- Frans -
"..plis Frans tolongin gue, kan elo masih ada waktu senggang sebelum ambil alih redaksi. Tolong ya pliiiiissss", duh bikin gerah aja ini orang. Dari dulu kerjaannya minta tolong doang. "Kenapa gue sih? kan banyak jobsite kenapa gak cari aja di situ?" gue bales sambil dorong troli. Baru juga nginjek Tanah Air udah diganggu juga. Ampun deh.
"Gak ada yang gue percaya selain elo Frans. Kalo orang baru harus dilatih lagi, ditambah cuma tiga bulan doang. Mana ada yang mau. Ayo dong Frans, itung-itung pemanasan sebelum mulai masuk kantor pliss..sepupu favorit lo yang minta tolong nih". Gue gak jawab. Ya bukan sepupu favorit juga sih, cuma dia aja ngerasa begitu karena sering banget gangguin gue. Bagi gue ganggu, bagi dia ngobrol. "dibayar berapa emangnya?", tanya gue. Ya, itung-itung nambah uang jajan sama ngisi waktu sebelum kerja di redaksi papa. "Ya gaji guru pada umumnya lah, namanya juga ngisi posisi guru". Yaudahlah, cuma dipake buat ngisi waktu aja. Sekalian biar si bawel ini diem. "Yaudah, gue mau. Tapi gue gak mau dibayar nunggak ya, awas lo", kata gue sambil manggil taksi dan masukkin barang ke bagasi. "Yeyyy thanks Frans, gue jamin lo gak bakal nyesel. Mulai Senin depan yaa, see you!", katanya sebelum sambungan telepon ditutup.
Si bawel tadi itu sepupu gue, namanya Andre. Dia salah satu pengelola sekolah swasta yang cukup terkenal di Jakarta. Dia minta tolong gue untuk gantiin posisi ngajar Bahasa Inggris tingkat SMA buat sementara, karena gurunya ada yang kecelakaan dan gak bisa ngajar selama tiga bulan. Entah kenapa dia minta tolong gue buat gantiin ngajar sementara, padahal ada banyak yang gak sungkan untuk langsung mulai kerja di sekolah prestise macem sekolah dia ini. Yang sekolah di tempat dia kalo gak kaya banget, ya pinter banget. Gak ada di antaranya. Uang bulanannya mungkin hampir setimpal dua bulan gaji masyarakat menengah ke bawah, tapiii fasilitas dan kualitas pendidikannya memang sepadan sih. Bayangin aja, study tour bisa keluar Negeri.
Ya seenggaknya gue dapet gambaran sedikit soal apa aja yang dipelajarin anak-anak di Indonesia soal Bahasa Inggris. Kalo bisa, gue pengen masukin beberapa artikel Bahasa Inggris buat pembaca dan harus tahu sejauh apa pendalaman bahasa Inggris orang rata-rata, karena biasanya bisa diukur mulai dari remaja. Artikelnya bisa jadi cerpen, atau bisa juga wawancara artis dari luar Negeri. Ya, ambisi gue adalah untuk membuat redaksi majalah untuk go international. Mungkin kedengeran ambisius, tapi siapapun boleh punya tujuan untuk jadi lebih baik kan?
"Ma, Frans udah sampe Jakarta. Mungkin sekitar 20 menit lagi sampe rumah. Udah dulu ya, bye ma", gue ngabarin mama. Ya, mama gak bisa jemput karena hari ini supir libur dan papa masih sibuk di redaksi. Namanya juga hari Jumat, mana ada yang libur, walaupun jabatannya pak boss sendiri. Ralat: APALAGI pak boss sendiri. Yah, walaupun gue denger belakangan dari mama kalo papa udah mulai ngurangin kerjaannya sedikit. Mungkin karena dia pikir gue bakal pulang dan ambil alih kerjaan.
Mobil taksi yang gue tumpangin pun melaju mulus ke perumahan di daerah Pondok Indah, lewat jalan tol. 5 tahun diluar sana, gue ngerasa cukup banyak yang berubah. Dari transportasi umum sampe fasilitas publik yang lainnya. Kira-kira, rumah kita ada perubahan apa ya?
Pertanyaan gue pun terjawab pas sampe depan gerbang komplek tempat papa dan mama tinggal. Kata lainnya, rumah gue juga. Gerbangnya udah pake portal dan kartu akses, dan dijaga ketat sama petugas keamanan. Abis jawab kemana, mobil taksi jalan lagi sampe di depan rumah. "Tunggu sebentar ya pak", kata gue ke supir taksi yang gue tumpangin. Dia ngangguk dan gue turun sampe ke pintu depan dan pencet bel. Gak lama kemudian, pintu kebuka. "Eh den Frans udah sampe? Sebentar ya, Mbak panggilin Pak Jarwo buat bawain barang-barang den dari taksi", kata Mbak Rahmi, asisten rumah tangga yang kerja sama kita dari 10 tahun lalu.
"Iya Mbak, terima kasih ya", kata gue sambil jalan balik ke taksi dan bayar supir taksi yang lagi buka bagasinya dan bantuin Pak Jarwo, tukang kebun keluarga, buat keluarin barang-barang dari bagasi. Abis salam sama Pak Jarwo, gue pun masuk rumah dan cari mama. Biasanya jam segini mama ada di perpustakaan rumah. Pelan-pelan gue ketuk dan buka pintunya. Bener aja, mama lagi di depan laptopnya pake kacamata, apapun dia udah gak tau lagi.
KAMU SEDANG MEMBACA
All Over Again
RomanceThea Prayoga, seorang anak perempuan yang berasal dari keluarga yang kaya, dan sangat disayang oleh keluarga dan teman-temannya. Dia adalah seorang remaja yang sangat ceria dan termasuk salah satu sosok yang cukup populer di sekolah. Frans Hantoro...