Hujan Bulan Juni

34 10 1
                                    

"Sab, lo belum disuruh ambil baju lapangan?"

Sabina menggeleng, "Tau tuh belom jadi kali."

Gue mengangguk lantas melambaikan tangan sembari meninggalkan halaman kosan yang mulai bulan depan bakal gue tinggali bersama dengan Sabina. Gue sama Sabina memang akan merantau dari Bandung, tapi kali ini cuma buat ngurus berkas dan lain hal.

Ini hari pertama gue ketemu sama temen seprodi gue. Karena sebelumnya, ospek dilakuin secara daring via live streaming.

Sebenernya kalo ditanya gue males apa nggak, gue bakal jawab sambil teriak
IYAA GUE MALES BANGET ASTAGFIRULLAH.

gitu. tapi yaudahlah ya.

Sebenernya yang bikin gue males tuh bukan karna mager jalan dari calon kosan gue ke kampus yang emang deket banget.

SATU, gue tuh belum kenal deket sama temen seprodi gue.
DUA, yaa gue emang canggungan banget kalo baru kenal.
TIGA, yaudah dua alasan tadii udah lebih dari cukup buat menggambarkan betapa malesnya gue sebenernya kan?

Bener aja kan, begitu sampe di kampus, udah rame banget. Dan beberapa udah pada ngumpul sama circle mereka masing-masing gitu lah. Terus gimana?

Yaa pake ditanya, gue santai aja kikuk sendiri, canggung sendiri. Sebenernya gue pengen banget  nyamperin salah satu dari per-circle an itu terus nyapa santai sok asik. Tapi.. itu bukan gue banget dan YAA MALU ANJIRUN?

'Halo lagi pada ngapain nih?'

NOPE

NOPE

NOPE

Bayanginnya aja udah merinding apalagi kalo dilakuin beneran?

Seriuss deh! gue bukannya sombong atau gimana karna gamau nyapa duluan. Tapi emang dari orok bentukan gue beginii, dan percaya aja deh sama gue, susah banget banget mau ngerubah itu.

Gue serius bakal bersyukur banget sih kalo ada yang nyapa gue duluan. Soalnya, gue anaknya emang yang ngikut arus pertemanan tapi susah buat memulai? gue juga bingung mau ngejelasin gimana, tapi gue harap lo semua paham.

"Ehem, lo Nadine bukan ya? gue Teresa, lo inget mungkin?"

Bolehkah gue membaca hamdalah sekarang???

ALHAMDULILLAH

Gue langsung senyum lebar banget kayanya, "Iyaa hai gue Nadine, inget kok, yang dari Bandung juga kan?'

Gue bisa liat si Teresa ini menghembuskan nafas lega. Dan karena dia baru datang, jadi gue bisa liat kalo mungkin dia sama seperti gue saat ini, penuh kecanggungan.

"Gue boleh gabung sama lo kan? gue masi belum kenal siapa siapa disini."

"Boleh banget, gue juga belum kok.'

Ini canggung banget, tapi gue udah bisa mencium aroma keblangsakan dari cewe ini. I mean, kayanyaa dia bakalan jadi 'orang gila'?? oke maaf.

Dan benar saja, setelahnya kami justru terlibat percakapan random yang menyenangkan. Bahkan sampai baju lapangan udah ada di dalam tas jinjing yang gue bawa sejak tadi, percakapan kita belum ada tanda-tanda bakal berakhir.

Akhirnya setelah 15 menit sejak hujan mengguyur kota, Tere mengangkat panggilan dari kakaknya untuk segera pulang, karena mobil jemputannya sudah datang. Gue membalas lambaian tangan Tere dengan tersenyum lebar, setelah akhirnya gue sadar kalo gue sama sekali tidak membawa payung ataupun jas hujan yang bisa gue gunakan melawan hujan.

Poor Nadine. Terus ini gimana caranya gue balik ke kosan? sementara ini handphone udah mati kehabisan nyawa. Gamungkin juga gue berharap Sabina ngeh terus nyamperin gue disini bareng bokapnya pake mobil.

Jadilah gue cuma mengulurkan tangan ke depan, mencoba menerka-nerka ini hujan kapan berhentinya. Gue udah hampir nekat lari sampe ke kosan, karena gue sadar ini hujan bakal awet sampe kapan tau. Dan kalo begitu gue bakal makin lama kejebak disini. Lagipula ini lingkungan kampus udah sepi, jadi gue takut.

"Permisi, lo gabawa payung ya?"

Gue hampir mendelik sensitif karena sudah sangat jelas gak ada tanda-tanda payung di sekitar gue saat ini. Tapi kalimat kasar itu langsung tertelan begitu tangan seseorang yang ternyata laki-laki itu menyodorkan sebuah payung berwarna biru tua sambil tersenyum tipis.

Ganteng.

Banget.

"Hah?"

Sedetik setelahnya gue mengutuk diri gue sendiri. Gue takut dia sadar kalo gue sempat—dan masih— mengagumi wajahnya yang gantengnya melebihi batasan seorang manusia.

Dia berdehem, "Pake aja payungnya, gue masih nunggu temen gue kok."

Gue akhirnya mengambil payung itu, "Ini beneran gapapa?"

Dia mengangguk lalu kembali berujar, "Iyaa, gue tinggal kedalem ya."

Kemudian tubuhnya berbalik masuk ke dalam gedung kampus yang sepertinya bakal gue inget terus sepanjang hidup. Setelahnya, gue baru sadar belum mengucapkan terimakasih pada lelaki itu. Lelaki yang berhasil mengguncang sebagian dari kewarasan yang gue miliki saat ini.

Ah. Bahkan gue gak tau namanya siapa. Tapi harusnya dia sejurusan sama gue kan?

Akhirnya perjalanan gue menuju kostan diisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang bahkan gak punya jawaban. Hujan bulan Juni dan lelaki itu.













Meet our favorite boy!

Meet our favorite boy!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Ardanu Mahesa

TemanZoneTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang