Epilog

2 0 0
                                    

Berbagai cerita telah aku sampaikan sebelumnya, terlepas dari kendala serta kekurangan yang ada ternyata sistem pembelajaran daring juga memiliki keuntungan serta manfaatnya lho. Beberapa bahkan menyebutkan pembelajaran daring sebagai alternatif pembelajaran yang cukup efektif. Keuntungan yang mungkin dapat kita peroleh melalui pembelajaran daring itu seperti penjelasan berikut ini:

1. Praktis

Keuntungan pertama yang ditawarkan oleh pembelajaran daring adalah praktis. Ini tampaknya menjadi sesuatu yang jelas, ya. Penerapan metode belajar daring memungkinkan interaksi antara pengajar dengan siswa tanpa harus bertatap muka secara langsung di sebuah ruang kelas formal sehingga bisa dilakukan di mana saja.

2. Fleksibel

Keuntungan kedua yaitu fleksibel khususnya dari segi waktu. Fleksibel memungkinkan baik pengajar juga siswa tidak begitu terikat waktu yang ketat dengan jadwal-jadwal yang sudah ditetapkan. Tanpa adanya jadwal ketat sering dapat kita jumpai bahkan beberapa kelas menyampaikan materi-materi pembelajaran pada waktu malam hari.

3. Efisien

Selain dalam hal waktu, efisiensi yang ditawarkan dalam pembelajaran daring adalah efisiensi dalam hal tenaga juga biaya. Efisiensi tenaga melihat pada pengajar juga siswa tidak perlu menghabiskan tenaganya untuk menempuh perjalanan menuju sekolah untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar. Efisiensi biaya di antaranya terkait penggunaan kertas atau buku yang jarang digunakan juga biaya untuk mengisi bahan bakar kendaraan juga biaya lain seperti uang bekal dan lain sebagainya.

4. Dokumentasi yang Mudah

Sekarang ini untuk sudah banyak fitur-fitur merekam gambar di laptop yang dapat dengan mudah kita akses untuk mendokumentasikan materi yang disampaikan melalui platform telekonferensi. Dengan ini kita tidak perlu khawatir dengan tidak lengkapnya catatan yang dibuat selama penyampaian materi. Cukup mengaktifkan fitur merekam gambar atau video kita bisa menyimpan materi yang disampaikan dan mengaksesnya kapan saja dengan mudah.

5. Belajar Privat

Melalui pembelajaran daring penyampaian materi yang disampaikan oleh pengajar bisa terasa lebih personal karena melalui platform telekonferensi seperti Zoom atau Google Meet, pengajar juga siswa dapat terhubung dalam satu waktu melalui sebuah layar kaca.

6. Up to Date

Pembelajaran daring dianggap merupakan metode pembelajaran yang cukup efektif khususnya untuk pelajar masa kini karena kedekatan mereka dengan teknologi seperti gadget dan internet. Dengan penggunaan teknologi ini mereka tetap dapat mengikuti perkembangan jaman dengan menerapkannya melalui kegiatan pembelajaran.

7. Baik Pelajar juga Pengajar Menjadi Lebih Melek Teknologi

Pada akhirnya kemajuan teknologi menjadi hal yang nyata terjadi dalam kehidupan kita. Determinasi teknologi bahkan mengatakan segala hal dalam kehidupan sosial kita terus berkembang beriringan dengan kemajuan teknologi. Tuntutan dari pandemi COVID-19 mengharuskan kita memanfaatkan teknologi untuk tetap menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Mau tak mau, pengajar juga siswa pun dituntut untuk memiliki keahlian dalam teknologi terkait pengoperasiannya dan lain sebagainya. Melalui tuntutan tersebut pada akhirnya akan bermanfaat bagi kita untuk lebih memahami kerja-kerja teknologi, fungsi juga manfaatnya yang dapat membantu aktivitas kita.

8. Mengembangkan Keahlian (Skill)

Pembelajaran daring memungkinkan pelajar untuk memiliki waktu lebih luang mengingat tidak adanya jadwal ketat sebagaimana yang biasanya ada saat menjalani pembelajaran di sekolah. Waktu luang yang ada dapat memberi manfaat bagi pelajar apabila dihabiskan dengan hal-hal baik seperti meningkatkan keahlian atau skill. Keahlian atau skill ini bisa berkaitan dengan hobi atau kegiatan yang disukai di waktu luang seperti memasak, menulis, melukis, fotografi, dan masih banyak lainnya.

9. Melatih Berpikir Secara Mandiri

Mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh pengajar dalam menyampaikan materi melalui pembelajaran daring, pelajar pun dituntut untuk dapat lebih aktif juga mandiri untuk memperdalam materi yang telah diberikan. Inisiatif pelajar pun diuji dalam hal ini. Dengan kemandirian yang didapatkan tentunya akan bermanfaat kedepannya bagi pelajar untuk dapat berpikir secara mandiri tidak hanya mengandalkan apa yang diajarkan oleh guru atau dosen saja.

10. Memperbanyak Pengalaman

Manfaat keempat ini berkaitan langsung dengan manfaat sebelumnya tentang menambah keahlian atau skill. Memiliki waktu untuk mengembangkan keahlian tentunya akan memberi kesempatan pada kita untuk menambah pengalaman juga. Banyak orang yang dengan keahlian juga hobi tertentu kemudian memanfaatkannya untuk mengikuti kompetisi atau perlombaan, membuka usaha bisnis, mengadakan workshop dan lain sebagainya. Beberapa hal ini tentunya akan menambah daftar pengalaman kita.

11. Lebih Hemat

Untuk mahasiswa rantau manfaat yang kelima ini sepertinya sangat terasa sekali untuk mereka. Mahasiswa rantau pastinya mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk membayar biaya kos, biaya makan dan lain sebagainya. Mengingat pembelajaran daring bisa dilakukan di mana saja tanpa harus bertemu langsung dalam ruang kelas, mahasiswa rantau pun tidak perlu lagi tinggal jauh dari rumah mereka dan menghabiskan pengeluaran biaya kos juga makan. Mereka tetap bisa mengikuti kegiatan perkuliahan di rumah masing-masing.


Memang benar adanya jika kita tidak memaksakan suatu keadaan agar berjalan sesuai yang kita mau. Kita tentunya menginginkan pembelajaran yang efektif namun melihat situasi serta kondisi di saat pandemic seperti ini tentunya pembelajaran daring lah yang paling efektif untuk diterapkan. Kita tetap dapat menerima materi dan memahaminya dengan berbagai teknik atau metode tanpa harus memaksakan pertemuan secara langsung. Bayangkan saja jika kita semua tetap memaksakan diadakan perkuliahan atau pembelajaran secara offline selama pandemic ini. Mungkin saja pandemic tidak segera berakhir, yang ada justru semakin memperparah keadaan dan pandemic tidak pernah usai.


Namun saat ini telah banyak kantor, sekolah, maupun perguruan tinggi yang memulai system luring-daring. Sudah banyak siswa maupun mahasiswa yang mulai membiasakan diri dengan system luring ini. Karena sejak pembelajaran daring diterapkan tentunya kita semua sudah terbiasa dengan system tersebut. Sehingga ketika diterapkan kembali system luring kita merasa asing dan perlu pembiasaan kembali.


Dari semua pengalaman atau cerita ini ada harapan juga yang selalu terbesit dalam pikiran dan hati saya. Saya selalu berharap adanya pandemic ini menjadikan ladang bersyukur dan ikhlas. Selain itu, aku juga berharap walaupun aku sebagai seorang mahasiswa masih menerapkan system daring hingga kini. Aku tetap memperoleh ilmu serta manfaat dari belajar semaksimal mungkin. Tidak ada yang tidak mungkin selagi kita berusaha bukan?


Sudah seharusnya kita sebagai seorang pelajar atau mahasiswa tidak menjadikan pandemic sebagai alasan mengapa kita harus berhenti untuk belajar. Perkembangan teknologi semakin modern dan canggih. Kini kita tetap belajar dan melakukan pembelajaran dimanapun kita berada. Saat ini seolah-olah seperti dunia ada di genggaman kita. Bayangkan saja pada android atau smartphone yang kita pegang kita dapat mengakses beribu-ribu bahkan berjuta-juta bahan belajar. Kita dapat mengakses segala hal dari berbagai penjuru dunia.


Harapan lain yang selalu aku inginkan tentunya dapat bertemu secara langsung dengan Bapak atau Ibu dosen. Aku juga masih tetap ingin merasakan berkumpul bersama teman-temanku yang lain. Mengerjakan tugas bersama, belajar untuk persiapan ujian dan lain sebagainya. Sudah pasti harapan seperti inilah yang diharapkan oleh semua orang.


Terakhir aku hanya ingin mengajak teman-teman pembaca cerita ku ini berdoa bersama supaya pandemic covid ini segera benar-benar berakhir, sehingga kita semua dapat menjalankan aktivitas dengan normal seperti dahulu lagi tanpa dibayang-bayangi ketakutan akan adanya virus covid ini.


Terimakasih telah membaca ceritaku ya 

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: May 02, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Message Impression During Online LecturesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang