1.1

71 13 4
                                    

"Juara pertama speech contest adalah Dhafian Gunadhya!"

/

"Dhafian Gunadhya keluar sebagai juara umum kompetisi matematika!"

/

"Selamat kepada Dhafian Gunadhya sebagai juara satu cerdas cermat provinsi!"

Halo, kalian udah tau nama gue dari pengumuman yang bikin pengang di atas, kan? Apa perlu gue kenalan lagi? Oke, nama gue Dhafian Gunadhya, anak kedua dari dua bersaudara.

Gue terlahir di keluarga jenius pengejar nilai akademik. Papi gue merupakan guru besar yang disegani disalah satu universitas, Mami gue cuman IRT biasa sih – tapi yang gue tau, Mami dulu adalah anak yang pinter banget semasa sekolah dan kuliah, sedangkan Kakak gue sekarang lagi menjalani pendidikan S2 di Jerman.

Gue? Lo bisa liat pengumuman di atas. Gue emang pinter, keren, dan ganteng. Gue selalu jadi perwakilan sekolah untuk lomba-lomba akademik. Selalu dituntut untuk bisa segala hal sama keluarga gue, dan gue gak seneng berada di posisi ini.

"Dek, mami udah daftarin kamu buat les kimia. Nilaimu turun lho kemarin!" Kata Mami seraya mengoleskan selai ke roti gue.

"Gak usah, Mi. Aku bisa belajar sendiri kok, lagian kemarin cuman turun satu poin dari semester lalu."

"Apanya yang gak usah? Kamu tuh akhir-akhir ini kerjaannya ngelawan aja," gue menghela nafas, mulai lagi, "Kamu tuh Mami biayain dari kecil sampe sebesar ini, masih aja ngelawan! Kamu contoh tuh kakakmu, bisa berangkat ke Jerman karena nurut sama Mami dan Papi."

Gue diem aja, males nanggepin omongan Mami yang berulang kali diucapkan. Gue ngabisin sarapan dan langsung berangkat sekolah.

*****

"Dhaf, kamu bapak tunjuk buat ikut lomba piano. Bisa, kan?" Pak Yudi memberikan selembar kertas formulir yang udah diisi data diri gue, "kamu tinggal tanda tangan aja. Saya udah bilang ke mami kamu, dan beliau setuju untuk mendaftarkan kursus piano."

"Pak, saya gak suka piano. Saya gak bisa belajar piano cuman sebulan aja, bapak kan bisa nunjuk temen lain yang emang ada passion di bidang ini."

Gue keluar dari ruang guru, semua argumen gue ditolak. Suka gak suka, gue udah tanda tangan persetujuan buat ikut lomba ini. Tadi Mami telfon gue dan gue diceramahin abis-abisan, guru-guru disini juga gak jelas–mereka cuman bisa nunjuk gue buat perwakilan lomba ini itu. Padahal masih banyak anak-anak lain yang punya passion di bidang ini, emang kalo gue dari keluarga jenius, gue juga harus bisa segalanya gitu? Mami bilang, sore ini gue udah harus ikut kursus piano.

Lo pada mau tau kehidupan sekolah gue gimana, nggak? Kalo gak mau tau, gue bakal tetep ngasih tau sih. Hehe. Kehidupan sekolah gue itu ngebosenin. Rutenya begini: kelas-kelas-kelas-perpustakaan-pulang.

Kenapa gue jarang ke kantin? Karena Mami selalu nyiapin bekel buat gue, terus gue makannya di kelas. Gue rasanya pengen cepet-cepet jadi dewasa biar gue bisa bebas tanpa diatur-atur lagi.

"PS yok, abis pulang sekolah!" ajak Bayu. Bukan ke gue, tapi ke Raka. Mereka berdua tau gue gak bakal bisa ikut, karena Mami gue pasti nyariin.

"Gue ikut." Bayu dan Raka melongo ke arah gue.

"Lo yakin, Dhaf?" Gue mengangguk yakin, "gue gak mau tanggung jawab ya kalo Mami lo marah-marah lagi." Bayu sama Raka udah pernah ngerasain keberingasan Mami gue, waktu itu kita nekat pergi futsal padahal gue ada les matematika.

"Tenang, gue yang ngatur."

Setelah bel, kita bertiga langsung berangkat ke rumah Bayu yang gak jauh dari sekolah. Gue udah izin ke pihak kursus buat absen hari ini, soalnya mau kerja kelompok. Iya, kerja kelompok buat main GTA. Hehe. Gue seneng banget bisa ngelepasin penat gue selama ini, gue main PS kayak orang kesetanan–seolah ini hari terakhir gue bisa megang joystick. Gak kerasa, jam udah nunjukkin pukul delapan malem. Setelah pamitan sama Bayu dan Raka, gue pesen ojol dan bergegas pulang ke rumah.

lima hari baik. [DAY6]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang