Setelah beberapa hari Diba gak ada chat ke gue, akhirnya gue rendahin ego sedikit. Gue cuma penasaran dia kemana, dia kenapa? Bukan berarti gue suka sama Diba. Enggak. Karena sekarang gue suka sama Elsa.
Iya, gue udah mantep gue suka sama Elsa.
Makanya pas pagi-pagi gue lewat kelas Diba, gue lirik dari balik jendela. Dia lagi piket rapihin meja guru. Terus jalan keluar buat buangin sampah dari laci meja temen-temennya.
Gue rasa, ini waktu yang tepat buat gue tanya sama dia.
"Rajin amat, Dib." Kata gue basa-basi.
Terus dia kaya kaget gitu, tapi gak lama dia senyum gemes. "Hih, ngagetin."
"Lama ya gak liat lo," kata gue sambil cengengesan.
Dia senyum kecil. "Liat nama gue di notifikasi chat lo maksudnya?"
"Ya itu juga."
"Hp gue mati. Baru dibenerin terus belum jadi."
"Kenapa bisa mati?"
"Nggak tau, tiba-tiba."
Gue ngangguk. "Gue kira lo marah."
"Marah soal apa coba."
"Ya gatau."
"Engga, Fari."
Gue tau kok Dib. Hp lo nggak rusak, kan? Hp lo baik-baik aja. Tapi lo cuma lagi berusaha untuk jaga hati perempuan lain. Iya, gue tau dari Genta. Dia emang cepu tapi infonya selalu berguna. Maafin Fari, Adiba.
🌻🌻🌻
Setelah hp Adiba aktif lagi, gue yang sering chat dia duluan. Kaya, hal yang gak penting aja dibahas. Emang saking randomnya.
Terus nih kalau udah mulai bahas yang serius-serius yang nyangkut perasaan, Diba bakalan langsung bilang. "Sebentar ya, Ri. Ibuk manggil." Atau "udah dulu ya, aku ngantuk."
Pernah waktu itu gue nyinggung dikit soal pertemanan gue sama dia. Gue inget banget dulu gue bilang. "Iya lah kita kan temen."
Terus dia jawab. "Hahaha iya temen aku."
Anjir, nyesel gue bilang gitu. Diba pasti sakit hati. Tapi jujur, gue cuma mau menegaskan secara gak langsung aja kalau gue emang nggak bisa suka dia lebih dari sahabat. Udah itu aja. Tapi gue nggak tau cara ngomongnya. Gue takut buat dia menjauh, gue takut buat hati dia sakit. Gue terlalu takut.
Bahkan tanpa sadar ketakutan gue yang ngebuat Diba malah sakit hati. Yang ngebuat pertemanan kita jadi dingin kaya sekarang.
Gue masih inget banget bulan Maret akhir pas event sepak bola gue berakhir. Diba Dateng pas ujan gede. Cuma mau nepatin janji dia soal foto lagi kalau berhasil masuk final.
Waktu itu kelar acara sekitar abis magrib. Ya, setelah terima piala dan lain sebagainya. Terus gue lihat dia di pinggir lapangan sama beberapa temen sekelasnya. Bener-bener di pinggir lapangan, bukan di bangku penonton atau di bawah tangga.
Saat yang lain udah foto-foto sama pacarnya, dikasih bunga sama pacarnya. Bahkan saat temen sekelasnya ngerubungin Genta, Diba cuma berdiri sendirian.
Dia senyum ke arah gue yang waktu itu pengen nyamperin dia tapi gue malah malu. Gue nggak mau temen sekelas gue ngatain cie-cie. Dan parahnya, gue sempet ninggalin Diba dengan ketawa-ketawa sama temen yang lain.
Tapi gue nggak bisa biarin dia gitu aja. Dia udah rela jauh-jauh datang kesini. Akhirnya setelah lama gue mikir, gue samperin dia.
Dan saat itu dia bilang. "Selamat ya, Fari." Sambil ngulurin tangannya buat salaman.
"Iya, makasih ya udah datang padahal tadi ujan deres."
Dia ngangguk sambil senyum. "Janji adalah hutang."
Terus waktu itu tiba-tiba suasana jadi canggung. Gak tau kenapa.
"Foto yuk," kata dia ceria. Seolah nggak ada masalah sama sekali padahal tadi gue sempet ninggalin dia sendirian.
"Ayok."
Ya udah foto berdua di fotoin Lilis—temen sekelasnya. Gue inget banget waktu itu seragam gue biru tua, terus dia juga pakai atasan warna biru muda. Emang seserasi itu, bajunya.
Fotonya cuma 2 dan itu pun gelap karena di lapangan nggak ada lampu terang selain buat nerangin yang terima hadiah.
Biarpun Diba itu kadang malu-malu tapi dia juga udah los aja kalau ngomong sama gue. Kaya waktu itu dia langsung bilang, "sumpah seneng banget aku Ri punya temen hebat kaya kamu."
Waktu itu gue ketawa, gue gemes aja sama Diba. Tapi sekarang waktu gue nulis ini, gatau kenapa gue malah sedih. Kaya langsung kepikiran, ternyata gue sedeket itu ya, dulu.
Iya dulu, karena sekarang kita udah bener-bener jauh.
"Foto yang waktu itu masih, Dib?" Tanya gue penasaran pas dia masih aja senyum-senyum lihatin hasil foto tadi. Padahal udah gue bilang tadi, fotonya gelap, mukanya aja sampe nggak kelihatan.
"Masih, ada di laptop. Takut ke hapus jadi aku pindahin ke flashdisk juga."
Seniat itu emang.
"Kamu mau foto yang ini?" Tanya dia tiba-tiba.
"Boleh, langsung dikirim aja."
Setelah ngirim foto, gue ngajak Diba ngobrol-ngobrol sebentar. Selama gue kenal Diba, gue lebih sering ngobrol lewat chat atau telepon. Jarang banget duduk berdua kaya gini. Canggung kalau di sekolah.
Karena Diba juga belum ngomong, gue akhirnya buka suara. Basa-basi doang. "Berani pulang nanti?"
"Berani, emang takut apa?"
"Hantu kali." Jawab gue.
"Diba mana takut sama hantu." Iya bener sih, Diba mana takut sama Hantu. Orang dia temenan sama hantu juga.
"Lebih takut kehilangan temen kaya kamu, Ri." Kata dia lagi tapi kali ini wajahnya kelihatan serius.
Sumpah, waktu itu gue cuma mikir biasa aja. Nggak kepikiran kalau kata-kata Diba itu ada maksudnya. Makanya gue cuma jawab, "nggak akan."
Tapi, ternyata sekarang gue nggak bisa buktiin itu.
"Ri," panggil dia lembut. Sampai-sampai gue aja heran dia panggil gue kaya gitu. Biasanya mah bar-bar.
"Iya?"
"Nggak jadi. Hehe." Jawab Diba terus nyengir. Mana gue jadi penasaran sampai sekarang dia mau ngomong apa.
"Yaelah markonah." Kata gue.
Fyi, sebelum kalian bertanya-tanya Elsa kemana. Dia lagi ada acara keluarga jadi nggak bisa nonton. Makanya dia nggak tau kalau gue foto sama Diba juga. Gue bukan mau menyembunyikan hal ini dari Elsa, tapi karena gue mikirnya nggak ada hubungan serius antara gue sama Diba. Ya jadinya nggak perlu diomongin juga.
Akhirnya kita ngobrol-ngobrol ringan, ya cuma bahas Bu Tuti guru bahasa Inggris yang killer nya nggak ada obat. Ngomongin besok kalau UAS gimana. Terus juga ngomongin kebonnya Smada yang berhektar-hektar.
Intinya, stadion sepak bola pernah jadi saksi bisu perasaan Diba yang terpendam buat gue.
Tbc.
KAMU SEDANG MEMBACA
MOVE ON
Teen Fiction"Sejujurnya gue udah move on. Tapi karena gue gabut, yaudah gue cerita aja dikit."-Fari, 2021. ** Sebenernya malu buat cerita gak jelas kaya gini. Tapi aku gabut (〒﹏〒)