12. Untung Apa Buntung?

1.8K 364 80
                                    

Hehe, lama banget ya

-

Kaaf lagi merana di depan rumah, mukanya melas banget kaya anak anjing yang dibuang depan emperan. Duduk gelesoran di teras sambil nyabutin rumput random yang ada di depannya. Yusril yang ngelihatin dari tadi jadi gak tega sendiri, akhirnya disamperin aja.

“Mukamu kenapa sih? Istrimu kenapa lagi?” tanya Yusril, duduk di sebelah Kaaf sambil ngerangkul pundak calon papa muda itu.

Kaaf noleh, masih dengan muka melasnya.

“Dulu waktu Mas Bening Hamil, apa iya aneh-aneh ngidamnya, Pak?” tanya Kaaf.

Yusril ngerutin dahi beberapa detik habis itu ketawa tergelak. Dia jadi nginget belasan tahun lalu waktu si Bening hamil Safir.

Yusril redahin dulu tawanya sebelum jawab pertanyaan dari Kaaf. Sebelumnya dia tepuk dua kali pundak lelaki yang jauh lebih muda dari dia.

“Ya, bener. Dulu waktu Bening hamil si Safir, ngidamnya aneh-aneh, saya sampe capek istighfar dan pengen ngumpet di sumur tiap kali Bening udah manggil. Dulu pernah dia minta dibuatin jus tomat campur melon. Waktu udah dibuatin, dia gak mau minum katanya baunya mirip baigon. Padahal baunya masih sedep, gak ada baigon-baigonnya sama sekali.”

Di sini Kaaf ketawa, ternyata Bening lebih aneh dari Nendra.

“Darimana ceritanya jus tomat melon baunya kaya baigon? Wkwkwk, ada-ada aja dah…”

Yusril nyengir, “Masih ada lagi, Kaaf. Dulu pernah malem-malem dia bangun, tiba-tiba bersih-bersih rumah, nyapu ngepel, nyulak debu. Saya ya gak mau istri saya kenapa-napa jelas saya larang lah. Waktu saya tanya alesannya, katanya rumah banyak tikusnya, ada kecoanya. Padahal perasaan rumah itu sering saya bersihin, saya pastiin gak ada serangga apalagi tikus.” ayah dari satu anak itu geleng kepala, “Gak taunya dia mimpi, di mimpinya itu rumah tiba-tiba dikerubungin kecoa sama tikus.”

Kaaf ikutan geleng kepala. Ternyata bener, kelakuan orang hamil emang serandom itu.

“Memang istrimu kenapa?” Yusril kembali bertanya.

Kaaf garuk kepalanya sebentar sebelum kasih jawaban,

“Saya diusir mulu dari kamar, Pak. Katanya saya bau minyak tanah lah, bau balsem, bau minyak jelantah. Padahal saya habis mandi, pake parfum juga yang biasanya. Saya suruh makan juga gak mau, katanya nasihnya gerak-gerak kaya belatung, dia jijik jadi saya beliin roti.”

“Terus sekarang kenapa?” Yusril motong.

Si calon papa muda itu nunduk, balik mainin rumput yang ujungnya udah gak lancip lagi karna udah dia cabutin sejak tadi.

“Nendra mau tidur ditemenenin sama Safir, Pak.” kata Kaaf pelan. Pelan banget sampe kaya bisikan. Tapi untungnya Yusril masih bisa denger.

Mata si ayah mendelik, suara tawa yang tertahan keluar dikit dengan tidak elitnya habis itu menggelegar.

Bibir Kaaf makin cemberut karena tawa mengejek dari si tetangga.

“Pak Yusril jangan ketawa dong, simpati dikit kek sama saya.” rajuk Kaaf, bibir tebalnya makin dalem aja cemberutnya.

“Kayanya bulan ini itu hokinya anak saya, Kaaf hahahaha.” kata Yusril dan disambung dengan tawanya lagi.

“Pak Yusril tolong bantuin dong, kasih saran kek biar Nendra gak minta itu. Ya masa saya biarin istri saya tidur sama orang lain, biarpun cuma nemenin bobok gak yang anu-anuan.”

Aduh, capek rasanya perut Yusril karna ngetawain nasib si Kaaf. Untung aja dulu Bening hamil kaga ngidam tidur sama tetangga wkwk.

“Ya biarin aja lah, Kaaf, cuma nemenin tidur kan katamu? Lagian Safir juga masih kecil, dia gak tau masalah begituan. Yakin sama saya, paling Nendra cuma mau manjain si Safir aja.”

Tetangga Mas Kaaf [Kaisoo | Chanbaek]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang