Alkisah, di dalam keheningan malam. Seorang laki-laki remaja mencari penjelasan tentang apa itu cinta. Ia termenung dengan cinta yang ia temukan. Ia tak mengerti apa makna cinta yang sebenarnya, yang membuatnya semakin larut dalam lautan cinta.
Di dalam sunyinya malam, ia memandang langit dari balik jendela rumahnya. Terlihat untaian bintang "bergandengan" satu dengan yang lainnya. Melihat banyaknya gugusan bintang, ia langsung bergegas pergi ke lapangan yang tak jauh dari rumahnya agar bisa melihat bintang dengan jelas. Sesampainya di lapangan, ia duduk di tepi lapangan. Di dalam gulitanya malam, gelapnya lapangan, dan diiringi dinginnya angin malam, ia memandang langit dengan penuh kagum akan keindahan bintang-bintang itu.
Seraya memandangi bintang, ia kembali termenung dengan "misteri cinta" yang ia cari. Ia kembali teringat kejadian tahun lalu, tahun pertamanya jatuh cinta. Laki-laki "introvert" itu jatuh cinta kepada seorang wanita jelita di kelasnya. Pada awalnya ia tak peduli dengan perasaannya kepada wanita itu. Namun, semakin lama ia menahan perasaannya justru semakin besar pula perasaannya pada wanita itu. Akhirnya, ia memutuskan untuk diam dan menjalani hidup bersama "pujaan hati"nya layaknya teman biasa.
Hari demi hari, hubungan mereka semakin dekat. Di sekolah pun mereka terlihat sangat dekat. Seakan-akan dunia ini milik mereka berdua, mereka sering bersenda gurau, canda tawa, bahkan beradu "gombal" pun tak jarang mereka lakukan. Namun, kini wanita yang ia cintai itu tiba-tiba senyap padanya, seakan-akan asing pada dirinya. Kini mereka tak lagi seperti biasanya. Canda tawa, senda gurau yang telah mereka lewati sirna begitu saja. Beberapa hari pun berlalu, ia melihat wanita yang selama ini ia cintai itu bersama laki-laki lain. Mereka bergandengan tangan dan terlihat sangat dekat layaknya sepasang kekasih. Ia tertampar dengan apa yang ia lihat. Ia tertampar dengan perasaan cinta yang selama ini ia tahan. "Andai saja aku menyatakan perasaanku padanya, apa yang akan terjadi..."
Beberapa rasi bintang dan gugusan bintang-bintang telah tertutup awan. Ia lekas pulang dengan perasaan yang semakin bingung, isi pikirannya hanyalah cinta. Ia semakin bertanya-tanya dalam hatinya. Apa itu cinta? Apakah cinta yang sebenarnya itu?
12/7/22 00:33 wib
KAMU SEDANG MEMBACA
Lalu Yang Berlalu Lalang
RomanceSebuah kisah yang menceritakan rasa penasaran penulis pada kata "cinta". Ia terus termenung dengan kata itu hingga berlalu lalang di dalam pikirannya. Dari saat itu, ia terus mencari hakikat dari cinta. Semoga berkenan.