Segala usaha dan kemampuan di kerahkan semaksimal mungkin untuk mencari mereka yang terdiam di bawah sana.
Berbagai upaya dikerahkan pemerintah beserta bala bantuan dari luar ikut membantu dalam proses pencarian.
Masih ada secerca harapan yang diberikan keluarga kepada mereka yang masih dinyatakan hilang.
Sama seperti Aileen.
Gadis itu masih menunggu,
Dengan setia menunggu sang tunangan untuk kembali kepadanya.
Ia selalu memantau setiap informasi terbaru mengenai hasil pencarian kapal selam itu,bahkan rela langsung pergi ke pelabuhan Bali agar dapat melihat perkembangan dari upaya pencarian.
Dengan harapan yang digenggam Aileen.
Sagara kembali.
Sagara pulang.
Dan,Sagara menepati janjinya.
"Pulanglah,aku merindukanmu"
**
Waktu berjalan begitu cepat
Dan hari ini adalah hari dimana cadangan oksigen yang tersisa di dalam kapal selam habis.Hanya tersisa 4 jam dan cadangan oksigen di dalam kapal selam dinyatakan habis.
Berbagai upaya pencarian yang dilakukan dan tim pemantauan udara menemukan tumpahan minyak disekitar lokasi yang di duga menjadi titik KRI Yudhistira hilang.
Salah satu kapal selam yang terjun kedalam pencarian KRI Yudhistira hilang menemukan kemagnetan tinggi di suatu titik pada kedalaman 50-100 M.
Dari hasil pencarian,di dapati juga puing-puing yang diduga berasal dari badan kapal selam tersebut yang ditemukan sejauh 10 mil di dasar laut dari titik kontak terakhir dari KRI Yudhistira.
Dan dapat disimpulkan bahwa,
Kapal selam KRI Yudhistira 402 dinyatakan tenggelam bersama para awak kapal didalamnya.
**
Dimana kau berada?
Apakah aku masih bisa menaruh harapan bahwa kamu akan kembali?
Aku sangat merindukanmu.
Aku merindukan suaramu
Aku merindukan senyumanmu
Aku merindukan tawamu
Aku merindukan semua,ya semua yang berada dalam dirimu.
Aku senantiasa menunggumu
Menunggu kepastian yang tidak berujung ini.
Mendengar semua realita yang terjadi menjadikan tamparan keras bagi batinku.
Kenapa kau meninggalkan aku?
Apakah ini adalah akhirnya?
Jika ini adalah akhir dari kisah kita,izinkan aku memelukmu untuk terakhir kalinya
**
Hembusan angin laut menerpa wajah sang gadis yang berdiri di atas kapal.Netra sayu sang gadis menatap lautan biru yang luas seperti tidak berujung.
Sebulir air mata mengalir dan membasahi pipinya.Dengan cepat ia mengusap tetesan air mata itu. Namun air matanya kembali berjatuhan dan iringi isakan pilu dari sang gadis.
Aileen membekap mulutnya,mencoba untuk merendamkan suara tangisnya yang semakin membesar.
Namun sepertinya,ia sudah tidak bisa mengendalikan dirinya lagi.
Ia pun menumpahkan semua.
Menumpahkan semua rasa sakit yang bersarang di hatinya.
Sesak...ini sangat sesak.
Tungkai kakinya perlahan melemah dan menekuk menyentuh lantai kapal.
Ia tidak dapat menerima kenyataan bahwa sang tunangan tidak akan kembali bersamanya.
Sebanyak 50 prajurit tni dinyatakan gugur dalam tragedi ini.
Dan nasib para awak kapal tidak bisa dipastikan keberadaan mereka.
Pemerintah memutuskan untuk menghentikan proses pencarian jenazah para awak kapal karena hasil pencarian menyatakan bahwa badan kapal KRI Yudhistira di temukan terbelah di kedalaman 838 meter.
Tim pencari hanya menemukan berbagai serpihan badan kapal,barang-barang milik para prajurit,serta peralatan kapal selam.
Dan mereka belum bisa menemukan keberadaan jasad para prajurit.
Pernyataan yang disampaikan oleh sang Laksamana langsung menghantam batin Aileen.
Dan pada akhirnya,Aileen tidak bisa memeluk sang tunangan untuk terakhir kalinya.
Dengan tangan yang gemetar Aileen bangkit dari tempatnya.
Ia melangkah pelan menuju pagar pembatas kapal dan mulai menaburkan bunga sebagai penghormatan terakhir untuk para prajurit.
Ia menatap banyaknya kelopak bunga yang mulai terbawa arus ombak laut.
"Tolong sampaikan rinduku untuknya yang telah menyatu dengan lautan"
**
Aileen mendekapnya bingkai foto sang tunangan.
Didalamnya Sagara nampak gagah dengan seragam loreng kebanggaanya yang menambah kesan berwibawa dari dalam diri sang pria.
Sebagai penghormatan terakhirnya untuk sang tunangan yang pergi dan takkan lagi kembali.
Seluruh kekuarga korban meletakkan foto para prajurit KRI Arjani di depan sebuah monumen untuk mengenang jasa dan perjuangan mereka.
Para prajurit yang dijuluki Pengawal laut yg setia dan perkasa.
Setelah masa tugasnya,KRI Yudhistira melakukan pratroli untuk selamanya dalam keabadian On enternal patrol bersama 50 prajurit terbaiknya.
Acara penghormatan terakhir yang dipimpin langsung oleh Laksamana TNI berlangsung dengan khimat.
Dengan perlahan Aileen berjalan dengan seikat bunga edelwis menuju ke depan monumen kapal selam itu.
Ia meletakkannya di depan foto Sagara dengan selembar kertas yang berada di antara tangkai bunga itu.
"Aku akan terus mencintaimu di setiap pelayaranmu, sang penjaga lautan pertiwi"
**
Mereka tidak hilang
Mereka juga tidak tenggelam
Mereka hanya sedang berpatroli selamanya di dalam keabadianEND
KAMU SEDANG MEMBACA
Sang Penjaga Lautan
General FictionGadis itu hanya diam,bahkan berusaha menghindari tatapan tajam dari sang perwira yang menusuk netranya. "Akan kubuktikan bahwa saya adalah orang yang tepat untuk memulai kisah baru yang akan kita tulis bersama,dan akan terus bersamamu sampai Tuhan m...