Cemas

2 0 0
                                    


- Thea - 


'Sayang, nanti pak Imam gak jemput kamu ya, papa perlu minta tolong dia buat jemput klien dari bandara soalnya', begitu bunyi SMS dari papa. Hmm..kalo bukan pak Imam yang jemput, kita pulang sama siapa? Gue nengok ke arah Jessie yang lagi makan dan ngobrol sama Anna. "Eh Jess, entar kita gak pulang sama pak Imam, enaknya gimana ya? Taksi aja?", tanya gue, ngebuyarin obrolan mereka. "Eh gapapa The, lo pulang duluan aja entar gue nyusul..mau pulang dulu ambil baju dari rumah sebelum balik. Gapapa ya? Sori lo jadi pulang sendirian", kata Jessie pake muka melas.

Ya, sejak hari Minggu kemarin, Jessie belum pulang ke rumahnya, walaupun dia ngabarin Mbak yang ada di rumahnya kalo dia gak pulang dulu buat sementara waktu, dan kalo ada yang nyariin bilang aja gak ada orang. Siapa lagi kalo bukan ko Marvin yang dia maksud. Udah lima hari sejak kejadian itu dan gue kadang ngeliat Jessie matiin telpon yang masuk ke hp-nya. "Mau ditemenin gak?", tanya gue diikutin anggukan Anna, tapi Jessie cuma geleng kepala. "Gue harus lakuin ini sendiri", katanya. 

"Oke", bales gue sambil nyuap bakso. Sebagai temen yang baik, gue memang harus temenin Jessie, tapi ada waktunya juga dimana dia harus berdiri sendiri. Di saat kayak gini, yang bisa gue dan Anna lakuin sebagai temen adalah dukung Jessie dari belakang dan ingetin dia kalo dia gak sendiri. 

"Eh iya gengs, dah pada dapet balesan dari Univ yang kalian pilih belom?" tanya Anna. Ya namanya juga senior, tahap berikutnya ya kuliah. Gue sama Jessie ngirim ke beberapa kampus di dalem dan luar Negeri. Ya gue sih berharap dapet kuliah di luar Negeri, biar bisa belajar mandiri juga. Mama juga ngomong begitu, biarpun papa agak keberatan. Kayaknya papa masih belum nerima anak perempuan semata wayangnya ini udah gede dan harus belajar untuk hidup mandiri.

"Belum sih, katanya paling telat minggu depan", sahut Jessie sambil ngeliat ke arah tukang makanan ringan. Anna sendiri udah diterima di beberapa fakultas Hukum di Universitas Negeri yang terkenal bagus. Gue milih jurusan Jurnalistik, sementara Jessie milih jurusan Fashion Business. Beda sama gue dan Jessie yang berharap diterima di luar Negeri, Anna lebih milih untuk kuliah di dalam Negeri. Biar sistem hukumnya sama dan gak usah belajar dua kali, katanya. 

Mata gue ngeliat ke sekeliling kantin sambil dengerin Jessie sama Anna ngobrol, terus gue ngeliat Frans nutup kotak bekal yang dikasih sama ibu kantin. Mata kita ketemu dan dia ngangguk samar. Gue bales ngangguk juga dan dia jalan balik ke ruangan pak Andersen. Beberapa kali ini sejak minggu lalu, kita selalu saling sapa dengan cara kayak gitu. Saling ngangguk. Kadang ada meme film Mar-el yang ada di sosmed dan gue jadi inget sama waktu kita nonton di bioskop waktu itu. Atau ada anjing yang lewat dan gue inget Frans cerita soal anjingnya. Entahlah, kayaknya jadi ngerasa dia ada dimana-mana.

 "Gue seneng banget deh, minggu depan pak Andersen balik ngajar lagi. Sir Frans sih oke ngajarnya, tapi karena anak-anak kelas gue pada ngeyel dia jadi rada dingin dan gak nyaman", kata Anna, sambil nutup termos kopinya. Ya terang aja dia gak nyaman, anak-anak di kelas Anna memang pinter semua, tapi kadang saking pinternya jadi suka sok tau ngelebihin guru dan jadi bikin siapapun gak nyaman.

"Hmm..gue sih biasa aja ya, orangnya lumayan oke kok, kadang malah ngasih tips kalo mau kuliah di luar Negeri", bales Jessie. Ya emang bener kata Jessie, pas denger ada beberapa dari kita yang mau kuliah di luar Negeri, Frans langsung kasih beberapa tips untuk masukkin aplikasi di beberapa kampus yang menurut dia bagus dan terkenal sama program yang spesifik. "Enak banget kelas lo dimanja..kalo di kelas gue kayaknya dia cuma ngomong seperlunya", kata Anna sambil nopang dagunya di tangan. Gak lama, tangannya ditepis sama Jessie. "Gak elegan lo", kata Jessie. "Siapa juga yang mau elegan", celetuk Anna sambil julurin lidah tanda ngeledek. 

All Over AgainTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang