💭 Tanya-Jawab Seputar Shalat Dhuha 📝
•
🌱
•FATWA SHALAT DHUHA
_____________________________1. Hukum Shalat Dhuha?
Ibnu Baaz menjawab:
Shalat Dhuha adalah sunnah mu-akkad, Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam melakukannya dan membimbing para sahabat untuk mengerjakannya.
Majmuu' al-Fataawaa (11/396)
2. Keutamaan Shalat Dhuha?
Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersaba: "Setiap persendian salah seorang dari kalian wajib dikeluarkan shadaqahnya. Setiap tasbiih (ucapan subhaanallaah) adalah sekedah. Setiap tahmiid (ucapan alhamdulillaah) adalah sedekah. Setiap tahliil (ucapan laa ilaaha illallaah) adalah sedekah. Setiap takbiir (ucapan Allaahu akbar) adalah sedekah. Setiap amar ma'ruf sedekah dan setiap nahi mungkar adalah sedekah. Dan dua raka'at Dhuha sudah cukup untuk menggantikan semua itu."
3. Waktu Shalat Dhuha?
Ibnu Baaz rahimahullaah menjawab:
Waktunya sejak matahari naik seukuran satu tombak hingga matahari tegak sebelum tergelincir. Namun, yang paling utama adalah mengerjakan shalat Dhuha sesudah panas menyengat. Ini adalah shalat Awwaabiin.
Majmuu' al-Fataawaa (11/396)
4. Kapan Waktu Dimulainya Shalat Dhuha dan Kapan Berakhirnya Berdasarkan Hitungan Menit?
Ibnu Utsaimin rahimahullaah menjawab:
Sejak matahari meninggi seukuran satu tombak, yakni sekitar seperempat atau sepertiga jam sesudah terbitnya, hingga sebelum matahari tergelincir antara sepuluh hingga lima menit saja.
Majmuu' al-Fataawaa (14/306)
5. Berapa Jumlah Raka'at Shalat Dhuha?
Ibnu Baaz rahimahullaah menjawab:
Shalat Dhuha minimal dua raka'at. Jika mengerjakan empat raka'at, enam raka'at, delapan raka'at, atau lebih dari itu maka tidak apa-apa. Sesuai kemudahan yang ada dan tidak ada batasan tertentu.
Majmuu' al-Fataawaa (11/399)
Ibnu Utsaimin menjawab:
Shalat Dhuha minimal dua raka'at. Adapun maksimalnya maka tidak ada batasannya tertentu. Seseorang bisa mengerjakannya sesuai semangatnya.
Majmuu' al-Fataawaa (14/305)
Shalat Dhuha minimal dua raka'at dan tidak ada batasan maksimalnya. Namun, yang paling utama ialah tidak melaksanakannya lebih dari delapan raka'at dan salam pada tiap-tiap dua raka'at. Tidak sepatutnya menggabungkannya dengan satu salam.
Al-Lajnah ad-Daa-imah (6/145)
6. Apakah Disunnahkan Shalat Dhuha Setiap Hari?
KAMU SEDANG MEMBACA
Shalat Dhuha
NonfiksiTuntunan lengkap shalat Dhuha disertai keutamaannya, waktunya & faedahnya. - DR. Sa'id bin 'Ali bin Wahf al-Qahthani - 🌸 Hidup Tentram Bersama Sunnah 🌸 #PustakaIbnu'Umar📑