p r o l o g

2K 159 55
                                    

Jarum jam bergerak menimbulkan jejak berupa suara, begitu pula dengan ponsel seorang gadis yang sendari tadi berdering berkat adanya pesan masuk.

Pagi, siang, sore, hingga larut malam seperti ini ponselnya masih senantiasa berdering. Notifikasi yang masuk berupa pesan dari nomor asing. Beginilah jika kontak WhatsApp pribadi digunakan sebagai contact person suatu kegiatan.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan Paskar, Paskibra SMA Bhayangkara bukanlah kegiatan main-main. Bisa dibilang LKBBP singkatan dari Lomba Keterampilan Baris-Berbaris Paskar adalah sebuah perlombaan besar paskibra di pulau Jawa. Setiap tahunnya SMA yang berbasis semi militer ini akan mengadakan LKBBP yang dapat diikuti oleh seluruh paskibra Se-Indonesia tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat.

Paskar turut mengadakan LKBBP untuk tingkat SMP/MTS/Sederajat se-Pulau Jawa. Gunanya untuk menumbuhkan serta mencari bibit-bibit unggul anak bangsa. Selain itu pihak penyelenggara juga berharap sebagian anak SMP/MTS/Sederajat yang berlomba tertarik untuk melanjutkan Pendidikan di SMA Bhayangkara lewat demo ekskul yang di lakukan secara tersembunyi, khususnya Paskibra.

Sehingga tak heran bila ponselnya sangat berisik. Waktu tidurpun terganggu berkat dering ponsel. Sebagai orang yang di percayakan oleh anggota Paskar, Sekar Aru Bratajaya harus siap melayani setiap pesan yang masuk dengan sigap. Intinya harus cekatan, fast respon dan tanggap.

0876xxx...

~Selamat malam...
Maaf mengganggu waktunya, saya perwakilan dari SMA Dirgantara, Izin bertanya. Berdasarkan yang telah ditetapkan dalam juknis, lomba LKBBP berdurasi 15 menit. Itu mencakup apa saja?
Terima kasih.~

~Selamat malam, untuk durasi 15 menit start sejak pemimpin barisan laporan kepada juri utama yang berada di tengah. Kemudian, waktu akan berhenti di saat komandan barisan laporan kembali kepada juri saat telah menyelesaikan tugas. Nanti akan ditandai dengan bunyi lonceng tiga kali oleh panitia.~

~Jadi saat kami menuju ke dewan juri tidak dihitung?~

~Siap, tidak kak.~

Sekar harap pesan dari SMA Dirgantara yang diwakili oleh pemilik kontak bernama Cakra Byakta Jagratav adalah yang terakhir. Ia ingin sekali memejamkan mata, mengisi energi untuk hari esok yang akan digunakan untuk bergelut dihadapan komputer untuk menyelesaikan berkas-berkas peserta.

***

Menghitung hari Lomba Keterampilan Baris-Berbaris Paskar, Sekar disusahkan dengan peseta-peserta yang mengganti posisi. Awalnya peserta tersebut menjadi anggota lalu diganti menjadi komandan barisan. Ada juga yang menjadi cadangan, kini menjadi anggota barisan. Jujur, kepala Sekar pusing melihat banyaknya file-file dan foto peserta yang tampak sama di matanya.

0876xxx...

~Selamat siang...
Maaf Kak, untuk peserta dari sekolah kami ada posisi yang ditukar. Untuk komandan barisan atas nama Bagas Hendrawira diganti dengan Cakra Byakta Jagratav. Maaf pihak kami telat memberi informasi.
Terima kasih.~

Andai setelah mereka menginformasikannya, Sekar tinggal menjentikkan jari lalu semua terarah seperti informasi. Tidak tahukah mereka ada banyak yang harus ia kerjakan selaku sekretaris. Ada banyak undangan untuk tamu-tamu yang akan diundang untuk acara pembukaan dan penutupan lomba yang belum di cetak.

"Sekar kenapa?" tanya Inkha ketika melihat temannya mengacak rambut.

"Nih...," Sekar menunjukkan pesan yang ia terima.

"Ada lagi? Bukannya tadi semua udah beres?"

"Barusan ngabarin," keluh Sekar tak semangat.

"Emang bener-bener ya peserta, keenakan banget mereka informasiin pertukaran peserta di waktu mepet gini," murka Inkha.

"Mau gimana lagi. Tahun depan juknisnya di perbarui aja, tambah aturan administrasinya," solusi Sekar.

Inkha mengangguk, "Dari mana tuh?" tanyanya pada pengirim pesan.

"Anak Dirgantara"

"Emang dasar ya Dirgantara, pasti mereka sengaja tuh ngerjaiin kita."

"Eh, gak boleh buruk sangka gitu. Mungkin mereka memang lupa."

Sekar semampunya memberikan hal-hal positif untuk mengalihkan pikiran negatif Inkha terhadap anak paskibra SMA Dirgantara. Rasa tidak suka anak Paskibra Bhayangkara terhadap Paskibra Dirgantara sudah mandarah daging sejak dulu tanpa sebab, sehingga sedikit saja berbuat salah akan dipermasalahkan.

***

22 mei 2021
(9 Januari 2021)

Terima kasih sudah berkenan membaca, vote, dan komen. Kritik dan sarannya sangat saya perlukan untuk bahan evaluasi kedepannya.

***
Gimana?

Siap move on dari Damara?

Prolog yang dipublish tgl 22 mei sedikit berbeda dengan prolog yg pernah dipublish sebelumnya, tgl 9 januari. Nama tokoh juga ada yang di ubah.

ASMARALOKATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang