Malam berganti pagi. Suasana sekolah kembali ramai. Gemuruh suara sepatu bak kereta melaju dengan cepat. Berlarian kemasing-masing kelas.
Tapi tidak dengan mereka.
"Ah sial banget dah, pagi-pagi gini di suruh ngepel. Belom juga ngopi". Tukas ryan, kesal.
"Berhenti ngeluh yan. Ini kerjaan kita masih banyak".
"Lagian kemaren lu kenapa sih, pake acara kabur segala?.
"Gua gak kabur, cuma lupa bayar".
"Lah terus kenapa lu lari".
"Lu gak inget kemaren kita kan belom kobokan. Cuci tangan. Terus nodanya nempel dibaju simiki. Gua kagetkan, terus lari dah. Sebelum ada keributan di situ".
"Eh. Iya-ya. Tapi harus nya kan elu doang al. Kenapa gua juga kena sih ?.
"Lu kemaren juga belom bayar oneng. Yang lebih parahnya lu ketauan ngerokok bodoh".
"Masa sih?".
"Lah emang lu gak denger tadi pak kepsek bilang apa? ".
"Kagak. Gua ketiduran".
"Astaga. Bisa-bisanya lu tidur pas di ceramahin panjang lebar gitu".
"Iya emang pak kepsek itu bilang apaan?
"Pertama. Kita udah buat keributan di perpus. Kedua, kita belum bayar dikantin. Ketiga, lu ketauan ngerokok. Sekali lagi lu ketauan. Abis dah lu, di keluarin".
"Seriusan lu".
"Yee. Gak percaya. Makanya jan tidur kalo orang lagi ceramah. Itu topi dilepas ngapa. Topi pramuka, di pake buat hari selasa. gak nyambung banget ama seragam lu. Malu-maluin bet dah".
"Hehe. Terus berapa lama kita dihukum?.
"Seminggu. Bersihin toilet, rapihin buku diperpus, cuci piring dikantin, ngambilin bola di lapangan".
"Astaga. Itu hukuman apa kerja rodi. Banyak banget".
"Itu sebanding bodoh. Minimal buat ngeroko, sama belum bayar. Tapi kalo keributan diperpus, perasaan sepele dah. Apa orang itu ngelaporin ke kepsek ya?".
"Bisa jadi al. Gua juga bingung kenapa pihak sekolah secepat itu ya ngambil keputusan. Apalagi coba kalo bukan ada yang ngelaporin?.
"Yaudahlah. Tar aja kita pikirin. Nih kerjaan kita masih numpuk".
"Eh al. Gua dari kemaren penasaran dah. Mau nanya".
"Apaan".
"Lu kenapa sih bisa di kelas D. Bukannya lu pinter ya ?".
"Kata siapa gua pinter bodoh. Gua biasa aja kayak lu. Tapi pinteran gua sih ketimbang lu".
"Masa sih. Jan becanda deh al. Lu orang dapet ranking tiga terus di smp. Dari kelas atu ampe lulus".
"Lah apa istemawanya ranking tiga anjai".
"Gua penasaran al. Serius bentar ngapa".
"Ini kerjaan masih banyak sueb".
"Gua bukan sueb ya santebaa".
"Gua juga bukan santeba ya suebb".
"Udah sih ahh berisik bet".
Lima menit kemudian.
"Abis ini kita keperpust. Eb".
"Ok santeba".
Suasana kelas lantai kedua berbeda sekali. Lebih hening, kondusif. Papan Di atas pintu memperlihatkn tuliskan huruf A. mereka tengah fokus mencermati mata pelajaran di dalamnya. Sejenak sambil berjalan, mereka melihat kedalam kelas itu hingga tiba matanya sampai pada sosok gadis yang mereka temui di kantin. Dan tak sengaja mata gadis itu juga melihat ke arah mereka. Saling bertemulah ketiga pasang mata mereka. Ryan melambaikan tangan. Gadis itu hanya membetulkan kacamatanya. Al melambaikan tangan. Gadis itu membetulkan rambut yang terjatuh, ke belakang kuping.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Elite School
JugendliteraturKetika dua orang sahabat dari desa memasuki sekolah elite.