Note; guys, di part ini misalkan aku ada kesalahan, tegur aja ya. penjelasan itu semuanya bersumber dari: nationalgeographic.grid.id
Author POV
Seorang dokter perempuan dengan perawakan yang cantik juga anggun baru saja keluar dari ruangan khusus tempat ia biasa memeriksa kandungan para pasiennya. Diiringi dengan derap langkah kaki Jennie, gadis itu baru saja selesai check-up mengenai bagaimana kejelasan tentang kesehatan dirinya, juga bayinya.
Ketika Jennie melihat kekasihnya yang sedang menatapnya, Jennie lantas melemparkan senyuman ke arah Lisa. Tanpa bertanya, Lisa sudah dapat menyimpulkan bahwa kabar baik pasti akan ia terima.
Lisa langsung menghampiri Jennie. Mengikuti instruksi dari sang dokter ketika dokter perempuan itu mempersilahkan mereka untuk duduk-duduk sebentar.
"Baik, saya sudah mendengar cerita dari ibu Jennie. Mengenai hal yang mungkin memang terdengar tidak masuk akal, tetapi itu benar adanya. Jadi Ibu Lisa tidak perlu bingung, sebab disini saya akan menjelaskan mengapa ibu Jennie bisa tiba-tiba memilliki janin di dalam rahimnya."
Dokter itu lalu menyodorkan beberapa lembar hasil rontgen ke atas meja. Tepat memperlihatkan sebuah hasil dari alat potret yang menggunakan sinar X di hadapan Lisa dan Jennie.
"Ini apa dok?" Bingung Lisa.
Dokter perempuan itu tersenyum simpul. Kemudian ia mengambil salah satu hasil rontgen dan mulai menjelaskannya dengan begitu rinci. Sebab hal yang dialami oleh Jennie adalah sangat tabu. Jarang sekali terjadi, dan itu memang seperti sebuah keajaiban.
"Ibu Lisa, di hasil rontgen ini dijelaskan bahwa ibu Jennie mengalami yang namanya kelahiran perawan. Mungkin sebelum saya menjelaskan itu, saya akan memberitahukan dulu ya, bagaimana asal mulanya bisa sampai terjadi."
Lisa mengangguk. Jennie pun ikut mendengarkan dengan seksama.
"Jadi ada metode lain yang menyebabkan seorang perempuan bisa hamil tanpa dibuahi oleh laki-laki. Benar-benar tanpa sperma dan tanpa bantuan dari seorang dokter, atau sejenisnya. Seperti yang dialami oleh ibu Jennie saat ini."
"Mungkin ibu Lisa sudah pernah mendengar. Satu-satunya kasus tentang 'kelahiran perawan' pada manusia yang ditemukan dalam literatur jaman dahulu adalah kelahiran Yesus Kristus. Di jaman sekarang, konsep kelahiran perawan itu mungkin terdengar seperti cerita mitos dari cerita rakyat kuno, tetapi ini terbukti pada beberapa hewan. Lalu kemudian, ibu Jennie adalah wanita spesial yang kembali mengalami hal ini."
"Selanjutnya, apa itu kelahiran perawan? Disini tolong dengarkan baik-baik ya ibu."
"Kelahiran perawan itu adalah istilah awam untuk partenogenesis. Ini adalah proses dimana seorang wanita dapat mengembangkan embrio tanpa bantuan sperma."
"Sama halnya seperti beberapa spesies serangga, tumbuhan, burung, dan ikan. Mereka dapat berkembang biak melalui partenogenesis. Individu yang dihasilkan dari perkembangan telur yang tidak dibuahi, dikenal sebagai partenogenon atau partenogen."
"Partenogenesis sendiri adalah bentuk berbeda dari reproduksi aseksual. Dalam reproduksi aseksual, pembelahan sel-sel non-seks—atau dalam bahasa ilmiahnya, mitosis sel somatik—dari induk menghasilkan individu baru. Di satu sisi, partenogenesis membutuhkan pembentukan sel telur. Di sisi lain, itu sebenarnya adalah bentuk reproduksi seksual yang tidak lengkap."
"Bagaimana cara kerjanya? Begini, kita kembali ke dasar reproduksi ya."
"Ada dua bahan utama yang diperlukan untuk menghasilkan keturunan melalui reproduksi seksual, yaitu sperma dan sel telur. Adalah hal yang wajar ketika sperma membuahi sel telur maka akan terbentuk sebuah embrio. Namun, dalam kasus partenogenesis, yang dialami seperti ibu Jennie. Tubuh ibu Jennie justru menemukan cara baru untuk menggantikan gen yang disediakan oleh sperma itu."