Besoknya, keluarga Taó langsung dateng ke kediaman keluarga Sully. Orang tuanya langsung minta maaf ke Jake sama Neytiri begitu tau tentang kelakuan anaknya kemarin.
"Semuanya terserah Lo'ak, minta maaf langsung aja sama dia," ucap Jake, berusaha sesopan mungkin padahal dalem hati pengin mukul.
Neytiri juga cuma ngeliatin sinis banget, mungkin kalau bukan karena dia istri Olo'eyktan udah dia cekek si bocah Taó Taó itu.
Ayah Taó terus langsung nyeret anaknya ke ruang healer, ke hadapan Lo'ak. Lo'ak yang denger ada suara dari arah pintu langsung nengok, ngangkat alisnya begitu ngeliat siapa yang datang.
"Minta maaf," kata ayahnya Taó sambil dorong-dorong Taó ke hadapan Lo'ak. Pas udah sampe di hadapan Lo'ak, ayahnya langsung maksa Taó berlutut.
Lo'ak ngeliatin doang tanpa ekspresi.
"Maafin gue," ucap Taó, tapi nadanya terpaksa jadi ayahnya langsung mukul kepalanya pelan.
"Yang bener," kata ayahnya.
"Lo'ak maafin gue kemarin, gue salah," ulang Taó.
Lo'ak masih ngeliatin doang sebelum akhirnya bangun dan ngelewatin mereka. "Pergi lo," katanya, sengaja ga ngelirik sedikitpun terus keluar dari ruangan.
Lo'ak langsung pergi ninggalin rumah soalnya ga mau ngeliat muka tuh orang lagi, mau dia sampe sujud dan ngesot-ngesot juga Lo'ak ga bisa maafin semudah itu.
Jake sama Neytiri juga ga bisa maksa anaknya, akhirnya disuruh pulang aja mereka.
Lo'ak sebenernya juga ga lagi pengin kemana-mana, jadinya dia cuma duduk di pondok sebelah rumah. Seenggaknya ga perlu liat muka si anak bangsat dan sekeluarga.
Gak lama setelah itu Aei'ra datang nyamperin Lo'ak. Habis dikabarin sama No'ah pas tadi ga sengaja ketemu di jalan cewek itu langsung buru-buru mau nengokin temennya.
Sebenernya konflik antara Lo'ak sama anak-anak itu emang udah lama, tapi Aei'ra pun gak nyangka kalau mereka bakalan bergerak sampe sejauh itu.
Cewek itu nyamperin Lo'ak yang lagi duduk, baru aja Lo'ak mau nyapa hai gitu tau-tau kepalanya malah digeplak sama Aei'ra. "Lu kapan si stop jadi tolol," ucap Aei'ra, terus lanjut ngomel dan nabokin pelan. "Udah tau bocahnya gitu masih aja diladenin."
Lo'ak ngehindarin tabokan-tabokan temen ceweknya itu sambil ngetawain diri sendiri dalem hati. "Iya, iya, maaf namanya juga lagi cari validasi," ujar Lo'ak.
Aei'ra ngehentiin serangannya, terus naruh dua tangannya di pundak Lo'ak. "Lo ga butuh validasi dari bocah macem begitu njer. Temen-temen lo yang bener kan juga banyak, ada gue, ada No'ah," kata Aei'ra.
Aei'ra terus pindah posisi jadi sekarang duduk di samping Lo'ak, terus Lo'ak ngeliatin. "Naksir gue ya lu?" tanya Lo'ak.
Cewek itu cuma ngasih tatapan yang seakan-akan bilang DIH.
"Lo keliatan peduli banget gitu ga mungkin sih gak naksir," kata Lo'ak ngeledekin dan berbuah satu geplakan lagi di punggungnya.
"Pede banget lo anjingg."
Lo'ak ketawa pelan, tapi ngeledek lagi. "Jujur aja gapapa, kok."
Aei'ra kemudian diem dan narik napas panjang, naruh satu tangannya di pundak Lo'ak. "Lo'ak, sejujurnya gue..." ucap cewek itu, pending bentar.
Lo'ak ngeliatin serius, padahal dia awalnya cuma bercanda. Jadi ngerasa ga enak kalau ternyata Aei'ra bener naksir dia ya kan soalnya Lo'ak belum bisa bales, tapi gamau awkward juga sama cewek ini.
Aei'ra masih belum lanjutin omongannya, jadi mereka berdua cuma tatap-tatapan. Karena dirasa suasananya udah terlalu diem barulah Aei'ra ngomong. "Gue... naksir bapak lo."
KAMU SEDANG MEMBACA
Keeping Up With The Sullys
Fanfiction"Sullys stick together." That's our greatest weakness but also our greatest strength. written in bahasa indonesia, 2023.