IC Youthpreneur Camp, sebuah ruang, konferensi, dan event tahunan berkumpulnya banyak pengusaha kuliner yang sukses dan berpengalaman, yang diadakan oleh IC Ventures. Pokoknya, yang terkenal karena prestasi, bukan sensasi. IC Youthpreneur Camp bertujuan untuk mengembangkan semangat berwirausaha agar mendorong lahirnya wirausahawan muda berbasis teknologi.
Acara ini berlangsung selama tiga hari. Dalam tiga hari itu, IC Youthpreneur Camp digelar untuk menjaring potensi pemuda, mencari peluang dalam membangun bisnis kuliner, sekaligus memperkaya pengetahuan seputar industri e-commerce. Puncaknya adalah ketika masing-masing kelompok peserta berkompetisi menjadi yang paling baik mempresentasikan ide bisnis kuliner mereka di hadapan para juri dan disaksikan peserta lainnya. Terpilih sepuluh tim yang akan mendapatkan pelatihan mengenai berbagai fundamental dalam berbisnis, terutama di era digital seperti sekarang, seperti desain produk, pemasaran digital, dan validasi bisnis. Tiga utamanya, berkesempatan mendapatkan modal ventura. Khusus yang pertama, ditambah uang hadiah dan liputan media.
Ada tiga bintang utama kali ini. Salah satunya Rindu Putri Gaharu. Rindu merupakan pendiri Kuch Kuch Hot Tahu yang sukses antarkan gerainya dan saat ini berskala di Asia Tenggara.
Kuch Kuch Hot Tahu, sesuai namanya, adalah sebuah restoran khusus menu tahu pedas. Tersedia level satu sampai enam belas yang menjadi tingkat kepedasannya. Menunya tak pernah berubah sejak pertama kali dibuka hingga tiga tahun terakhir. Mereka benar-benar fokus menjual olahan tahu pedas saja. Tetapi semenjak ibu Rindu, Gaharu, tidak bisa memakan makanan pedas lagi, Rindu mulai menambahkan berbagai varian rasa di Kuch Kuch Hot Tahu. Selain beroperasi sebagai gerai, Kuch Kuch Hot Tahu juga memiliki program untuk umum, yaitu melihat dan membantu di pabriknya secara langsung seperti apa proses pembuatan tahu dari awal hingga sampai ke penjualan.
Oke, itu cukup menjelaskan kenapa Rindu bisa menjadi bintang utama di IC Youthpreneur Camp tahun ini. Dia juga paling menjadi buah bibir seantero negeri di antara bintang utama dan bintang tamu lainnya. Tentu saja, bukan tanpa sebab.
Tak perlu seratus lebah untuk membuat mekar seratus bunga, sepertinya itu analogi yang tepat untuk penyebaran rumor yang sangat cepat bagai kilat. Setelah itu, kenangan-kenangan yang sudah lama tenggelam di dasar laut bisa kembali diangkat ke permukaan. Terakhir, muncul spekulasi-spekulasi tanpa lebih dulu dikonfirmasi. Begitulah ketika menjadi terkenal.
Katanya, desas-desus, Rindu bukan direkrut karena kesuksesannya, melainkan kisah menyedihkan masa lalunya. Dia juga dianggap terlalu muda di usia tiga puluh tiga tahunnya jika disandingkan dengan dua pebisnis yang usianya sudah setengah abad itu, sebab jelas, mereka lebih berpengalaman.
Tetapi, perkataan mereka bukan tolak ukur kebahagiaannya. Mengenakan long loose-fitting blazer dan celana wide leg dengan warna senada yaitu sage green yang membuatnya terlihat simpel tapi elegan, persis kepribadiannya, Rindu tetap menegakkan kepala dan memasang senyum terbaik di atas panggung, seolah menunjukkan hidupnya baik-baik saja tanpa terpengaruh apa pun. Semua menyambutnya ramah.
“Hello ladies and gentleman. Welcome to Prolog, bersama saya, Om Darno. Hari ini ada salah satu bintang utama yang sangat istimewa. Adalah seorang perempuan yang dulu sering dianggap remeh namun sekarang jadi panutan kita rame-rame. Beri tepuk tangan untuk Rindu Putri Gaharu pendiri Kuch Kuch Hot Tahu!”
IC Youthpreneur Camp selalu ada prolog, talkshow yang berdurasi kurang lebih setengah jam sebagai pembuka acara. Sebenarnya ini gelar wicara biasa yang berbicara tentang kehidupan, mengolah kisah nyata yang sering hadir di sekeliling menjadi sebuah cerita singkat yang menginspirasi. Klise. Namun, karena hal tersebut pula, menjadikan ini sebagai talkshow yang sangat relate bagi banyak peserta. Terlebih, mereka berkumpul di sini untuk alasan yang sama. Muda-mudi dari berbagai kalangan dan latar belakang berlomba untuk berbisnis.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dongeng Sebelum Tidur
Short StoryKuharap dongeng sebelum tidur ini bisa menggantikan overthinking-mu. Bare cover by Pinterest