𝑳𝒆𝒎𝒃𝒂𝒓 𝒄𝒐𝒓𝒆𝒕𝒂𝒏 1

15 1 0
                                    

𝑵𝒂𝒎𝒂𝒌𝒖 𝑮𝒆𝒍𝒕𝒂, 𝒂𝒌𝒖 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒂𝒏𝒂𝒌 𝒕𝒖𝒏𝒈𝒈𝒂𝒍 𝒔𝒂𝒕𝒖-𝒔𝒂𝒕𝒖𝒏𝒚𝒂, 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒎𝒂𝒏𝒋𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒑𝒆𝒏𝒖𝒉 𝒌𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒔𝒂𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒌𝒆𝒅𝒖𝒂 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒖𝒂 𝒌𝒖. 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒂𝒏𝒈𝒂𝒕 𝒍𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒈𝒊𝒕𝒖 𝒅𝒊 𝒔𝒂𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂. 𝒊𝒕𝒖 𝒔𝒆𝒎𝒖𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒖𝒌𝒂𝒊 𝒏𝒚𝒂, 𝒃𝒆𝒓𝒇𝒊𝒌𝒊𝒓 𝒃𝒂𝒉𝒘𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒃𝒂𝒊𝒌-𝒃𝒂𝒊𝒌 𝒔𝒂𝒋𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒊𝒏𝒊 𝒔𝒆𝒎𝒖𝒂.

𝑾𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒔𝒆𝒌𝒐𝒍𝒂𝒉 𝑺𝑫, 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒍𝒊 𝒃𝒂𝒏𝒚𝒂𝒌 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏-𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒔𝒊𝒏𝒊, 𝒕𝒆𝒕𝒂𝒑𝒊 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒂𝒌 𝒑𝒂𝒏𝒅𝒂𝒊 𝒎𝒆𝒏𝒄𝒂𝒓𝒊 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏. 𝑨𝒌𝒖 𝒂𝒏𝒂𝒌 𝒊𝒏𝒕𝒓𝒐𝒗𝒆𝒓𝒕 𝒔𝒆𝒋𝒂𝒌 𝒌𝒆𝒄𝒊𝒍, 𝒅𝒊𝒌𝒂𝒓𝒆𝒏𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒃𝒂𝒕𝒂𝒔 𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒎𝒂𝒊𝒏 𝒌𝒖. 𝑺𝒆𝒋𝒂𝒌 𝒌𝒆𝒄𝒊𝒍 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒍𝒂𝒍𝒖 𝒅𝒊𝒓𝒖𝒎𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊𝒂𝒏, 𝒃𝒆𝒓𝒎𝒂𝒊𝒏 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊𝒂𝒏 𝒕𝒂𝒑𝒊 𝒊𝒕𝒖 𝒕𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒖𝒂𝒕𝒌𝒖 𝒌𝒆𝒔𝒆𝒑𝒊𝒂𝒏.

𝑺𝒆𝒊𝒓𝒊𝒏𝒈 𝒏𝒚𝒂 𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒋𝒂𝒍𝒂𝒏, 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒊𝒏𝒋𝒂𝒌 𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔 3 𝒕𝒆𝒑𝒂𝒕𝒏𝒚𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒖𝒔𝒊𝒂 9 𝒕𝒂𝒉𝒖𝒏. 𝑨𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒅𝒂𝒑𝒂𝒕𝒌𝒂𝒏 𝒔𝒆𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒓𝒏𝒂𝒎𝒂 𝑰𝒕𝒂 𝒅𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒅𝒂. 𝑴𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒅𝒖𝒂 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒂𝒉𝒂𝒃𝒂𝒕 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒂𝒚𝒂𝒏𝒈𝒊, 𝒔𝒆𝒍𝒂𝒍𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂-𝒔𝒂𝒎𝒂. 𝑺𝒂𝒏𝒈𝒂𝒕 𝒃𝒆𝒈𝒊𝒕𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒍𝒆𝒘𝒂𝒕𝒊 𝒉𝒂𝒓𝒊-𝒉𝒂𝒓𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒅𝒖𝒂. 𝑨𝒌𝒖 𝒕𝒂𝒌 𝒊𝒏𝒈𝒊𝒏 𝒌𝒆𝒉𝒊𝒍𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒅𝒖𝒂 𝒔𝒂𝒉𝒂𝒃𝒂𝒕𝒌𝒖 𝒏𝒂𝒏𝒕𝒊. 𝑻𝒂𝒑𝒊 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒌𝒆𝒏𝒂𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔 5 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒂𝒌 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒉𝒂𝒃𝒂𝒕 𝒍𝒂𝒈𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑰𝒕𝒂, 𝒌𝒂𝒓𝒆𝒏𝒂 𝑰𝒕𝒂 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒎𝒂𝒊𝒏 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒑𝒂𝒓𝒂 𝒄𝒐𝒘𝒐𝒌, 𝒎𝒆𝒏𝒄𝒂𝒓𝒊 𝒑𝒂𝒄𝒂𝒓 𝒂𝒕𝒂𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒑𝒂𝒄𝒂𝒓𝒂𝒏. 𝑺𝒆𝒅𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒕𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒖𝒌𝒂𝒊 𝒉𝒂𝒍 𝒕𝒆𝒓𝒔𝒆𝒃𝒖𝒕. 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊 𝒔𝒆𝒃𝒆𝒏𝒂𝒓𝒏𝒚𝒂 𝒕𝒂𝒌 𝒌𝒆𝒃𝒆𝒓𝒂𝒕𝒂𝒏 𝒋𝒊𝒌𝒂 𝑰𝒕𝒂 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒊𝒕𝒖, 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒏𝒖𝒓𝒖𝒕𝒊 𝒔𝒂𝒋𝒂 𝒌𝒂𝒕𝒂 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒖𝒉𝒊 𝑰𝒕𝒂.

𝑫𝒊𝒔𝒆𝒌𝒐𝒍𝒂𝒉 𝒂𝒌𝒖 𝒉𝒂𝒏𝒚𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒔𝒂𝒋𝒂. 𝑨𝒏𝒕𝒂𝒓𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒆𝒅𝒊𝒉𝒌𝒂𝒏. 𝑺𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈, 𝒌𝒂𝒓𝒆𝒏𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒅𝒂𝒑𝒂𝒕𝒌𝒂𝒏 𝒔𝒂𝒉𝒂𝒃𝒂𝒕 𝒅𝒂𝒏 𝒔𝒆𝒅𝒊𝒉, 𝒌𝒂𝒓𝒆𝒏𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒊𝒌𝒖𝒄𝒊𝒍𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒋𝒂𝒖𝒉𝒊 𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏-𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏𝒌𝒖 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏. 𝑨𝒌𝒖 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒕𝒂𝒉𝒖 𝒑𝒂𝒔𝒕𝒊 𝒂𝒑𝒂 𝒂𝒍𝒂𝒔𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒖𝒉𝒊 𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒊𝒕𝒖. 𝑻𝒆𝒓𝒊𝒏𝒈𝒂𝒕 𝒅𝒖𝒍𝒖 𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔 3 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒖𝒅𝒖𝒌 𝒅𝒊𝒑𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒍𝒂𝒌𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒑𝒐𝒋𝒐𝒌𝒂𝒏. 𝑺𝒂𝒂𝒕 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒂𝒌 𝒃𝒆𝒓𝒂𝒅𝒂 𝒅𝒊 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒊𝒏𝒈 𝒕𝒂𝒔 𝒌𝒖. 𝑻𝒂𝒔 𝒌𝒖 𝒅𝒊 𝒊𝒔𝒊 𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒉-𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒉. 𝑬𝒏𝒕𝒂𝒉 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒎𝒂𝒏𝒂 𝒂𝒔𝒂𝒍 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒉 𝒊𝒕𝒖, 𝒂𝒌𝒖 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒕𝒂𝒉𝒖 𝒔𝒊𝒂𝒑𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒏𝒂𝒓𝒖𝒉 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒉-𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒉 𝒕𝒆𝒓𝒔𝒆𝒃𝒖𝒕 𝒌𝒆 𝒅𝒂𝒍𝒂𝒎 𝒕𝒂𝒔 𝒌𝒖. 𝑯𝒂𝒕𝒊𝒌𝒖 𝒔𝒂𝒌𝒊𝒕 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒖𝒌𝒂 𝒕𝒂𝒔 𝒌𝒖 𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒊𝒕𝒖, 𝒑𝒂𝒅𝒂𝒉𝒂𝒍 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒊𝒔𝒆𝒌𝒐𝒍𝒂𝒉 𝒉𝒂𝒏𝒚𝒂 𝒍𝒂𝒉 𝒎𝒖𝒓𝒊𝒅 𝒃𝒊𝒂𝒔𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒑𝒆𝒏𝒅𝒊𝒂𝒎 𝒅𝒂𝒏 𝒕𝒂𝒌 𝒕𝒆𝒓𝒍𝒂𝒍𝒖 𝒃𝒂𝒏𝒚𝒂𝒌 𝒃𝒊𝒄𝒂𝒓𝒂. 𝑻𝒂𝒌 𝒕𝒆𝒓𝒌𝒆𝒄𝒖𝒂𝒍𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒔𝒂𝒉𝒂𝒃𝒂𝒕𝒌𝒖 𝑰𝒏𝒅𝒂.

𝑾𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒕𝒆𝒓𝒖𝒔 𝒃𝒆𝒓𝒋𝒂𝒍𝒂𝒏, 𝒌𝒆𝒏𝒂𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔 6 𝒑𝒖𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒍𝒂𝒏𝒋𝒖𝒕. 𝒎𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒔𝒂𝒎𝒂, 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒍𝒆𝒘𝒂𝒕𝒊 𝒉𝒂𝒓𝒊-𝒉𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒃𝒊𝒂𝒔𝒂𝒏𝒚𝒂. 𝑺𝒆𝒑𝒖𝒍𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒆𝒌𝒐𝒍𝒂𝒉, 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒎𝒂𝒊𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂. 𝑴𝒆𝒏𝒂𝒊𝒌𝒊 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒅𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒌𝒆𝒍𝒊𝒍𝒊𝒏𝒈-𝒌𝒆𝒍𝒊𝒍𝒊𝒏𝒈 𝒔𝒂𝒎𝒃𝒊𝒍 𝒎𝒆𝒏𝒄𝒂𝒓𝒊 𝒋𝒂𝒋𝒂𝒏𝒂𝒏 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒆𝒏𝒂𝒌. 𝑾𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒊𝒕𝒖 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒅𝒊𝒋𝒂𝒍𝒂𝒏, 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒂𝒕𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒔𝒆𝒔𝒖𝒂𝒕𝒖 "𝒎𝒖𝒏𝒈𝒌𝒊𝒏 𝒌𝒊𝒕𝒂 𝒃𝒂𝒌𝒂𝒍𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂-𝒔𝒂𝒎𝒂 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒊 𝒍𝒖𝒍𝒖𝒔 𝑺𝑴𝑷 𝒔𝒂𝒋𝒂". 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒆𝒓𝒅𝒊𝒂𝒎 𝒅𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒏𝒈 𝒊𝒚𝒂 𝒌𝒂𝒏 𝒔𝒂𝒋𝒂. 𝑴𝒂𝒔𝒂 𝑺𝑫 𝒌𝒖 𝒑𝒆𝒏𝒖𝒉 𝒄𝒂𝒄𝒊𝒂𝒏, 𝒑𝒆𝒎𝒃𝒖𝒍𝒍𝒚𝒂𝒏, 𝒑𝒆𝒏𝒈𝒖𝒄𝒊𝒍𝒂𝒏, 𝒑𝒆𝒏𝒈𝒂𝒔𝒊𝒏𝒈𝒂𝒏. 𝑻𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏. 𝑻𝒂𝒑𝒊 𝒍𝒆𝒃𝒊𝒉 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒍𝒂𝒈𝒊 𝒋𝒊𝒌𝒂 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒂𝒅𝒂 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒊𝒕𝒖.

1 𝒕𝒂𝒉𝒖𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒍𝒂𝒍𝒖, 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒂𝒔𝒖𝒌 𝑺𝑴𝑷. 𝑨𝒌𝒖 𝒅𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒕𝒂𝒌 𝒔𝒆𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔, 𝒊𝒕𝒖 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒖𝒂𝒕𝒌𝒖 𝒔𝒂𝒏𝒈𝒂𝒕 𝒔𝒆𝒅𝒊𝒉. 𝑫𝒂𝒏 𝒉𝒖𝒃𝒖𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒑𝒆𝒓𝒔𝒂𝒉𝒂𝒃𝒂𝒕𝒂𝒏 𝒌𝒖 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑰𝒏𝒅𝒂 𝒑𝒖𝒏 𝒂𝒈𝒂𝒌 𝒓𝒆𝒏𝒈𝒈𝒂𝒏𝒈. 𝒊𝒏𝒅𝒂 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒎𝒊𝒍𝒊𝒌𝒊 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊 𝒅𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒈𝒊𝒕𝒖 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝒅𝒊𝒓𝒊𝒌𝒖. 𝑫𝒊 𝑺𝑴𝑷 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝒕𝒂𝒌 𝒃𝒆𝒓𝒖𝒃𝒂𝒉 𝒋𝒂𝒖𝒉 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒔𝒆𝒎𝒂𝒔𝒂 𝑺𝑫 𝒌𝒖 𝒅𝒖𝒍𝒖. 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒆𝒕𝒂𝒑𝒍𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒂𝒏𝒂𝒌 𝒊𝒏𝒕𝒓𝒐𝒗𝒆𝒓𝒕, 𝒂𝒌𝒖𝒆𝒏𝒈𝒈𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒌𝒆𝒏𝒂𝒍𝒂𝒏 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒊𝒏. 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒅𝒂𝒑𝒂𝒕𝒌𝒂𝒏 4 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒏𝒂𝒓-𝒃𝒆𝒏𝒂𝒓 𝒂𝒅𝒂. 𝒂𝒏𝒕𝒂𝒓𝒂 𝒍𝒂𝒊𝒏 𝒚𝒂𝒊𝒕𝒖 𝑭𝒊𝒚𝒂, 𝑵𝒂𝒏𝒂, 𝒅𝒂𝒏 𝑰𝒍𝒂. 𝑭𝒊𝒚𝒂 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏 𝑺𝑫 𝒌𝒖 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒆𝒌𝒆𝒍𝒂𝒔, 𝒅𝒖𝒍𝒖 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒂𝒌 𝒕𝒆𝒓𝒍𝒂𝒍𝒖 𝒂𝒌𝒓𝒂𝒃 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂.

𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫 𝐜𝐨𝐫𝐞𝐭𝐚𝐧 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang