Tata mungkin bukan maniak kebersihan, dia bersihin rumah juga karena nambah aktivitas, dari pada dia gabut lebih awal sebelum jam 10-an mau masak.
Tapi, bukan berarti bersih-bersih tuh bakal makan waktu tiga jam dan ga bersudahan.
Semua orang udah pergi, termasuk Jimi yang nyium pipi Tata cepet sebelum ke motornya sendiri.
Gak tau kenapa tapi Tata rasa Jimi ini mirip dia, suka skinship dan gak masalah mau mereka bales-bales pelak peluk.
Hal itu ga luput dari tatepan aneh temen-temennya yang lain, kecuali Haidar yang ga pulang, latihan tugas praktek dan bakal pulang sore ini, pantes aja yang bawa belanjaan kemarin itu Yugo.
Omong-omong tentang Yugo, Tata ga liat Yugo sama sekali, entah dia udah pergi atau belum.
Yugo keliling rumah pun dia ga sadar karena sangking sunyinya pergerakannya.
Setelah Tata cerita sama Jimi tentang teman pucatnya, Jimi cuma ngakak terus ngangguk sambil ngomong, "Kak Yugo tuh baik. Perhatian. Cuma kalo katanya ga penting ga terlalu dihiraunya. Gak papa, dia tuh ga masalah lo nginep sini setahun pun, asalkan ga ganggu dia."
Denger itu buat Tata ngerasa buruk karena udah sok kenal sok deket pake acara teriak selamat datang ke Yugo dan malah dikasih dentuman besar pintu.
Tata apus pikirannya, karena sekarang dia lagi jongkok di samping mesin cuci yang hidup, ngegiling baju-baju bau dan pastinya kotor yang berserakan di seluruh rumah.
Tata mungutinnya dari pager tangga lantai atas, gantungan di dinding tangga, ada juga yang di samping pintu depan, jatuh-jatuhan di bawah sofa juga. Pokoknya nyebar.
Tata juga dapet izin buat keluar masuk kamar Jimi, jadi dia juga mungutin 4 baju kotor di bawah ranjang, juga digantungan belakang pintu.
Jimi orangnya wangi, jadi gak terlalu kecium bau keringetnya.
Kebanyakan dari baju-baju kaos, dua jaket kulit, beberapa celana jeans gede, ada juga jaket parasut warna-warni.
Mungkin bakal lebih banyak lagi kalo Tata masuk ke kamar-kamar lainnya, tapi ga mungkin, bisa-bisa dia langsung diusir beneran.
Tata juga ga berani masuk kamar Haidar karena belum dapet omongan kalo dia boleh kesana, mau izin juga ga enak, ngerasa ga sopan.
Peluh keringatnya netes, ngegenggam sikat tangan, hela nafas lelah karena lumut di lantai ini susah banget diilangin.
Dia beranjak, dan narok sikat itu di ember penuh sabun, terus menuju mesin cuci yang gilingannya udah mati, Tata ngeluarin baju-baju yang juga masih berbusa, terus satu persatu di bilas sebelum di susun rami numpuk ke atas di dalem mesin pengering.
Tata masukin jaringnya supaya pas muter baju-baju itu ga terbang masuk ke dalem mesin, terus neken penutupnya sebelum muter tombol timer.
Pas udah muter ke limit terlama (5 detik), bukannya Tata bisa langsung lanjut nyikat, mesin pengering malah ngamuk, puterannya numbur dinding mesin yang ngebuat Tata lekas narik penutup, muter timer ke angkat 0, dan mesin berenti.
"Aduh." dia ngeringis.
Tumpukan bajunya pasti ga rata, jadi Tata ngulurin tangan buat nata ulang baju-baju itu. Dia ulang kegiatannya sampe pas mesin kembali muter, ga ngamuk lagi, dan mengeringkan dengan sempurna.
Hela nafas lega, ngerasa salah juga dia dari lagi ngehela nafas terus. Baru pertama kali dia kerja keras di rumah lebih dari batesan dia di rumahnya sendiri.
Tata balik lagi nyikat lantai, agak puas juga setelah nyiram pake air, noda bandelnya udah agak ilang, walaupun masih berbekat, besok aja dia mau lanjutin nyikat, sekarang udah cape banget, jam juga udah nunjuk setengah 10.
KAMU SEDANG MEMBACA
Anak Sulung
Teen Fiction[Buku ke delapan publish] Pemuda itu tak pernah keluar rumah sejak dia lahir. 02 Juli 2022 Bts brothership Vijocom