1. The Cat's Elopement

22 2 0
                                    

[Dari Japanische Marchen und Sagen, von David Brauns (Leipzig: Wilhelm Friedrich).]

Dahulu kala hiduplah seekor kucing dengan kecantikan yang luar biasa, dengan kulit yang lembut dan bersinar seperti sutra, dan mata hijau yang bijaksana, yang dapat melihat bahkan dalam kegelapan. Namanya Gon, dan dia milik seorang guru musik, yang sangat menyayangi dan bangga padanya sehingga dia tidak akan berpisah dengannya untuk apa pun di dunia ini.

Tidak jauh dari rumah sang guru musik, tinggal seorang wanita yang memiliki kucing kecil yang paling cantik bernama Koma. Dia adalah kesayangan kecil semuanya, ia mengedipkan matanya begitu anggun, makan malamnya begitu rapi, dan ketika dia selesai, dia menjilat hidung merah mudanya dengan lembut menggunakan lidah kecilnya, sehingga majikannya tidak pernah lelah berkata, 'Koma , Koma, apa yang harus kulakukan tanpamu?'

Suatu hari keduanya bertemu ketika keluar untuk jalan-jalan sore. Mereka bertemu di bawah pohon ceri. Dan mereka jatuh cinta satu sama lain. Gon sudah lama merasa bahwa sudah waktunya baginya untuk menemukan seorang istri, karena semua wanita di lingkungan itu sangat memperhatikannya sehingga membuatnya sangat malu; tapi dia tidak mudah untuk ditaklukan, dan ia juga tidak peduli tentang mereka. Sekarang, sebelum dia sempat berpikir, Cupid telah menjeratnya dengan jaringnya, dan dia dipenuhi dengan cinta kepada Koma. Koma sepenuhnya membalas perasaan Gon, tetapi, seperti seorang wanita, dia melihat kesulitan di sini, dan dengan sedih berdiskusi dengan Gon tentang cara mengatasinya. Gon memohon tuannya untuk memperbaiki keadaan dengan membeli Koma, tetapi majikannya tidak mau berpisah darinya. Kemudian sang guru musik diminta untuk menjual Gon kepada wanita itu, tetapi dia menolak untuk mendengarkan saran seperti itu, jadi semuanya tetap seperti sebelumnya.

Akhirnya cinta pasangan itu tumbuh sedemikian rupa sehingga mereka bertekad untuk menyenangkan diri mereka sendiri, dan untuk mencari peruntungan bersama. Jadi suatu malam bulan purnama, mereka mencuri celah, dan berkelana ke dunia yang tidak dikenal. Sepanjang hari mereka berjalan dengan berani di bawah sinar matahari, sampai mereka telah meninggalkan rumah mereka jauh di belakang mereka, dan menjelang malam mereka menemukan diri mereka di sebuah taman besar. Para pengembara pada saat itu sangat kepanasan dan kelelahan, dan rerumputan tampak sangat lembut dan mengundang, dan pepohonan memberikan bayangan yang sejuk, ketika tiba-tiba seekor ogre muncul di saat menyenangkan ini, dalam bentuk seekor anjing yang besar! Dia datang melompat ke arah mereka, menunjukkan semua giginya, Koma pun menjerit, dan bergegas ke pohon ceri. Gon, berdiri dengan berani, dan bersiap untuk berperang, karena dia merasa bahwa mata Koma tertuju padanya, ia sadar bahwa dia tidak boleh melarikan diri. Tapi, sayang, keberaniannya tidak akan berguna baginya jika musuhnya pernah menyentuhnya, karena dia besar dan kuat, dan sangat ganas. Dari tempat bertenggernya di pohon, Koma melihat semuanya, kucing kecil itu berteriak sekuat tenaga, berharap ada yang mendengar, dan datang membantu. Untungnya, seorang pelayan putri pemilik taman sedang lewat, dan dia mengusir anjing itu, ia mengambil Gon yang gemetar di tangannya, membawanya ke majikannya.

Jadi, Koma kecil yang malang ditinggalkan sendirian, sementara Gon dibawa pergi dengan penuh masalah, tidak tahu apa yang harus dilakukan. Bahkan perhatian yang diberikan oleh sang putri kepadanya, yang senang dengan kecantikan dan penampilannya yang cantik, tidak menghiburnya, tetapi tidak ada gunanya melawan takdir, dia hanya bisa menunggu dan melihat apa yang akan terjadi.

Sang putri, nyonya baru Gon, sangat baik sehingga semua orang mencintainya, dan dia akan menjalani kehidupan yang bahagia, jika bukan karena seekor ular yang telah jatuh cinta padanya, dan terus-menerus mengganggunya dengan kehadirannya. Pelayannya mendapat perintah untuk mengusirnya sesering dia muncul; tetapi karena mereka ceroboh, dan ular itu sangat licik, kadang-kadang terjadi bahwa dia bisa menyelinap melewati mereka, dan untuk menakut-nakuti sang putri dengan muncul di hadapannya. Suatu hari, sang putri sedang duduk di kamarnya, memainkan alat musik favoritnya, ketika dia merasakan sesuatu meluncur di selempangnya, dan melihat musuhnya sedang berjalan untuk mencium pipinya. Dia menjerit dan melemparkan dirinya ke belakang, dan Gon, yang telah meringkuk di atas bangku di kakinya, memahami kengeriannya, dan dengan satu ikatan menangkap ular itu di lehernya. Dia memberinya satu gigitan dan satu goyangan, dan melemparkannya ke tanah, di mana dia berbaring, tidak pernah membuat sang putri khawatir lagi. Kemudian dia memeluk Gon, memuji dan membelainya. Gon melihat bahwa dia memiliki makanan yang paling enak untuk dimakan, dan tikar paling lembut untuk berbaring; dan dia tidak akan memiliki apa pun di dunia ini untuk diharapkan jika saja dia bisa melihat Koma lagi.

Waktu berlalu, dan suatu pagi Gon berbaring di depan pintu rumah, berjemur di bawah sinar matahari. Dia memandang dengan malas ke dunia yang terbentang di depannya, dan melihat di kejauhan seekor kucing bajingan besar sedang menggoda dan menganiaya anak kecil. Dia melompat, penuh amarah, dan mengusir kucing besar itu, dan kemudian dia berbalik untuk menghibur si kecil, ketika hatinya hampir meledak dengan sukacita untuk menemukan bahwa itu adalah Koma. Pada awalnya Koma tidak mengenalnya lagi, dia telah tumbuh begitu besar dan megah; tetapi ketika dia sadar siapa itu, kebahagiaannya tahu tidak ada batas. Dan mereka menggosok kepala dan hidung mereka lagi dan lagi, sementara dengkuran mereka mungkin terdengar sejauh satu mil.

Mereka muncul di hadapan sang putri, dan menceritakan kisah hidup mereka dan kesedihannya. Sang putri menangis karena simpati, dan berjanji bahwa mereka tidak akan pernah berpisah lagi, tetapi harus hidup bersamanya sampai akhir hayat mereka. Sang putri sendiri menikah, dan membawa seorang pangeran untuk tinggal di istana di taman. Dan dia menceritakan semua tentang kedua kucingnya, betapa beraninya Gon, dan bagaimana dia membebaskannya dari musuhnya, si ular.

Dan ketika sang pangeran mendengar, dia bersumpah mereka tidak boleh meninggalkan mereka, tetapi harus pergi bersama sang putri ke mana pun dia pergi. Jadi semuanya terjadi seperti yang diinginkan sang putri; Gon dan Koma memiliki banyak anak, begitu pula sang putri, dan mereka semua bermain bersama, dan berteman sampai akhir hayat.

[27 Juli 2022,]

The Pink Fairy BookTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang