Jean, tengah bersandar di pinggir motor, nunggu temen ceweknya yang belum muncul di depan matanya. Ia kira sih gak akan lama, dan tahu gini dia gak nolak buat masuk rumah dan bisa aja numpang sarapan dulu.
"Hei sini kau!" suara keras bocah pakai seragam SD muka bedak-an terdengar di sebelah rumah, ngundang Jean buat merhatiin itu anak. Anak satu lagi yang terpanggil, ya mungkin temennya, cepet-cepet lari nyamperin dari arah rumah sebrang. "Ampun! aku sudah tidak punya apa-apa lagi." ucap anak cowok itu sambil berlutut di hadapan si anak songong yang manggil tadi.
Jean jadi gak paham, situasi apa yang sekarang tengah terjadi di antara dua anak ini. Rasanya agak kepagian buat nyaksiin hal seperti ini.
Terlalu dramatis.
"Sudah, saya tidak ingin mendengar alasanmu lagi, cepat berikan!".
Jean yang udah gak kuat lagi mau omelin itu anak, spontan nyamperin mereka. Dia bantu berdiri si anak yang berlutut, "Hei, ada apa ini dek?" tanya Jean dengan tangan sibuk bersihin celana anak yang kini kotor, karena berlutut tadi. "Gak ada apa-apa kok bang.." jawab santai si anak songong. "Tau nih ah ikut-ikutan aja bang, jadi cape dua kali dah." Si anak yang tadinya bermuka belas kasihan, malah jadi ikutan marah-marah ke Jean.
Jean udah ber feeling gak enak.
Dan sekarang, Jean ini malah diliatin dua anak itu. Pake muka marah.
"TANGGUNG JAWAB TUH BANG JEAN!" teriak Rachel, cewek yang dari tadi ditunggunya.
Si dua anak malah kompak ngeluarin telapak tangannya masing-masing. "Loh kok-"
"Cepet, kasih apa aja lahh Je." titah Rachel tanpa rasa berdosa ke Jean setelah lamanya dia nunggu, dan berujung di palak sama dua anak tetangga Rachel ini. Dia berusaha ngeraba dulu saku celananya. Untungnya si ada duit receh, gak sudi dia ngasih uang kertas warna biru ke mereka di balik saku sebelahnya lagi.
Bukan gak sudi sih, lebih ke sayang aja, yang ada di pake sama mamahnya.
"Nih, maafin kalo abang ada salah ya, adek-adek pinter." Ucapnya sambil menjatuhkan beberapa receh ke tangan si anak-anak. "Asik, gitu dong bang!" Jean lanjut balas dengan ngelus rambut kedua anak, pake senyum lebarnya.
Mereka bubar, dan Jean di ketawain abis-abisan sama Rachel, "Kenapa hah? Gua gak paham ini pagi-pagi di kerjain." ketus Jean sambil pake helm. "Lagian hidup lu sibuk mulu ngurusin bocah, gua juga ga tau tuh dua bocah sama lu punya masalah apaan."
Tatapan mereka balik lagi ke anak yang teriak manggil, dan satu anak lari lagi nyamperin. Intinya, reka ulang adegan tadi.
Bisa di simpulkan, kalo mereka latihan berdialog drama tugas sekolah.
"Oh jadi," Jean ketawa buat dirinya sendiri yang udah ketipu sama bocah.
"Anjir jadi lu ketipu bocah SD, gitu? Masa sih seorang Jean gak bisa bedain mana dialog drama mana dialog bocah yang real." ledek Rachel, kalo si Jeannya sih senyum-senyum nerima aja sambil tancap gas.
"Semangat adek-adek sayang!"
***
Rachel dan Jean lanjut melimpir dulu masuk ke kantin. Niat Rachel nyuruh Jean buru-buru nyampe kampus, cuma mau makan batagor langganan di kantin deket FISIP. Jean sih gak berhenti ketawa pagi gini Rachel udah makan batagor, sebelumnya kan dia ini udah sarapan banyak di rumah.
Padahal jadwal masuk Jean dua jam lagi dibanding Rachel yang setengah jam lagi bakal ada kelas. Manalagi lumayan jauh dari jarak fakultasnya Jean. Maklum, Jean anak yang terlalu baik dan gak enakan. Dua jam gak dia peduliin, demi sahabat ceweknya ini, seneng.
KAMU SEDANG MEMBACA
BitterSweet // slow up
FanficPernah gak sih denger ada 5 manusia yang berteman udah akrab lama banget dan masing-masing dari mereka ini, sama-sama bodoh kalo ngurusin soal cinta? Liat aja nih, Si A: Sekalinya pacaran, gak selalu mulus, ngoleksi mantan yang ada. Si B: Ada ora...