Apa yang ada di pikiranmu ketika kamu udah menginjak usia 27 tahun?
Hidup mapan?
Banyak uang?
Nikah?
Punya anak?
Dulu Sakura juga mikir gitu. Sakura yang waktu itu masih berumur 5 tahun pernah berkata. "Kalau aku udah gede, aku pengen kerja sambil nongkrong di kafe. Ngotak-ngatik laptop sambil minum kopi."
Terus Sakura yang berumur 5 juga pernah mikir gini. "Wahhhh enak banget ya jadi orang gede. Semuanya bisa beli sendiri!" Sambil mandang berbinar ke orang-orang dewasa yang lalu lalang di depan kedai ayam goreng milik orang tuanya.
Nyatanya... ekspektasi gak seindah itu.
"Kapan nikah Ra?"
Itu adalah salah satu dari sekian hal yang berhasil meruntuhkan segala ekspektasi enak ya jadi orang gede versi Sakura.
"Hahaha. Iya bi. Masih nunggu calon." Balas Sakura dengan senyum yang dipaksain banget. Tentu aja sambil misuh dalam hati.
"Aduhhh. Jangan gitu dong. Udah 27 tahun loh. Cepetan nikah. Kamu gak mau kayak anak tante? Udah 2 loh gendong anak. Buruan nikah. Nanti kadaluwarsa lohhh...." Tambah si ibu-ibu tetangga lagi yang sukses buat inner Sakura mencak-mencak.
"BODO AMATTTT!!! SHANNAROOO!" Gitu dia teriak.
"Hehe. Iya bibi." Tapi apa daya? Stok sabar Sakura tersetel begitu aja.
"Mau dikenalin sama kenalannya bibi gak? Mapan lohhh pegawai negeri sipil. Nanti bibi kenalin ya. Bibi mau arisan dulu. Eh Mebuki-san. Pamit ya. Ini ayamnya udah ditungguin. Dadahhh...." Sambil lambai-lambaiin tangan, Sakura langsung selebrasi dalam hati. Kalau kata Sakura mah, mending gak usah datang aja si bibi tetangganya itu. Tiap ketemu bahasannya nikahhhh mulu. Ampe bosen Sakura.
"Bu! Kalo dia dateng lagi, bisa gak aku sembunyi aja? Males banget!" Kata Sakura sambil ngelipet kardus take away. Meskipun dia lagi libur kerja, sebagai anak tunggal pemilik kedai ayam goreng 'Haruno', dia rela bangun lebih awal buat bantu-bantu di kedai. Eh! Malah datang ibu-ibu bikin males banget!
"Kamu juga. Sadar umur dong. Kamu anak tunggal keluarga Haruno. Apalagi yang kurang nak? Kerjaan udah oke. Gaji udah. PNS pula. Apalagi sih yang kamu tunggu? Ibu juga pengen gendong cucu." Sakura cengo. Gak disangka ibunya yang selama ini selalu dukung dia malah balik mojokin Sakura. Ikut-ikutan nyuruh Sakura nikah.
"Bu. Kok jadi gini sih?"
"Apa?! Kan bener! Kamu udah jadi guru. Hidupmu udah aman! Pasanganmu aja yang gak aman!" Balas Mebuki lagi sebelum Sakura bantah dia.
Memang bener bahwa Sakura hidupnya udah aman. Dia udah jadi guru di salah satu SD. Pekerjaan yang selalu dia impikan. PNS pula. Tunjangan hari tua dapat, gaji juga pas. Apalagi yang dia tunggu? Entahlah. Sakura juga gak tahu, yang jelas saat ini dia belum mikirin tentang pernikahan, pacaran, atau apalah itu!
Mungkin karena Sakura jomblo dari lahir? Makanya dia gak ada niat satupun ke hal-hal asmara? Entahlah. Sakura pun menguap dengan lebar sambil ngorek-ngorek kupingnya karena males dengerin Mebuki.
Udahlahh!
.....
Kalau ceritain kehidupan Sakura, sebenarnya gak ada yang spesial sih. Tiap hari bangun pagi, beresin rumah, bantuin Mebuki masak sarapan, makan bareng ayah ibunya, mandi, berangkat ke sekolah, ngajar, pulang, tidur, bantu-bantu ayah ibunya di kedai ayam goreng, terus tidur. Gitu aja terus gak ada variasi apapun di hidupnya. Bisa dibilang, hidup Sakura tuh monoton. Tapi dia seneng-seneng aja tuh.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tiba-Tiba Lamar
RomanceTahu gak sih sebelnya ketika ditanya "kapan nikah?" Haruno Sakura, gadis perawan umur 27 tahun sedang merasakannya saat ini. Tapi tiba-tiba.... "Kedatangan saya kesini, untuk melamar Haruno Sakura." Demi jidat lebar! Sakura kaget banget!!!! Dia haru...