7. Sisi Lain

9 1 0
                                    

Di ujung ruangan itu seseorang terdiam memutar angan yang tiada hentinya kembali pada pikiran "kenapa?". Dari semua yang dirasa, pertanyaan itu paling sering tertuai seperti "Kenapa aku bisa bertahan selama ini?", "Kenapa aku merasa terus bersedih?", "Kenapa dia begitu?", "Kenapa hal ini harus terjadi?", "Kenapa sulit menghadapi berubahnya seseorang?", "Kenapa bahagiaku hanya sedikit sekali yang terasa?" dan sebagainya.

Tanya yang kian tidak bisa dijawab oleh kata dan hanya waktu bersama dengan prosesnya yang kelak bisa menjawabnya, kamu harus cukup sabar.

Berbicara tentang sabar, ternyata ia seluas itu.
Katanya sabar ibaratkan samudra, dan jika iya maka aku pernah berada dipinggir pantai melihat ke ujung laut yang dimana jika semakin jauh maka akan semakin dalam dan tidak pernah diketahui ada apa saja didalam sana, kemudian ku coba berenang namun tenggelam lalu ku coba lagi dan masih saja tenggelam seperti tiada habis nyawa sampai setelah beberapa kali tenggelam akhirnya aku berada ditengah laut dengan mengambang, aku merasa mampu melewatinya namun di saat itu rasanya tidak bisa pergi kemanapun hanya bisa bertahan sampai lengah mengharap tidak tenggelam dan lanjut berenang atau paling mustahilnya adalah mengharap seseorang datang menawarkan perahu.

Cara bertahan adalah dengan melewati semuanya, sesakit apapun yang dirasa jika semua itu usai maka kamu berhasil bertahan. Aku tidak bilang rasa sakit akan hilang selamanya, ia akan kembali datang dengan corak yang berbeda, jadi sabar lah karena apalagi yang bisa dilakukan dalam bertahan selain sabar? tidak ada.
Kalau kamu ucap harus banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada-Nya maka aku akan ucap itu adalah kewajibanmu dalam memeluk agama dan kepercayaanmu, jika tidak diiringi sabar kemungkinan kecil kamu bisa bertahan.
Anggapan tentang sabar memang sering keliru, kadang terasa sangat mudah namun kadang sangat sangat susah, rasanya berat dan tidak sanggup.

Dibalik itu mari aku beri dorongan untuk kamu berada di level kesabaran yang lebih tinggi dari saat ini, sesabar apapun kamu dalam melawan semua yang tidak kamu suka ia akan tetap membuahkan sesuatu yang baik untukmu, semakin kamu sabar aku percaya kamu akan semakin kuat, biasakanlah sabar maka kamu akan terbiasa melewati semua hal yang mengagetkanmu.
Karena dunia ini penuh kejutan dan siapa menurutmu yang paling mengejutkan?
Banyak - banyak lah sabar, sekali kamu sabar menghadapi problema kehidupan, saat itu lah level kesabaranmu akan lebih tinggi, jangan pernah merasa rugi berusaha keras menjadi sabar, sedikit berbagi karena sabar aku terbiasa mengalami rasa sakit, untukmu yang sering merasa sakit maka sabar worth it sekali untuk dilakukan.

Pasti tidak hanya satu orang yang banyak bercanda namun sebenarnya jika sendirian dirumah ia melepas topengnya, merasa hampa dan entah cara apalagi yang harus dilakukan dalam meluapkan sedih, tidak mau banyak bicara pada orang karena takut menjadi beban, tidak mau orang tau karena mereka pun tidak akan percaya atau peduli kesedihan itu, bahkan tangis pun yang paling sederhana rasanya terlalu gengsi padahal itu manusiawi, tangis itu gratis siapapun berhak menangis dan tangis tidak memiliki gender jadi siapapun kamu jika ingin menangis, menangislah sekarang. Aku titip ketenangan jika kamu sudah selesai menangis.

Kita tidak pernah tau kebahagiaan dan kesedihan macam apa yang dirasakan seseorang, kadang kita membandingkan kesedihan kita dengan kebahagiaan orang lain yang sudah jelas itu tidak sepadan, tidak pernah bosan mendengar orang bicara "tangis dan tawa manusia itu sudah diatur dengan porsinya masing - masing" tidak bisa mengelak karena itu benar adanya. Senyuman yang seseorang beri padamu siapa tau didalamnya ada hati yang harus disapa dengan perhatian atau ada hati yang ia susah payah dirakit untuk bertatih.
Dan aku juga tau sebahagia apapun kamu, kamu juga merasa sedih kan? Jika tidak ada alasan boleh jadi sedih itu memang tidak punya alasan, anggap saja itu cara Tuhan supaya kamu tidak lupa rasanya sedih.

Tapi jika kamu melihat seseorang bahagia tolong jangan dibuat sedih ya, apalagi jika saat bersamamu ia semakin bahagia sudah jelas kamu harus saling berbagi kebahagiaan dengannya. Bahagia dan sedih sama jenisnya, sangat sederhana untuk bisa terjadi.

Oh iya, jika banyak tanya yang belum terjawab aku hanya terus mengingatkan untuk kamu selalu sabar.
Dan jika bertahan rasanya sangat susah aku terus mengingatkan untuk kamu selalu kembali sabar, jika rasanya memuakan maka lepaskan.

Jangan pernah menunda tangis dan berbahagialah kamu.

Tutur LogikaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang