Masa Depan

23 3 0
                                    

Masa depan! kenapa gua bahas ini di bab kedua karena, menurut pendapat gua masa depan adalah hal yang paling menentukan kita mau jadi apa kedepannya. Maybe, semua orang sudah memikirkan masa depannya begitu pun gua. Gua udah memikirkan masa depan gua mau seperti apa udah sejak SMP supaya kita gak akan ribet lagi untuk memikirkannya nanti. Jadi, berbahagialah kalian yang belum masuk dunia perkuliahan. Gua baru juga menginjak kelas 12 so, gua punya waktu yang dibilang cukuplah untuk berangan-angan tentang masa depan.

Semua orang pasti punya cita-cita atau impian yang tinggi tinggal bagaimana cara mereka menjalankannya dan dengan cara apa mereka gapai cita-cita tersebut. Kita harus tau apa yang akan terjadi nantinya, semuanya itu tergantung kita yang ngejalanin. Ibarat kata kita itu pengemudi yang harus tau jalan mana yang harus di tuju. Paling utama, harus didasari dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup. kalau semisal pengemudinya gak tau arah bisa kesasar kita wkwkwkw.

TENTANG DESAKU

Nah, kali ini gua akan menceritakan tentang keluh kesah didesa gua yang penuh dengan berbagai macam pro dan kontranya

Gua gadis desa, dan gua berkeinginan untuk mengubah pola pikir orang-orang didesa gua. KARENA APA? semua orang disana mempunyai pola pikir yang masih dibilang jadul dalam artian masih melekat dengan adat istiadat dan kebiasaan orang zaman dulu. Kalau dibilangan ketinggalan zaman atau kudet sih gak, cuman mereka masih memakai kebiasaan orang dulu-dulu. Seperti contoh, selalu jodoh-jodohin anaknya, nikah muda, dan semacamnya. Semua itu yang selalu menghantui remaja-remaja seperti gua. 

Untungnya gua lahir dikeluarga yang pola pikirnya alhamdulillah modern dan kalau nenek gua bilang "  Semua anak-anak dan cucu-cucunya harus jadi orang sukses semua". i love u all......        Bayangin deh didesa gua itu yang lulusan sarjana bisa keitung pakek jari paling cuma 1, 2, dan 3 oranganlah, dan parahnya lagi ada yang cuma lulusan sd. Gua juga bingung kenapa bisa seperti itu, padahal kalau ditelusuri lebih lanjut orang-orang didesa gua punya potensi yang bagus cuman, balik lagi nih pola pikir mereka yang salah dan ditambah ilmu pengetahuan yang masih terbilang seedikit.

Gua inget banget satu perkataan guru yang  bikin gua terngiang-ngiang sampe sekarang. Ceritanya gua pas mau ikutan lomba dan posisinya gua lagi latihan disana terdapat dua temen gua yang juga ikutan lomba. Lah pas ditengah-tengah latihan guru gua masuk dan beliau berkata seperti ini " Di China orang moyoritas warganya memiliki otak cerdas why?? Karena mereka gemar makan ikan dan disana masih terbilang minim orang nelayannya. Tapi kenapa anak-anak sini yang tiap hari makan ikan tapi masih kalah sama orang China".  langsung jlebbb.....iya ya sebagai anaknya orang pedagang ikan yang setiap hari dominan makan ikan merasa tersindir banget dari situlah keinganan gua mau mengubah pola pikir orang-orang didesa gua. Karena, gua kasihan liat sepantaran gua udah gendong anak, kerja sana sini, dari sini gua udah bersyukur banget sama Allah swt sudah dikasih kenikmatan sekolah dan mondok di pesantren dan meninggalkan berbagai problem disana.

Itu gambaran tentang lingkungan desa gua. Kenapa gua ngebet banget bahas masa depan, Karena itu tadi jadi mulailah dari sekarang untuk memikirkan masa depan. Untuk kakak-kakak, adik-adik dan temen-temen seperjuangan sekalian, Ayo mulai dari sekarang kita ngeplanning apa yang kita impikan dan yang kita inginkan supaya masa depan kita tertata dengan rapi.

NGEPLANNING..........!

Gua saranin apa yang elu impikan elu catet sebanyak-banyaknya dan elu bisa tulis keinginan dan impian elu dicatatan tersebut dan barulah elu memulai bagaimana caranya agar elu bisa menggapai semua yang elu tulis tadi. 

Gua sendiri mempunyai impian yaitu bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Ada satu pesannya Kiai gua yang gua denger pas ngaji sentra dipondok.

              " KALIAN GENERASI MUDA YANG HARUS JADI PELITA BAGI ORANG BANYAK"

Seenggaknya kita bisa menjadi contoh orang-orang disekitar kita walaupun itu hanya mengajarkan sedikit tentang kehidupan. Setiap orang pasti butuh pandangan hidup untuk melihat bagaimana mereka akan mengarah kedepannya. So, mereka membutuhkan sosok yang berpengaruh atau seorang motivator yang bisa membangkitkan semangat untuk menjalani hidup. Gua sendiri masih haus akan ilmu pengetahuan dan wawasan banyak. Dan pertanyaannya adalah kalau bukan kita generasi muda siapa lagi yang akan menjalankannya??

"KALAU KAMU DIBUANG KE DARAT MAKA JADILAH KAMU GUNUNG, DAN KALAU KAMU DIBUANG KELAUT MAKA JADILAH KAMU PULAU"

-KH. MA'RUF AMIN-

Satu kalimat yang gua inget pas pertemuan bersama putri KH. MA'RUF AMIN. Beliau melontarkan kalimat tersebut dan menjelaskan apa arti dari kalimat itu. Jadi gini, kalau kita suatu saat sudah berbaur dengan masyarakat kita harus jadi orang yang bermanfaat. Orang yang selalu membantu dan selalu menjadi penegak dalam suatu kelompok. Inget! apapun yang kita lakukan nanti pasti akan tercapai dengan cara apa? dekatkan diri kepadah Allah swt rayu dan mintalah apa yang kalian inginkan pasti, pasti, dan pasti akan terkabulkan dan jangan lupa juga ibadahnya harus dimantepin juga!

Kalau kita bahas masa depan memang gak akan ada habisnya. Kita harus tau planning-planning kedepannya. Saran gua kalau mau ngeplanning jangan setengah-setengah planning aja yang tinggi sekalian.

Kak kan biasanya ada tuh yang bilang kayak alah jangan mimpi terlalu tinggi deh ntar jatuh sakit loh !! heh...heh siapa bilang kalau mimpi tinggi-tinggi bakalan jatuh terus sakit, gak bakalan kok asalkan caranya bener dan inget kata-kata ini:

DUIT: DOA, USAHA, IKHTIAR, TAWAKAL

Semua itu harus seimbang! Insyaallah, kalau kalian istiqomah padda 4 tips tersebut kalian bakalan sukses dan kalian gak bakalan jatuh and keep calm kalau misalnya kalian kesulitan inget kata-kata ini 

" ALLAH GAK BAKAL SEMATKAN KESULITAN TANPA KEBAHAGIAAN SETELAHNYA"

Jadi, berakit-rakit kehulu berenang ketepian, sakit-sakit dahulu susah-susah dahulu baru kemudian berbahgia....... kata bang haji. Semua itu butuh proses wajar kalau misalnya kita bakal jatuh itu cara Allah menguji kemampuan hambanya, dan Allah gak bakalan ngasih cobaan diluar kemampuan hambanya. Jangan minta yang instan mulu wkwkkwkwkwk

KEEP HAMASAH AND ALWAYS BE STRONG U GO, GUYS!!!


Be sure, You can do it!!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang