Poetree Malu

2 2 0
                                    

No. Id Card: M056
Nama Lengkap: Poetree Malu
Titimangsa: Boyolali, 2 Juni 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi prosais?

Puisi prosais adalah puisi yang berbentuk paragraf.

2. Mengapa puisi prosais sulit dibedakan dengan prosa?

Puisi prosais sulit dibedakan dengan prosa karena bentuknya yang sama seperti prosa.

3. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri yang terdapat dalam puisi prosais!

Ciri-ciri yang terdapat dalam puisi prosais, yaitu:
a. Berbentuk paragraf, bukan larik seperti puisi pada umumnya, sehingga sulit dibedakan dengan prosa.
b. Tidak terdapat penokohan dan alur/plot seperti prosa.

3. Buatlah puisi prosais bertema angin
Minimal 2 paragraf, maksimal terserah kalian deh

Tentang Angin

Suatu ketika, angin datang tiba-tiba, mengagetkanku. Ia menyentuh kulit-pakaianku tanpa permisi. Berkali-kali, seperti tak punya rasa bersalah. Memang jahil, tapi takapa, tak perlu mengusirnya. Bahkan aku menyukainya, menyukai ketahuannya akan kesepianku.

Suatu ketika, angin memporakporandakan tempat tinggal saudaraku. Rumah rusak, pohon tumbang, halaman kotor; seperti tingkah bocah. Ia datang lagi 'tuk kembali mengacaukan, bukan minta maaf. Takapa, tak perlu marah, ini ujian, ia hanya mematuhi perintah-Nya.

Suatu ketika, aku menunggu sang angin. Sayang, ia tak lekas datang. Pergi ke mana? Ada apa? Kenapa firasatku jadi takenak? Bagaimana kalau ia ... au! Aku terjatuh dari tempat tidur. Sakit, tapi tak sebanding dengan sejuknya angin yang datang dari jendela.

Boyolali, 2 Juni 2022

Karya Keluarga SLR Part 35Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang