Erviana Dwi Aksari

0 0 0
                                    

No. Id Card: M004
Nama Lengkap: Erviana Dwi Aksari
Titimangsa: Yogyakarta, 3 Juni 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi prosais?
=> Puisi prosais merupakan puisi yang ditulis tidak dalam format larik atau baris, melainkan ditulis dengan format paragraf laiknya pada sebuah karya prosa.

2. Mengapa puisi prosais sulit dibedakan dengan prosa?
=> Puisi prosais sulit untuk dibedakan dengan prosa karena mengingat bentuknya yang begitu mirip. Namun, sebetulnya keduanya bisa dibedakan secara sederhana, di mana perbedaan antara kedua karya sastra itu bisa dilihat dari dua aspek, yaitu penokohan dan juga alur/plot cerita.

Pada puisi prosa, kehadiran tokoh dan juga alur sama sekali tidak ada di dalam karya sastra ini. Sementara itu, karya prosa seperti cerpen dan novel justru mempunyai kedua aspek tersebut dan malah menjadikan keduanya sebagai aspek utama dalam pembentukan suatu prosa.

3. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri yang terdapat dalam puisi prosais!
=> 1. Mengisahkan cerita secara padat, padu, dan indah namun tetap melalui pilihan kata, larik, rima dan ritme.
2. Berbentuk paragraf. Selain sebagai pembeda dari puisi-puisi lain, ini juga sekaligus menjadi ciri khas dari Puisi Prosais.
3. Argumen puisi prosais bergenre puisi.

3. Buatlah puisi prosais bertema angin
Minimal 2 paragraf, maksimal terserah kalian deh

Tentang Rasa
Oleh : Erviana Dwi Aksari

Cahaya rembulan seraya menemani malamku hari ini. Dalam malam kusembunyikan rasa rindu. Berharap dengan perantara angin yang lembut rinduku akan tersampaikan. Engkau entah berada di mana. Rasa gelisah dan gundah mulai berkecambuk.

Namun, kusadari rindu ini hanya sebatas rasa. Rasa yang pernah ada. Kau adalah akhir dari perjalanan tanpa ujung. Kini kau telah jauh, hanya harap, hanya cemas. Kubiarkan berlalu dan jika saatnya telah tiba aku akan melupakan rasa ini.

Yogyakarta, 3 Juni 2022

Karya Keluarga SLR Part 35Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang