𝑺𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈, 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒍𝒂𝒎𝒂 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒔𝒆𝒍𝒇𝒉𝒂𝒓𝒎 𝒅𝒍𝒍 𝒏𝒚𝒂. 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒉𝒆𝒏𝒕𝒊 𝒍𝒂𝒎𝒂, 𝒕𝒂𝒑𝒊 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒌𝒖 𝒌𝒆𝒎𝒃𝒂𝒍𝒊 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒅𝒖𝒍𝒖. 𝑫𝒊𝒎𝒂𝒏𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒎𝒆𝒓𝒐𝒌𝒐𝒌, 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒎𝒊𝒏𝒖𝒎 𝒐𝒃𝒂𝒕 𝒃𝒆𝒓𝒍𝒆𝒃𝒊𝒉𝒂𝒏, 𝒔𝒆𝒍𝒇𝒉𝒂𝒓𝒎, 𝒅𝒊𝒕𝒂𝒎𝒃𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒐𝒏𝒔𝒖𝒎𝒔𝒊 𝒂𝒍𝒌𝒐𝒉𝒐𝒍. 𝑲𝒂𝒕𝒂𝒌𝒂𝒏𝒍𝒂𝒉 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒃𝒂𝒊𝒌 𝒕𝒂𝒑𝒊 𝒎𝒆𝒎𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒆𝒋𝒖𝒋𝒖𝒓𝒏𝒚𝒂 𝒊𝒕𝒖 𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒃𝒆𝒏𝒆𝒓𝒏𝒚𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒓𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒊𝒏𝒊. 𝑻𝒂𝒑𝒊 𝒃𝒂𝒈𝒊𝒌𝒖 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒉𝒂𝒍 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒂𝒑𝒂𝒕 𝒎𝒆𝒏𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒓𝒊𝒌𝒖.
𝑨𝒌𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒕𝒂𝒏𝒚𝒂-𝒕𝒂𝒏𝒚𝒂 "𝒎𝒆𝒏𝒈𝒂𝒑𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒊𝒏𝒊? 𝑴𝒆𝒏𝒈𝒂𝒑𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒉𝒂𝒓𝒖𝒔 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒊𝒏𝒊?𝑴𝒆𝒏𝒈𝒂𝒑𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒊𝒍𝒂𝒉𝒊𝒓𝒌𝒂𝒏 𝒍𝒆𝒔𝒃𝒊𝒂𝒏? 𝑴𝒆𝒏𝒈𝒂𝒑𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒊𝒍𝒂𝒉𝒊𝒓𝒌𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒐𝒅𝒐𝒉?"
𝑨𝒌𝒖 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒑𝒆𝒓𝒂𝒔𝒂, 𝒎𝒂𝒌𝒔𝒖𝒅𝒌𝒖 𝒂𝒌𝒖 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒎𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒕𝒆𝒓𝒔𝒆𝒏𝒕𝒖𝒉. 𝑺𝒆𝒔𝒖𝒂𝒕𝒖 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒆𝒓𝒍𝒊𝒉𝒂𝒕, 𝒕𝒆𝒓𝒖𝒄𝒂𝒑, 𝒕𝒆𝒓𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒓 𝒃𝒂𝒈𝒊𝒌𝒖 𝒃𝒊𝒔𝒂 𝒔𝒂𝒋𝒂 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒖𝒂𝒕𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒔𝒆𝒅𝒊𝒉 𝒅𝒂𝒏 𝒎𝒂𝒓𝒂𝒉. 𝑻𝒆𝒓𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒓 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒍𝒆 𝒃𝒂𝒈𝒊 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈, 𝒕𝒂𝒑𝒊 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏𝒌𝒖. 𝑶𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒊𝒍𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒌𝒖 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒂𝒑𝒆𝒓𝒂𝒏(?), 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒄𝒆𝒏𝒈𝒆𝒏𝒈 𝒈𝒂𝒎𝒑𝒂𝒏𝒈 𝒏𝒂𝒏𝒈𝒊𝒔. 𝑻𝒂𝒑𝒊 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒓𝒊𝒌𝒖 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒌𝒂𝒓𝒏𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒃𝒊𝒔𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒆𝒌𝒔𝒑𝒓𝒆𝒔𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒓𝒊𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊.
𝑨𝒌𝒖 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒑𝒆𝒓𝒄𝒂𝒚𝒂 𝒃𝒂𝒉𝒘𝒂 𝑻𝒖𝒉𝒂𝒏 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒅𝒂. 𝑨𝒌𝒖 𝒂𝒘𝒂𝒍𝒏𝒚𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒂𝒈𝒏𝒐𝒔𝒕𝒊𝒌, 𝒊𝒕𝒖 𝒃𝒆𝒓𝒍𝒂𝒏𝒈𝒔𝒖𝒏𝒈 𝒔𝒆𝒍𝒂𝒎𝒂 1 𝒕𝒂𝒉𝒖𝒏. 𝑳𝒂𝒍𝒖 𝒔𝒆𝒍𝒂𝒏𝒋𝒖𝒕𝒏𝒚𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒍𝒂𝒎𝒂-𝒍𝒂𝒎𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒂𝒕𝒉𝒆𝒊𝒔 𝒔𝒆𝒍𝒂𝒎𝒂 2 𝒕𝒂𝒉𝒖𝒏 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒊 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈, 𝒕𝒐𝒕𝒂𝒍𝒏𝒚𝒂 𝒔𝒆𝒌𝒊𝒕𝒂𝒓 3 𝒕𝒂𝒉𝒖𝒏. 𝑩𝒂𝒏𝒚𝒂𝒌 𝒉𝒂𝒍 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒌𝒖 𝒍𝒆𝒘𝒂𝒕𝒊. 𝑨𝒌𝒖 𝒃𝒂𝒏𝒚𝒂𝒌 𝒃𝒆𝒍𝒂𝒋𝒂𝒓 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒆𝒔𝒂𝒍𝒂𝒉𝒂𝒏𝒌𝒖, 𝒑𝒆𝒏𝒈𝒂𝒍𝒂𝒎𝒂𝒏 𝒑𝒓𝒊𝒃𝒂𝒅𝒊, 𝒉𝒂𝒓𝒊-𝒉𝒂𝒓𝒊 𝒌𝒖. 𝑷𝒆𝒓𝒍𝒂𝒉𝒂𝒏 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒖𝒍𝒂𝒊 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒅𝒆𝒘𝒂𝒔𝒂 𝒔𝒆𝒊𝒓𝒊𝒏𝒈𝒏𝒚𝒂 𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖, 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒑𝒆𝒓𝒆𝒎𝒑𝒖𝒂𝒏 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒊𝒌𝒉𝒍𝒂𝒔 𝒅𝒂𝒏 𝒔𝒂𝒃𝒂𝒓 (𝒕𝒆𝒏𝒕𝒖𝒏𝒚𝒂 𝒑𝒂𝒔𝒓𝒂𝒉 𝒋𝒖𝒈𝒂) 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒂𝒅𝒂𝒂𝒏. 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒌𝒆𝒏𝒂𝒑𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒊𝒏𝒊, 𝒂𝒌𝒖 𝒄𝒖𝒌𝒖𝒑 𝒎𝒆𝒓𝒂𝒔𝒂 𝒑𝒖𝒕𝒖𝒔 𝒂𝒔𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒆𝒉𝒊𝒅𝒖𝒑𝒂𝒏𝒌𝒖 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈. 𝑫𝒊𝒕𝒂𝒎𝒃𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒆𝒕𝒂𝒉𝒖𝒊 𝒃𝒂𝒉𝒘𝒂 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒎𝒑𝒖𝒏𝒚𝒂𝒊 𝒑𝒂𝒄𝒂𝒓 𝒂𝒍𝒊𝒂𝒔 𝒔𝒆𝒍𝒊𝒏𝒈𝒌𝒖𝒉𝒂𝒏. 𝑻𝒆𝒓𝒏𝒚𝒂𝒕𝒂 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒓𝒉𝒖𝒃𝒖𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒍𝒂𝒎𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒍𝒂𝒌𝒊-𝒍𝒂𝒌𝒊 𝒕𝒆𝒓𝒔𝒆𝒃𝒖𝒕, 𝒎𝒖𝒏𝒈𝒌𝒊𝒏 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒂𝒔𝒊𝒉 𝑺𝑴𝑷. 𝑺𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝑺𝑴𝑨, 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒓𝒖𝒎𝒖𝒓 16 𝒕𝒂𝒉𝒖𝒏. 𝑴𝒂𝒎𝒂 𝒔𝒆𝒓𝒊𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒎𝒊𝒏𝒋𝒂𝒎 𝒑𝒐𝒏𝒔𝒆𝒍𝒌𝒖 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒃𝒆𝒓𝒕𝒖𝒌𝒂𝒓 𝒌𝒂𝒃𝒂𝒓 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒍𝒂𝒌𝒊-𝒍𝒂𝒌𝒊 𝒊𝒕𝒖, 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒖𝒂𝒕 𝒏𝒂𝒎𝒂 𝒔𝒂𝒎𝒂𝒓𝒂𝒏 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒍𝒂𝒌𝒊-𝒍𝒂𝒌𝒊 𝒕𝒆𝒓𝒔𝒆𝒃𝒖𝒕. 𝑴𝒂𝒎𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒂𝒎𝒂𝒊 𝒌𝒐𝒏𝒕𝒂𝒌𝒏𝒚𝒂 "𝑲𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆". 𝑨𝒍𝒊𝒉-𝒂𝒍𝒊𝒉 𝒂𝒈𝒂𝒓 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒓𝒖𝒎𝒂𝒉 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒕𝒂𝒉𝒖 𝒌𝒂𝒍𝒂𝒖 𝒕𝒆𝒓𝒏𝒚𝒂𝒕𝒂 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒍𝒂𝒌𝒊-𝒍𝒂𝒌𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 2 𝒂𝒏𝒂𝒌 𝒑𝒆𝒓𝒆𝒎𝒑𝒖𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒏 𝒊𝒔𝒕𝒓𝒊(?). 𝑨𝒌𝒖 𝒌𝒖𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒂𝒉𝒖 𝒂𝒑𝒂𝒌𝒂𝒉 𝒅𝒊𝒂 𝒎𝒆𝒎𝒑𝒖𝒏𝒚𝒂𝒊 𝒊𝒔𝒕𝒓𝒊 𝒂𝒕𝒂𝒖 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌, 𝒂𝒌𝒖 𝒉𝒂𝒏𝒚𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒆𝒕𝒂𝒉𝒖𝒊 𝒏𝒚𝒂 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒔𝒕𝒐𝒓𝒚 𝒘𝒉𝒂𝒕𝒔𝒂𝒑𝒑 𝒏𝒚𝒂 𝒔𝒂𝒋𝒂. 𝑺𝒆𝒃𝒖𝒕 𝒔𝒂𝒋𝒂 𝒑𝒂𝒌𝒂𝒊 𝒏𝒂𝒎𝒂 𝒔𝒂𝒎𝒂𝒓𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒂 "𝑲𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆". 𝑲𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈𝒏𝒚𝒂 𝒃𝒂𝒊𝒌 𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒌𝒖, 𝒌𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒆𝒍𝒊𝒌𝒂𝒏 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒃𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈-𝒃𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒂𝒏 𝒎𝒂𝒌𝒂𝒏𝒂𝒏, 𝒃𝒂𝒊𝒌 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒍𝒊. 𝑨𝒌𝒖 𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖 𝑺𝑴𝑷 𝒅𝒊𝒂𝒋𝒂𝒌 𝒑𝒆𝒓𝒈𝒊 𝒌𝒆 𝒌𝒐𝒍𝒂𝒎 𝒓𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂 𝒎𝒂𝒎𝒂, 𝒅𝒂𝒏 𝒑𝒖𝒍𝒂𝒏𝒈𝒏𝒚𝒂 𝒎𝒂𝒎𝒑𝒊𝒓 𝒌𝒆 𝒕𝒆𝒎𝒑𝒂𝒕 𝒎𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒎𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒔𝒐𝒓𝒆 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂. 𝑺𝒂𝒂𝒕 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒎𝒖𝒍𝒂𝒊 𝒄𝒖𝒓𝒊𝒈𝒂 𝒌𝒂𝒍𝒂𝒖 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒍𝒊𝒏𝒈𝒌𝒖𝒉𝒂𝒏 𝒎𝒂𝒎𝒂, 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒊𝒕𝒖 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝒅𝒊𝒂𝒋𝒂𝒌 𝒅𝒂𝒏 𝒂𝒏𝒂𝒌𝒏𝒚𝒂 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝒋𝒂𝒅𝒊 𝒌𝒊𝒕𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒂𝒎𝒂𝒊-𝒓𝒂𝒎𝒂𝒊.
𝑯𝒂𝒉𝒂𝒉𝒂, 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒖𝒍𝒖 𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒊𝒓𝒂 𝒃𝒂𝒉𝒘𝒂 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒋𝒖𝒈𝒂 𝒍𝒆𝒔𝒃𝒊𝒂𝒏 𝒔𝒂𝒎𝒂 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒌𝒖. 𝑨𝒌𝒖 𝒉𝒆𝒃𝒐𝒉 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊 𝒘𝒂𝒌𝒕𝒖 𝒊𝒕𝒖, 𝒕𝒂𝒑𝒊 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒆𝒕𝒂𝒉𝒖𝒊 𝒃𝒂𝒉𝒘𝒂 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒍𝒂𝒌𝒊-𝒍𝒂𝒌𝒊. 𝑴𝒂𝒎𝒂 𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒊𝒔 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒎𝒂𝒍𝒂𝒎 𝒉𝒂𝒓𝒊 𝒔𝒆𝒕𝒆𝒍𝒂𝒉 𝒎𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒎𝒂𝒍𝒂𝒎 𝒃𝒆𝒓𝒔𝒂𝒎𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒊 𝒓𝒖𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒂𝒎𝒖. 𝑴𝒂𝒎𝒂 𝒎𝒆𝒎𝒊𝒏𝒋𝒂𝒎 𝒑𝒐𝒏𝒔𝒆𝒍𝒌𝒖 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒄𝒉𝒂𝒕𝒕𝒊𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒌𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆. 𝑴𝒂𝒎𝒂 𝒎𝒆𝒏𝒂𝒏𝒈𝒊𝒔 𝒅𝒊𝒅𝒆𝒑𝒂𝒏𝒌𝒖, 𝒂𝒌𝒖 𝒕𝒂𝒌 𝒕𝒆𝒈𝒂 𝒎𝒆𝒍𝒊𝒉𝒂𝒕𝒏𝒚𝒂. 𝑨𝒌𝒖 𝒎𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒔𝒂𝒎𝒃𝒊𝒍 𝒌𝒆𝒃𝒊𝒏𝒈𝒖𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒅𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒏𝒂𝒕𝒂𝒑 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒌𝒖 𝒍𝒂𝒎𝒂. 𝑺𝒆𝒕𝒆𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒍𝒆𝒔𝒂𝒊, 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒂𝒄𝒂 𝒑𝒆𝒔𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒅𝒖𝒂. 𝑻𝒆𝒓𝒏𝒚𝒂𝒕𝒂 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒅𝒂𝒏 𝒌𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆 𝒂𝒅𝒂 𝒎𝒂𝒔𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒉𝒖𝒃𝒖𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂. 𝑨𝒌𝒖 𝒎𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒊𝒏𝒈𝒂𝒕 𝒃𝒆𝒕𝒖𝒍 𝒂𝒑𝒂 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒌𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆 𝒃𝒊𝒍𝒂𝒏𝒈 "𝒕𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂𝒌𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒂𝒊 𝒔𝒆𝒋𝒂𝒖𝒉 𝒊𝒏𝒊, 𝒂𝒌𝒖 𝒈𝒂𝒃𝒊𝒔𝒂 𝒍𝒆𝒃𝒊𝒉 𝒋𝒂𝒖𝒉 𝒍𝒂𝒈𝒊. 𝑨𝒌𝒖 𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒈𝒂𝒃𝒊𝒔𝒂 𝒌𝒂𝒚𝒂𝒌 𝒅𝒖𝒍𝒖 𝒍𝒂𝒈𝒊, 𝒎𝒂𝒌𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒎𝒂𝒖 𝒏𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒂𝒑𝒂 𝒂𝒅𝒂 𝒏𝒚𝒂". 𝑲𝒂𝒕𝒂 𝒌𝒂𝒌 𝑵𝒊𝒌𝒆 𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒊𝒕𝒖. 𝑨𝒌𝒖 𝒍𝒂𝒏𝒈𝒔𝒖𝒏𝒈 𝒎𝒆𝒏𝒈𝒆𝒓𝒕𝒊 𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒔𝒂𝒂𝒕 𝒊𝒕𝒖 𝒃𝒂𝒉𝒘𝒂 𝒊𝒕𝒖 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒆𝒍𝒊𝒏𝒈𝒌𝒖𝒉𝒂𝒏 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒌𝒖. 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒌𝒂𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒎𝒖𝒍𝒂𝒊 𝒕𝒆𝒓𝒃𝒊𝒂𝒔𝒂 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒅𝒖𝒂, 𝒔𝒖𝒅𝒂𝒉 𝒎𝒖𝒍𝒂𝒊 𝒎𝒆𝒏𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂 𝒃𝒆𝒓𝒅𝒖𝒂, 𝒂𝒌𝒖 𝒂𝒘𝒂𝒍𝒏𝒚𝒂 𝒎𝒆𝒎𝒂𝒏𝒈 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒖𝒌𝒂𝒊. 𝑻𝒂𝒑𝒊 𝒍𝒂𝒎𝒂-𝒍𝒂𝒎𝒂 𝒂𝒌𝒖 𝒎𝒆𝒏𝒚𝒖𝒌𝒂𝒊𝒏𝒚𝒂, 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒑𝒆𝒏𝒕𝒊𝒏𝒈 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒃𝒂𝒉𝒂𝒈𝒊𝒂, 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒔𝒆𝒅𝒊𝒉, 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒕𝒆𝒓𝒌𝒆𝒌𝒂𝒏𝒈 𝒍𝒂𝒈𝒊 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂. 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒖𝒌𝒂 𝒎𝒆𝒍𝒊𝒉𝒂𝒕 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒃𝒆𝒃𝒂𝒔, 𝒌𝒂𝒓𝒏𝒂 𝒌𝒂𝒍𝒂𝒖 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒔𝒂𝒎𝒂 𝒑𝒂𝒑𝒂, 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒉 𝒃𝒆𝒃𝒂𝒔 𝒎𝒆𝒍𝒂𝒌𝒖𝒌𝒂𝒏 𝒂𝒑𝒂 𝒑𝒖𝒏. 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒅𝒊𝒉 𝒎𝒆𝒍𝒊𝒉𝒂𝒕𝒏𝒚𝒂, 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒉𝒂𝒏𝒚𝒂 𝒑𝒆𝒓𝒈𝒊 𝒌𝒆𝒓𝒖𝒎𝒂𝒉 𝒕𝒆𝒎𝒂𝒏𝒏𝒚𝒂 𝒔𝒂𝒋𝒂 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒃𝒐𝒍𝒆𝒉 𝒔𝒂𝒎𝒂 𝒑𝒂𝒑𝒂. 𝑨𝒔𝒂𝒍 𝒎𝒂𝒎𝒂 𝒃𝒂𝒉𝒂𝒈𝒊𝒂 𝒅𝒂𝒏 𝒕𝒊𝒅𝒂𝒌 𝒔𝒆𝒅𝒊𝒉 𝒍𝒂𝒈𝒊.
KAMU SEDANG MEMBACA
𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫 𝐜𝐨𝐫𝐞𝐭𝐚𝐧 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩
Historia Corta𝐂𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐢𝐧𝐢 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐟𝐨𝐤𝐮𝐬 𝐤𝐚𝐧 𝐨𝐥𝐞𝐡 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐭𝐢𝐭𝐢𝐤 𝐬𝐚𝐣𝐚. 𝐀𝐝𝐚 𝐛𝐞𝐛𝐞𝐫𝐚𝐩𝐚 𝐜𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐮𝐫𝐮𝐭. 𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩𝐢 𝐬𝐞𝐭𝐢𝐚𝐩 𝐜𝐞𝐫𝐢𝐭𝐚 𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐝𝐞𝐭𝐚𝐢𝐥 𝐤𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐩𝐞𝐫𝐭𝐢 �...