• • •
Bagian Lima
Halcyon (adj).
—calm, peaceful, happiness, wealthy, and prosperous.• • •
THE HALCYON. Satu nama yang akan selalu disebut ketika membicarakan sekolah elite RIHS. Beranggotakan lebih dari 200 siswa, tiap tahunnya Halcyon dipimpin oleh delapan pasukan inti. Dulu, Halcyon adalah organisasi resmi sekolah yang bergerak bersama OSIS ketika sedang mengadakan acara. Mereka adalah garda terdepan yang akan memastikan seluruh kegiatan sekolah berjalan lancar dan aman. Halcyon juga yang menjadi tangan dan kaki sekolah untuk melaksanakan kegiatan sosial seperti mengadakan belajar rutin bagi anak jalanan dan kunjungan ke panti sosial.
Naas, beberapa angkatan menjadikan citra diri Halcyon menjadi buruk. Tak lagi dikenal sebagai organisasi membanggakan; Halcyon dicap sebagai geng orang-orang yang membawa dampak buruk. Tepat 5 tahun yang lalu, Halcyon ditetapkan menjadi organisasi ilegal oleh pihak sekolah serta dibubarkan paksa. Namun, kata bubar itu tidak pernah ada bagi anggotanya, hanya sebatas formalitas bagi pihak sekolah. Kenyataannya, Halcyon tetap berdiri hingga saat ini, angkatan 17 yang dipimpin oleh seorang kapten. Kalevi Valdemar. Kapten Halcyon sekaligus raja angkatan RIHS 2018.
"Kaple mana, Bang?" tanya salah seorang siswa yang baru saja tiba di markas. Tiap hari sabtu seluruh anggota Halcyon wajib ke markas pukul sepuluh pagi.
"Di dalem sama yang lain," balasnya lalu mengisap rokok.
"Sip, makasih Bang," ucapnya. Ia menepuk bahu kakak kelasnya sekali. "Kurang-kurangin Bang rokoknya, masih pagi."
"Iye!"
Seluruh anggota Halcyon wajib memanggil pemimpin mereka dengan sebutan kapten. Namun, Kalevi menolak panggilan tersebut. Apalagi jika di sekolah, hal tersebut dirasa akan membongkar eksistensi Halcyon. Alhasil, salah satu dari antara inti Halcyon mengusulkan panggilan Kaple yang merupakan singkatan dari Kapten Kalevi. Karena tidak mungkin mereka menghilangkan tradisi memanggil pimpinan mereka dengan sebutan kapten.
Kehidupan Halcyon berubah 180 derajat di bawah kepemimpinan Kalevi. Sudah lebih dari tiga bulan, mereka bisa hidup tenang. Para guru tak lagi mencurigai bahwa Halcyon masih berdiri. Hal itu tak luput dari beberapa tanggung jawab baru yang semakin ditegakkan di angkatan 17; tak ada kekerasan, semena-mena, dan merugikan sekolah. Bahkan, saat nongkrong di luar sekolah, mereka wajib mengganti seragam atau menutupinya dengan jaket. We are Halcyon, no more RIHS.
Seringkali, geng remaja dicap sebagai pergaulan buruk. Menilai tanpa mau mengenal; menghakimi dari sebatas opini. Akan selalu ada orang yang membenci meski kita sudah berbuat sebaik mungkin. Para anggota Halcyon paham akan hal itu. Maka dari itu, mereka berusaha keras agar jangan sampai Halcyon dinilai sebagai geng berandal yang merugikan. Namun sebaliknya, Halcyon harus dilihat sebagai geng yang membawa ketenangan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Sesuai dengan arti namanya sesungguhnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Tentang Kaleysia
Teen FictionSempurna. Satu kata yang terlintas tatkala melihat kehidupan seorang Aleysia Janey Hilary. Berparas cantik, penuh prestasi, hidup berkelimpahan, dan dikelilingi oleh sahabat yang begitu menyayanginya. Hari-harinya terlihat tanpa beban. Tak heran, se...