun sampai seluru struktur batang dan jenis akarnya. Kulihat semakin ku banding kan dengan yang ada di berita semakin tak tau ini tumbuhan apa. Lalu aku bertanya kepada Kakekku. Apakah ini ganja?? Kakekku malah tertawa. Ini yang kita makan saat nonton tv setiap malam ujarnya. Ohhj jadi ini yg namanya ketela dalam anganku saja. Lalu aku membantu kakekku membersihkan singkong yang telah di cabut dan mengambil daunnya untuk dijadikan sayur atau dijual ke pasar.

.
Dalam hati angan serta otakku timbul tentang suatu pertanyaan dan  beserta jawabannya.. Apakah pertanyaan itu?? Aku juga lupa karna kubuat tulisan ini sudah lebih dari 9 tahun lalu. Bahkan ladang ketelanya pun sudah tidak ada. Kembali kupaksa dan ku cari dalam buku pencarian  Di software kepalaku. Ketemukan sebuah file kecil berukuran 2 Micro byte. Kubuka ternya gagal karna software hardware kepala ku sudah ku upgrade ke versi sekarang . Dimana udara senja tak sesegar 10 tahun lalu, dimana suasana Pagi desaku tak se harmoni dulu, kenapa udara pagi hari terasa sejuk dan sekarang tidak?? Karena sekarang banyak Bercampur dengan nafas Orang Munafik.

Oh iyaa aku lupa bahwa tadi ada pertanyaan yg sedang kucari di memori otakku. Ternyata berhasil kubuka ketika aku menuju tempat yang menimbulkan pertanyaan 9 tahun lalu di fajar. Meskipun sudah menjadi gudang entah milik siapa akupun tak tau.. Pertanyaan dan jawabannya begini..

Kalau ini ketela berarti daunnya menjari.
Kalau ganja daunnya menjari juga
Ketela akarnya bisa dimakan perut jadi kenyang
Ganja akarnya tidak bisa dimakan.
Ketela daunnya bisa dimakan
Ganja daunnya bisa dihisap / buat bius
Harga ketela 1 pohon tidak sama dengan ganja 1 daun
Proses tanam sama sama di tanah tidak ada cara khusus.
Tapi harga 1 pohon ganja kok sama dengan 100 harga ketela?? Akupun tak tau. Ku mencoba bertanya kepada yg membuat kedua pohon tsb. Namun aku tak mendapatkan jawaban sampai dengan saat ini.

Next!!!!

Tuhan KekasihTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang