⛄⛄⛄⛄⛄⛄⛄⛄⛄⛄⛄⛄🍁 Pengertian Tanda Baca🍁
Tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan suara, kata dan frasa pada suatu bahasa. Melainkan berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi pada suatu tulisan dan juga intonasi serta jeda yang dapat diamati sewaktu pembacaan.
🍁 Macam-macam Tanda Baca dan penggunaannya 🍁
📌 Tanda Titik ( *.* )
• Penutup pada akhir kalimat pernyataan.
• Di belakang angka atau huruf dalam suatu bagan, ikhtisar, atau daftar.
• Untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.
• dsb.📌 Tanda Koma ( *,* )
• Dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.
• Dipakai untuk memisahkan anak kalimat yang mendahului induk kalimatnya.
• dsb.📌 Tanda Tanya ( *?* )
• Dipakai pada akhir kalimat tanya.
• Dipakai di dalam tanda kurung untuk menyatakan bagian kalimat yang disangsikan atau yang kurang dapat dibuktikan kebenarannya.📌 Tanda Seru ( *!* )
• Dipakai untuk kalimat perintah.
• Dipakai untuk mengakhiri ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau emosi yang kuat.
• Dipakai untuk penegasan.📌 Tanda Petik ( *"..."* )
• Dipakai untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan, naskah, atau bahan tertulis lain.
• Dipakai untuk mengapit judul sajak, lagu, film, sinetron, artikel, naskah, atau bab buku yang dipakai dalam kalimat.
• dsb.‼️ Perlu diingat, *setelah penulisan tanda baca harus disertakan jeda spasi sebelum penulisan kata pada kalimat berikutnya.*🐱
TANDA ELIPSIS
☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️
Tanda elipsis adalah tanda baca berupa tiga buah tanda titik yang berderet ( *...* ).
Tanda elipsis biasanya menandai suatu kata atau frasa yang sengaja dihilangkan. Tanda ini dapat menunjukan jeda pada pembicaraan, pikiran yang belum selesai atau pada akhir kalimat.
FUNGSI ELIPSIS
☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️
🌻 Dipakai untuk menunjukkan bahwa dalam suatu kalimat atau kutipan ada bagian yang dihilangkan.
📌 Contoh:
"Penyebab kemerosotan ... akan diteliti lebih lanjut."
🌻 Dipakai untuk menulis ujaran yang tidak selesai/menggantung dalam dialog.
📌Contoh:
"Menurut saya ... seperti ... bagaimana, Mbak?"
RUMUS TANDA ELIPSIS
☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️
🌻 Di tengah kalimat:
Kata + spasi + tanda elipsis + spasi kata
🌻 Di akhir kalimat:
Kata + spasi + tanda elipsis + tanda titik
(Sehingga tanda elipsis di akhir kalimat berjumlah 4 buah)
TANDA PISAH
☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️☃️
Tanda pisah memiliki 2 tanda, yaitu:
🌻 *En Dash ( – )*
En dash adalah tanda pisah yang setara dengan 2 hyphen ( -- ).
• Digunakan untuk mewakili rentang atau kisaran angka, tanggal, atau waktu.
• Digunakan untuk menunjukkan jarak.
• Memberi pembatasan bagi kata atau kalimat yang bersifat menerangkan.
• dsb.🌻 Em Dash ( — )
Em dash adalah tanda pisah yang setara dengan 3 hyphen ( --- ).
• Digunakan untuk menunjukkan jeda atau istirahat pada bagian tengah kalimat.
• Digunakan untuk menunjukkan bahwa ada huruf atau kata-kata yang hilang.
• Digunakan pada penulisan dialog yang terpotong.‼️ En dash atau pun em dash ditulis tanpa spasi.
Senin, 30 November 2020