KARMA
____________________________Insecurities
Sebelumnya apa itu insecure?
Insecure adalah sebuah perasaan yang membuat cemas, takut, tidak aman, dan tak percaya diri akan sebuah sesuatu yang sudah atau akan terjadi pada diri kita.
Tidak ada penyebab pasti dari perasaan insecure ini. Sebab-sebabnya dapat beragam antara individu satu dengan individu lainnya.
Orang yang insecure mungkin juga punya rasa kepercayaan diri yang rendah, bisa juga punya masalah terhadap tubuhnya (merasa tubuhnya kurang dapat diterima), hidup yang tidak terarah, atau merasa diabaikan oleh orang lain.
Beberapa hal yang mengakibatkan rasa insecure:
Sifat perfeksionis seorang individu. Kadang seseorang secara tidak sadar menjadi terlalu perfeksionis pada sesuatu. Oleh karena sifat perfeksionis itu lah yang menyebabkan sedikit saja kekurangan atau kesalahan akan menimbulkan rasa cemas, kurang percaya diri dan sebagainya.
Stereotip masyarakat. Sering kali stereotip masyarakat terhadap sesuatu menjadi sebuah kekhawatiran bagi kita semua. Seperti misal, masyarakat banyak yang lebih memilih memiliki pasangan yang berbadan kurus daripada pasangan berbadan cenderung lebih besar, dan malah banyak masyarakat yang merundung orang-orang berbadan tambun. Oleh karena stereotip inilah yang akhirnya membuat orang-orang yang berbobot lebih menjadi insecure.
Lingkungan. Lingkungan tempat kita tinggal malah kadang menjadi alasan terbesar rasa insecure muncul dalam diri kita semua. Lingkungan seperti keluarga, komunitas, kelompok bermain, sekolah, atau apapun. Lingkungan tersebut kadang menjadi terlalu kritis, atau kadang terlalu lalai dan bodo amat terhadap sesuatu sehingga secara tidak sadar terciptalah sebuah pandangan atau standar pada sesuatu. Standar masyarakat ini lah yang dapat memicu datangnya rasa insecure.
Cara untuk mengalihkan diri saat mengalami perasaan insecure:
Lakukan 'me time' + tanpa ponsel. Kalian bisa melakukan hobi atau kegiatan yang kalian sukai selama 30-60 menit. Selama me time itu datangkan lah perasaan positif, pada saat itu kalian juga secara tidak langsung melakukan detoks dari segala racun media sosial. Lakukan kegiatan positif lagi menyenangkan yang dapat menimbulkan perasaan bahagia yang akhirnya dapat mengalihkan insecurities itu sendiri.
Cobalah untuk merelaksasi diri. Berbaring di kasur, bermeditasi, atau melakukan yoga dapat menjadi solusi untuk men-distract diri kalian dari rasa insecure.
Berbicara pada diri sendiri. Kalian boleh berbincang pada diri sendiri lho. Yakinkan diri kalian bahwa kalian sudah cukup baik. Bilang pada diri kalian bahwa kamu itu 'good enough' bilang kalau kamu itu sudah 'worth to be here' yakinlah kalau kalian itu sudah cukup dan lebih dari pantas untuk segalanya di dunia ini.
Selain bicara pada diri sendiri/self support, kalian juga bisa berbincang dengan teman atau siapapun yang bisa kalian percaya.
Eitsss, tapi.....
Hanya karena insecure itu adalah perasaan buruk, bukan berarti insecurities itu tidak mempunyai sisi baik lho.
Dengan adanya rasa insecure kita jadi dapat berkaca. Kita bisa mengetahui apa saja kekurangan kita, lalu secara bertahap kita juga bisa memperbaiki diri kita sendiri.
Selain itu, insecurities ini juga dapat membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri. Membuat kita lebih dekat dengan diri sendiri, mengetahui sisi terdalam kita, dan bagaimana cara untuk menjadi lebih baik.
Jadi, daripada menjadikan insecurities sebagai senjata yang melukai diri kita sendiri, lebih baik jadikan lah insecurities ini sebagai batu loncatan untuk membenahi diri, jadikan rasa itu menjadi sebuah jalan untuk menjadi versi terbaik diri kalian.
____________________________KARMA
KAMU SEDANG MEMBACA
KARMA
Sonstiges____________________________ KARMA ____________________________ Hanya sedikit dari isi kepala yang aku curahkan dalam sebuah kata-kata. Hanya tulisan yang berisi pernyataan-pertanyaan dan jawaban seadanya. Hanyalah tulisan berupa pemahaman dan beber...