- Frans' POV -
"...sampe ketemu besok", kata gue. Untuk ukuran hari pertama ngajar itungannya gak buruk lah. Sebenernya anak-anak di kelas 12 udah lumayan oke, kecuali satu kelas sebelum istirahat pagi. Kerjanya bercanda melulu gak ada seriusnya. Mereka gak sadar kali ya mereka udah kelas 12, udah mau ujian akhir kelulusan. Beberapa anak butuh asahan ekstra, kalo di kelas ini ada Denis. Tapi anak-anak seperti Thea sama Raka cukup bisa bantu untuk naikkin rata-rata kelas, seenggaknya.
Gue pun jalan balik ke arah ruangan pak Andersen. Ya, setiap guru disini sebenernya punya ruangan masing-masing, tapi kalo pagi semuanya bakal kumpul di ruang rapat untuk briefing pagi. Gue taro IPad dan botol minum gue di atas meja dan baru mau duduk buat bikin laporan observasi buat tiap kelas waktu pintu ruangan pak Andersen kebuka. Ya siapa lagi kalo bukan yang punya sekolah, si Andre.
"Halo pak guru, gimana hari pertama sekolah?" katanya sambil ngebalikkin kursi di depan gue dan duduk diatasnya. "Oke. Gak buruk tapi ya gak wow banget lah", kata gue sambil nyalain komputer buat nulis laporannya. Gak tau kenapa mereka gak pake sistem cloud aja, pasti gak usah ribet-ribet terpaku sama satu alat doang dan gue bisa bikin laporannya di IPad. "Eh Dre, kenapa lo gak pake sistem cloud aja deh, lebih gampang kan?", kata gue. "Iya, gue lagi proses dealing buat bikin domain, kemungkinan bulan depan udah bisa diterapin", kata Andre.
"Makan siang yuk, laper nih", celetuk Andre sambil ngeliat jam tangannya. Nih orang ya, bener-bener. Dia gak liat apa gue baru nyalain komputer buat bikin laporan observasi? "Abis ini deh, gue mau bikin laporan dulu. Lo makan duluan aja ato tunggu bentar", kata gue sambil buka E-Mail dan masukin laporan observasi yang sebenernya udah gue ketik di IPad tadi, tapi masih mau gue benerin supaya bahasanya formal dan gak kaget kalo diliat sama staff akreditasi sekolah. "Nanti aja lah Frans, guru-guru lain juga biasanya baru pada bikin hari Jumat biar dirangkap", kata Andre.
"Ya guru-guru lain kan emang udah biasa, sebentar juga jadi. Gue kan belom, jadi harus belajar lagi lah", bales gue sambil benerin kata-kata yang udah gue tulis. "Susah emang punya staff perfeksionis macem elo gini. Ayolah, lima menit terus kita makan siang", kata Andre. Gue cuma mendelik ke arah dia, tangan gue gak berenti benerin laporan yang udah gue bikin. Tapi nyatanya memang gak ada lima menit, laporan gue udah selesai dan gue bisa bikin rencana ngajar buat minggu depan. Pak Andersen udah bikin topik ngajar buat beberapa bulan ke depan, yang perlu gue lakuin cuma ngembangin aja, persis seperti waktu gue jadi relawan ngajar anak-anak dari keluarga gak mampu diluar Negeri sana.
"Tuh kan, udah kelar. Yok makan dulu makan gue laper", kata Andre, sambil nyeret gue ke tempat parkir. Gak tau dia mau ngajak makan dimana. "Mau makan apa?" tanya Andre sambil nyalain mobilnya. "Makanan Indo, gue bosen makanan Barat", jawab gue secepetnya. "Ya udah..nasi Padang ya, ada resto nasi Padang di deket sini yang rendang ayamnya enak banget", celetuk Andre sambil keluar dari parkiran.
***
Restoran yang Andre bilang sebenernya gak jauh, mungkin sekitar 10 menit jalan kaki udah sampe. Gak tau kenapa dia pake bawa mobil segala. "Jalan kaki kan bisa Dre, deket begini", kata gue. "Panas tau cuacanya, ogah deh jalan kaki panas begini". Andre, biasa aja celotehnya. Kita turun dari mobil terus masuk ke restoran. Untungnya restoran ini pake AC di dalem. Mungkin ini juga salah satu alesan kenapa Andre milih buat makan disini, selain permintaan gue.
Kita pesen makanan terus duduk di meja kosong, terus ngobrol. "Eh Dre, anak-anak kelas 12 kan sebentar lagi mau ujian kelulusan. Gue bakal gantiin pak Andersen buat bikin soal ujian apa gimana nih? Jujur kalo buat bikin soal ujian, gue gak bisa", celetuk gue. Ya iyalah, yang bikin soal ujian akhir kan gak boleh sembarangan. "Ya enggak lah, ada komitenya juga. Nanti guru SMP bakal bantuin pak Andersen dari rumah sakit buat bikin soalnya, elo paling jadi pengawas aja" kata Andre, barengan sama makanan kita dateng.
KAMU SEDANG MEMBACA
All Over Again
RomanceThea Prayoga, seorang anak perempuan yang berasal dari keluarga yang kaya, dan sangat disayang oleh keluarga dan teman-temannya. Dia adalah seorang remaja yang sangat ceria dan termasuk salah satu sosok yang cukup populer di sekolah. Frans Hantoro...