For Him

35 7 7
                                    

Dear Ari,

Gimana kabarnya hari ini? Gue udah berulang kali bilang kalo sia-sia banget gue nulis ini. Entah surat ini, surat kemarin, kemarin lusa, minggu lalu, bulan lalu, atau bahkan saat pertama kita pisah.

Udah pernah gue tulis kalo milih buat mutus semua kontak antara kita. Gue sama lo, juga gue sama temen-temen semasa SMA. Gue tau, itu terlalu kekanak-kanakkan buat gue yang umurnya udah nginjek 19 tahun. Tapi, Ri, lo pernah mikir gak sih kalo gue tetep bertahan di jalan di mana gue harus kehilangan harapan antara cinta sama persahabatan itu bener-bener bikin gue gila.

Gue gak nyangka suratan takdir kita harus berakhir kayak gini. Please, gue pengen hidup dengan bahagia. Gue pengen ngerasain cinta yang enggak bertepuk sebelah tangan di awal. Bukan kayak kita. Di awal aja gue udah ngira cinta gue sama lo bertepuk sebelah tangan, dengan akhir kita punya rasa yang sama tapi dipisahkan terus sama keadaan.

Gue tau, Tuhan punya maksud sendiri buat hidup makhluknya. Dan gue yakin ini jalan yang terbaik buat kita.

Gue bukan yang terbaik buat lo. Dan lo bukan yang terbaik buat gue.

Simpelnya, kita harusnya tau dari awal persahabatan kita gak akan semulus yang kita omongin.

Kita bakalan sahabatan selamanya.

Gue khianati itu. Sejak saat itu gue bukan orang yang selalu nepatin janji. Gue gak bisa buat gak jatuh cinta sama lo, Ri. Tapi emang itu kenyataan yang harus gue terima kalo akhirnya persahabatan kita bakalan berakhir karena perasaan kita masing-masing.

Berapa lama gue bertahan seolah gue baik-baik aja liat lo punya pacar baru dan selalu lo ceritain ke gue?

Gue salah, Ri. Gue salah jadi sahabat lo.

Dengan gue jadi sahabat lo, banyak cewek yang sakit hati sama gue. Gue yang deket sama lo dengan status sebagai sahabat lo bikin banyak orang cemburu.

Ri, gue harus gimana lagi?

Menjauh dari lo udah gue lakuin.

Gak berhubungan dengan lo atau temen-temen lain udah gue lakuin.

Apa cinta bisa pergi begitu aja karena kita gak ketemu, atau justru malah rindu yang nguatin cinta itu?

Gue harus gimana lagi, Ri?

Kita yang udah sahabatan lama.

Nyatanya, beribu hari bahagia yang kita lewati harus dihapus oleh satu malam kesalahan.

Gue nyoba nerima orang yang sayang sama gue, Ri. Gue nyoba dengan harapan semoga dengan dia gue bisa lupain lo. Walau nyatanya sia-sia. Boleh gue jujur kalo selama ini gue selalu bersikap denial?

Ri, mencintai lo sebenarnya bukan sebuah kesalahan.

Yang salah itu waktu... dan orang-orang yang seharusnya gak ada dalam skenario kisah hidup kita.

Dan, Ri, jujur aja... gue bohong kuliah di London. Gue di Cambridge. Raden yang ada di London. Raden bilang kalo musim panas lalu dia nemuin lo. Lo gak akan nemuin gue di sana. Gue gak di sana, Ri. Gue gak ada di sana.

Cambridge, menjelang musim panas.
I'll back to Indonesia

Ara & Ari 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang