Iyan

0 0 0
                                    

No. Id Card: M030
Nama Lengkap: Iyan
Titimangsa: 3 Juni 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi prosais?
= Puisi prosais adalah jenis puisi dengan teknik penulisan menggunakan paragraf per paragraf, objeknya pun, tidak jelas diketahui. Penokohan dan juga alur cerita menjadi pembeda dalam puisi prosais.

2. Mengapa puisi prosais sulit dibedakan dengan prosa?
= Bentuk mereka mirip. Namun sebenarnya bisa dibedakan secara sederhana,  yaitu di lihat dari penokohan dan alur/plot cerita.

Pada puisi prosa, kehadiran tokoh dan juga alur sama sekali tidak ada di dalam karya sastra ini. Sementara, karya prosa seperti cerpen dan novel justru mempunyai kedua aspek tersebut dan malah menjadikan keduanya sebagai aspek utama dalam pembentukan suatu prosa.

3. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri yang terdapat dalam puisi prosais!
= 💡 Mengisahkan cerita secara padat, padu, dan indah namun tetap melalui pilihan kata, larik, rima dan ritme.

💡 Berbentuk paragraf. Selain sebagai pembeda dari puisi-puisi lain, ini juga sekaligus menjadi ciri khas dari Puisi Prosais.

💡 Argumen untuk puisi prosais menekankan perhatian yang tinggi terhadap bahasa dan penggunaan yang menonjol dari metafora.

4. Buatlah puisi prosais bertema angin
Minimal 2 paragraf, maksimal terserah kalian deh
= Jauh di Dalam Kegelapan

Dimana mentari menyiram bumi. Di sana Ia bisa merasa hangat. Tapi, Ia adalah mereka yang mencintai malam. Dan mentari tak sekali pun keberatan. Ia tetap meneranginya sebagai bulan. Janganlah Ia berlama mencintai malam. Mentari takut kegelapan akan melahapnya kelak.

Bisakah kita memanggil angin? Disaat panas, disaat dingin, disaat sendiri, angin bertiup, memberi tahu kalau dia selalu ada di sini. Angin yang memberi bantuan harus atas kebebasan. Angin berhembus lembut menemanimu dalam perjalanan. Dan angin yang ganas menghancurkan segala di depan mata. Lalu apa jadinya angin yang terkurung?

Jauh di kedalaman yang gelap. Di mana bahkan cahaya tak dapat meraih. Di mana angin yang selalu bebas tak bisa bergerak. Di mana mimpi terburuk tak berhenti berteriak di telinga. Masihkah Ia mencintai malam setelahnya? Saat tahu kebenaran, tawaran Mentari untuk hidup selamanya di siang hari sangat menggiurkan bukan?

Karya Keluarga SLR Part 35Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang