15. Bisa, Pasti Bisa!

7K 747 34
                                    

Gua jalan lagi nyamperin Bu Fira yg berdiri di depan ruang guru. "A-pa Bu?" Semoga doi gak sadar kalo tadi gua sempet ngeliatin.

"Udah mau masuk ya? Bentar." Bu Fira balik lagi ke dalem kaya ngambil sesuatu. Gua udah degdegan jir, takut ngasih aneh-aneh.

Gua intip dikit Bu Fira lagi ngapain. Dia lagi ngubek-ngubek tas nya. Beberapa detik kemudian, dia balik lagi.

"Ini buat kamu."

Gua melongo natap ini.

"Ini, terima." Dia narik tangan gua dan ngasih itu ke tangan gua langsung, sementara gua masih bingung plus gak ngerti.

"A-apani?"

"Kamu gak tau itu apa? Saya rasa, semua orang tau kalo itu namanya, uang."

"M-maksud saya, kenapa Ibu kasih saya uang? Emangnya Ibu beli sesuatu di saya? Perasaan, saya gak jualan."

Bu Fira malah senyum, "Kiki,,, Kiki,,,, kamu itu selama ini udah bantu saya, dan saya ngerasa gak enak sama kamu. Karena saya gak mungkin bales kebaikan kamu dengan cara naikin nilai kamu tanpa kerja keras kamu sendiri, mangkannya saya cuma bisa kasih itu buat kamu. Gak seberapa, tapi bisa lah buat tabungan sama uang jajan kamu. Jadi kamu gak perlu minta dulu sama orang tua kamu."

Gua makin melongo. Jadi, selama ini, bantuan yg gua kasih ke dia, di kasih harga? Gua bantuin dia, karena gua kasian dan gak tega sama dia. Ya, awalnya emang itu alesan gua. Tapi makin sini, bukan itu lagi. Kalian tau, gua suka sama Bu Fira. Gua gak mungkin, ngebiarin orang yg gua suka menderita sendirian.

Tapi, semua bantuan gua itu, cuma dianggap 'bantuan' sama dia. Seketika, gua ngerasa, kalo cuma gua di sini yg berjuang. Gua gak butuh duit dia, gua cuma butuh dia suka balik sama gua walaupun itu gak mungkin.

"Ekhem, maaf Bu. Saya gak mau terima ini." Gua balikin duit dia.

"Kenapa???" Dia kayaknya heran ada orang yg gak suka duit.

Bukan gak suka, lebih tepatnya gua gak ngerti lagi. Kayaknya kalo gua tebak, tuh duit isinya ada kali 3 juta. Duit sebanyak itu, gak mungkin dikasih nyokap sama bokap gua dalam waktu satu hari kayak gini. Tapi ya gimana? Gua bantuin Bu Fira gak ngerepin balasan kaya gini.

"Saya ikhlas bantu Ibu." Gua berusaha senyum. Gua harap dia ngerti perasaam gua.

"Tapi kan, saya gak enak kalo gak ngasih apa-apa ke kamu."

"Saya liat Ibu bahagia aja, udah seneng. Saya permisi." Gua langsung pergi ke kelas ninggalin Bu Fira yg kebingungan di depan ruang guru itu. Tolong, Ibu harus peka sama perasaan saya!

Di kelas, gua belajar kayak biasa, tapi kadang pikiran gua suka gak fokus. Gua tiba-tiba ngebayangin lagi kejadian tadi pas Bu Fira ngasih duit itu dan ngasih alasan kenapa dia ngasih duit itu ke gua.

"Ekhem. Uhuk. Ekhem." Gak tau udah berapa kali, Lula berdehem sama batuk-batuk kecil. Dan kayaknya, itu buat ngodein gua. Tapi, sekarang gua lagi gak peduli sama dia. Sekalipun dia sekarang udah benci sama gua.

*

Udah waktunya pulang. Gak kayak biasanya, gua pasti semangat pas jam pulang kayak gini. Tapi rasanya, gua masih aja kepikiran banyak hal. Gua masih mikirin Bu Fira. Kenapa dia harus ngasih gua duit buat bales bantuan gua? Gua bener-bener gak berharap dibales pake materi kaya gitu. Huftt... Emang ini jalan gua. Gua udah suka sama orang yg salah, suka sama cewek, sama orang yg lebih tua dari gua, sama orang yg baru gua kenal, sama orang yg bahkan gak akan mungkin suka sama gua juga. Gua emang harus terima ini.

Gua langsung jalan ke parkiran dan gak ngehirauin apapun lagi. Pas gua udah di deket mobil gua, gua langsung mencet tombol yg ada di rentetan gantungan kunci biar mobil gua gak ke kunci. Tapi, pandangan gua masih ke bawah. Gua jalan menuju mobil dan langsung buka pintu, trus masuk ke dalemnya.

Nothing's Impossible HoneyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang