5

13 1 0
                                    

Misteri tukang bikin onar.

Kinara benar-benar marah.
Dia jauhin gue dan Ravin.
Dia diamin gue selama pelajaran dan sengaja pulang duluan sama Ghandi di akhir sekolah.


Gue gak bisa berbuat banyak selain nunggu amarah dia reda dulu.


Di kelas udah gak ada siapa-siapa, tapi beberapa tas masih tinggal, kayaknya punya anak-anak cowok yang nunggu ekskul sore.

Gue meriksa chat dari Ravin, dia suruh gue tungguin depan sekolah karena dia masih ada kegiatan OSIS.

Bug. Gue gak sengaja nabrak orang di pintu karena fokus balas chat Ravin.
"Sorry... sorry."

Gue ngangkat alis waktu tahu orang yang gue tabrak ternyata Iris.

"Iris? Sorry, gue gak lihat tadi..."

Iris gak jawab, cuma lanjut jalan sambil nunduk kayak biasa. Pandangan gue ngikutin dia yang lagi menuju ke belakang kelas, berhenti di meja paling sudut dan ngambil tas hitam di sana. Itu tas Jay.

Pasti Jay ngebully dia lagi.

Iris kemudian ngelewatin gue lagi yang masih di pintu. Dia sama sekali gak ngelirik seolah gue cuma patung torso yang dipajang dan cuma jalan sambil nenteng itu tas.

Iris berhenti sebentar, lalu ngerogoh saku samping tas Jay, ngelihatin tangannya beberapa menit– yang gue gak tahu apaan tapi berikutnya dia lanjut jalan dan masih acuhin gue. 

Gue hela napas pelan, merasa maklum dan agak kasihan sama dia.

Yah, di cerita hidup gue yang menyedihkan ini, gue ada sebagai penghubung pemeran utama, setidaknya peran ini lebih baik daripada jadi target bully cowok populer yang tiap hari menderita.

Fyi, Iris itu anak paling pendiem di kelas, dia gak pernah punya teman ngobrol selain Mirna yang gue tahu juga pernah jadi korban bully-nya Jay. Tapi sekarang mereka jarang kelihatan bareng lagi.

Gue gak dekat sama temen-temen sekelas gue kecuali Ravin, Ghandi dan Kinara. Jadi gue juga kurang tahu alasan Jay ngebully dia terus. Yang pasti Ravin, Ghandi ataupun Kinara gak pernah bahas soal Jay. Mereka juga cuma diem dan cuek waktu Jay kumat ngejahilin Iris di kelas.

Padahal tiga orang ini kan lumayan deket sama Jay, gue heran kenapa mereka gak ada satupun yang mau ikut campur atau negur Jay.

Satu-satunya orang yang gue tahu selalu ngelerai Jay kalau bikin onar ya cuma Kei doang.


Jay ngebully-nya sih gak sesadis di sinetron-sinetron atau drama korea yang gue tonton. Dia lebih ke nyudutin Iris dan jadiin Iris pesuruhnya buat ngerjain ini-itu buat dia.


Iris juga gak pernah kelihatan ngelawan, dan inilah yang masih menjadi misteri sampai sekarang.
Gak pernah ada yang bahas soal kenapa Jay milih Iris dan kenapa Iris seolah pasrah diperlakuin begitu.



Baru aja gue mau pergi dari sana, tapi gue gak sengaja ngelihat sesuatu tergeletak di lantai, terus nemu foto yang kelihatan lusuh.


Foto ukuran 3 x 4 itu kayaknya sengaja dipotong, ada wajah cewek yang lagi senyum pakai baju putih.

Mungkin ini punya Iris ya?

Gue mutusin nyusul Iris untuk balikin foto itu.


***



His Point Of ViewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang