Senja bersama Ayah

280 29 2
                                    

" mba lala "

panggil bocah balita itu membuat sang pemilik nama menoleh
menghampiri sang bocah yang tengah menatap diri nya dengan mata bulat indah itu.

" kenapa adek? mau mba bantu? "

kata mba lala, dia melihat adek mencoret coret kertas dipangkuan nya.

'' adek engen ulis "

" adek mau nulis apa emang? biar mba bantuin sini "

dipangku nya bocah balita itu dibangku besi yang didudukin bocah balita tadi.

" nda ucah mba adek mau ulis sendili, api adek ga au ulis nya imana "

celoteh adek sembari menatap mba lala.

" adek mau mba lala ajarin belajar dan menulis? adek kan udah 4 tahun mba ajarin nulis, baca mau ngga? "

tanya mba lala

bocah balita itu mengangguk ribut sebagai persetujuan dia mau.


🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻



    mata binar balita tadi menatap jalanan rumah nya yang begitu ramai orang sedang menikmati hari sore itu bersama dengan keluarga dan kerabat lainnya.

   " adek nunggu ayah? "

tanya mba lala walaupun sebenarnya mba lala udah tau kebiasaan adek, kalo udah jam 4 sore adek stay didepan pintu pagar menunggu kepulangan Ayah adek yang akan pulang.

   " adek sayang banget ngga sama ayah? "

   " adek pengin ngga dipeluk ayah? "

"Atau adek pengin diajak jalan jalan kaya yang adek sering lihat dijalan itu?"

bola mata indah itu menatap mba lala dengan tatapan yang mba lala ga tau arti tatapan nya.

   " au banet mba, api gimana cala nya? "

  " adek jadi penasalan lasa nya dipeluk ayah cama diajak alan ama ayah "

jawab bocah balita tanpa tau arti tatapan mba lala yang natap sendu bocah balita itu yang tengah mengaruk pipi nya yang chubby seperti bakpao.

   " adek harus belajar dulu, belajar nulis sama baca buat surat untuk ayah, tapi adek mau?? "

  " adek au banet mba api adek nda au cala na, ajalin adek ya "

  " iya mba ajarin adek kok, sekarang kita mandi dulu yuk? nanti ayah pulang adek udah ganteng. "

ujar mba lala menggendong Adek masuk kedalam dan memandikan bocah balita tadi.

🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻🌻🐻

     Senja sudah memperlihatkan cahaya nya yang cantik, adek berdiri didepan pagar rumah nya. mata yang selalu memancarkan kegemesan balita itu.

selalu berharap ayah akan pulang sekarang soalnya sudah menunjukkan pukul 5 lewat. Mba lala tadi izin mandi dan adek menunggu Ayah pulang, tapi sampai sekarang ayah tidak menunjukkan kehadirannya. Cahaya senja itu menyoroti adek dengan indah, adek sama sekali ga terganggu sama cahaya nya. adek malah menatap cahaya itu sambil tersenyum penuh arti.

     Tapi beberapa menit kemudian mata adek tertutup hitam, tangan besar itu menutupin mata adek.

   " Jangan dipandangin sinar nya nanti sakit mata. "

Suara berat milik Ayah nya dan benar Johnny menutupin mata adek dengan tangan besar milik Johnny.

  " cahaya nya bagus yah " 

ucap adek, dan ayah hanya memasang wajah tanpa ekspresi.

    Bruk~

Adek memeluk kaki ayah, dipeluk nya dengan erat kaki ayah johnny dengan erat.

   " yah alan alan yu? "

pinta nya kepada Johnny. dan pria itu mengangkat adek dan menggendong bocah balita itu. Adek tersenyum dan memeluk ceruk leher Johnny erat.

   " macih ayah "

suara cadel milik adek memenuhin telinga milik Johnny.

   " eh ka John udah balik? mau kemana ama adek? " tanya lala

ia sudah mandi dan ingin membawa tapi melihat Johnny memeluk Adek mba lala sedikit syok dan kaget. sebab Johnny sudah beberapa tahun ini ga pernah mau meluk adek dengan beribu alasan. sampai Lala ga mau nyodorin adek lagi ke Johnny, dia juga ngerasain sakit hati waktu pertama kali Lala menyuruh Johnny gendong.
 
   " ini gendong bentar adek ka "

ujar Lala menatap Johnny tapi dia diam aja sama sekali ngga bergerak

  " ini anak nya digendong dulu ka, saya mau ke dapur mau ngambilin makan nya. " lagi lagi Johnny hanya diem mematung

   " gendong saja, dia terlalu menyakitiku. "

  "  bagaimana anak bayi bisa menyakiti kakak? "

  " karena dia, aku harus kehilangan dunia dan istriku La, harus nya dia saja yang pergi jangan istriku. "

" Kak!!? kamu tega banget ngomong kaya gitu ke anak sendiri!? "

" Memang begitu fakta nya la! karena dia! aku kehilangan urus saja bayi menyusahkan itu. "

Ujar Johnny tanpa memikirkan hati sang bayi walaupun belum mengerti tapi itu menyakiti Lala yang sudah paham dengan perkataan yang dilontarkan Johnny.
   
    Sejak saat itu puls Mba Lala ga mau dan ga nau menyuruh Johnny menggendong adek dalam hal terdesak sekalipun, mba lala sebisa mungkin untuk tidak menyakiti hati balita yang belum paham kata kata yang menyakiti itu. tapi, kali ini semesta merubah perasaan Johnny. sungguh ia ingin menangis kencang sekarang melihat ini semua.

  " mba lala au itut? "
    tanya adek

mba lala menggeleng dengan cepat, ia ingin sepasang anak dan ayah itu menghabiskan waktu berdua bersama menikmati senja kala itu. sebagai anak dan ayah.

   " ayo yah, kita alan alan kaya olang olang yang sering lewat dicini "

  " Daah mba lala adek alan alan dlu ya "

Kata adek heboh banget, pasalnya ayah mau mengiyakan permintaan pertama nya itu tanpa paksaan sama sekali.

dan lala tersenyum puas melihat adek begitu sangat bergembira sembari memeluk leher ayah nya itu sesekali mencium pipi ayah nya.

" semoga kakak mau membuka hati dan pikiran ya, anak kakak masih butuh kakak, aku harap kebahagiaan kakak sama adek terus berlangsung sampai kapanpun. "

AyahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang