Tujuh amalan yang bisa menambah pahala ketika di bulan Ramadhan :
1) Sholat malam (tahajjud)
Sholat malam merupakan ibadah yang memiliki banyak pahala di bulan biasa. Apalagi kalau dikerjakan saat bulan Ramadan.
2) Berbagi makanan
Rasulullah ﷺ bersabda, "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."
(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).
3) Tadarus Al Quran
Nabi Muhammad ﷺ bersabda dalam haditsnya, yang berbunyi, "Nabi Muhammad ﷺ: puasa dan Alquran keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat," (HR. Ahmad dan Al-Hakim).
4) Bersedekah
Imam Izzudin al-Sulami mengatakan orang yang berpuasa ketika dia merasakan lapar, dia mengingat rasa lapar itu. Hal itulah yang memberikan dorongan kepadanya untuk memberi makan pada orang yang lapar. (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqâshid al-Shaum, hlm 16).
5) Berdzikir
Allah pernah berfirman di QS.Al-Dzaariyat ayat 18, yang artinya: "Beristighfar di waktu sahur, seperti yang Allah firmankan, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).”
6) Menyambung silaturahim:
Nabi Muhammad ﷺ pernah bersabda: "barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahim." [Muttafaqun ‘alaihi].
7) Sholat tarawih
Sholat tarawih berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad ﷺ Dari Abu Hurairah RA, berkata: Rasulullah ﷺ menganjurkan (sholat) qiyami Ramadhan kepada mereka (para shahabat), tanpa perintah wajib.
-nasehat islamic
KAMU SEDANG MEMBACA
RAMADHAN 2021 - SELESAI
Spiritualbukan cerita, hanya ilmu tentang ramadhan. semoga bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman sesama muslim!