5 bulan abis kejadian Jehan sama Samuel tatap-tatapan, Marvel sama Jhere mulai memasuki bulan-bulan ujian kelulusan. Ini artinya, Jhere jadi lebih sensitif.
Kalo Marvel? Ya Marvel mau ujian kelulusan ato engga, tetep sensitif aja. Apalagi kalo udah sama Samuel, rasanya pen jambak rambutnya.
Jadi..Marvel sama Jhere jadi lebih sering di kamar, buat fokus belajar. Samuel juga akhir-akhir ini agak ngurangin sifat jailnya ke Marvel.
Nah, hari ini, jam 6 sore, Jehan ngerjain tugas matematika nya susah mati. Rasanya pengen teriak aja, stres banget pikirannya. Belum lagi mau ngerjain proyek jumputannya sama lomba olimpiade Sains. Ya, Jehan sering banget ikut-ikut olimpiade begituan.
Herga sadar sama gerak-gerik Jehan yang dari tadi nidurin kepalanya di meja belajar sambil tangannya jadi tumpuan. Herga ga mau ganggu Jehan, itu Jehan nya lagi tidur. Jadi Herga kasih selimut aja supaya Jehan ga kedinginan.
Herga balik lagi ke kasurnya. Ngeliatin Jehan yang tidur. Herga tau kok rasanya jadi Jehan. Betapa tertekannya Jehan tinggal bareng anak-anak yang rusuh, berisik, apa-apa diributin. Herga aja kadangan pusing dengerin cocotan Devan sama Yodhya yang ga berhenti-berhenti. Kalo ga manggil Jhere ya mana berhenti.
Kalo dibayangin jadi Jehan mungkin Herga udah pindah kosan. Jehan udah terlanjur nyaman sama Herga, kalo mau pindah kosan sayang aja gitu.
Sempet dua kali kejadian sih si Jehan nangis ke Herga. Alesan nangisnya sama, tugas, kosan, tugas, kosan. Selalu dua itu. Jehan emang jarang nangis, tapi sekalinya nangis bikin orang jadi ga tegaan. Rasanya kayak hancur kalo liat Jehan nangis.
Kalo kita pindah ke sisi Marvel. Marvel daritadi mijit jidatnya mulu. Stres Marvel mikirin dia bakal lulus kampus impiannya atau ga. Belum lagi soal ujian kelulusannya yang susahnya minta ampun.
Marvel sebenernya pengen keluar rumah buat nyari angin, tapi ga jadi karena takutnya malah waktu belajarnya jadi ga cukup. Jhere juga sempet ngajak Marvel buat cari angin sebentar, cuman Marvel tolak.
Marvel lagi sibuk banget hari ini. Pintu kamarnya dikunci buat ngindari Samuel.
Besok ujian kelulusan dimulai, Makanya Marvel kepikiran terus. Ada banyak buku di meja belajar.
TOK TOK TOK
Pas lagi sunyi-sunyinya kamar Marvel, ada yang ngetuk pintu kamarnya. Ya terpaksa Marvel buka.
"Bang, itu si Jehan nangis" Kata Haikal sambil nunjuk ke lantai atas. Marvel kaget dong. Jarang-jarang si Jehan nangis.
Marvel sama Haikal langsung naik ke lantai dua. Langsung main buka aja pintu kamar Jehan.
Bener kok, si Jehan nangis. Si Herga juga lagi nenangin Jehan. Marvel deketin Jehan yang nangis sesenggukan "Han..Jehan kenapa?" Marvel sebisa mungkin buat nanya setenang mungkin "Her, Jehan kenapa?" Marvel gantian nanya ke Herga "Tugas, bang. Tadi gue kira si Jehan tidur, tapi tiba-tiba Jehan nangis sesenggukan" Jelas si Herga.
•••
Ujung-ujungnya Marvel tetep nyari angin sama Jehan. Mata Jehan masih agak sembab karena abis nangis tadi.
Jelas, dan jelas banget si Marvel kaget + bingung. Ga ada angin ga ada ujan si Haikal ngetuk pintu kamarnya terus bilang kalo si Jehan nangis. Pertama kali di hidupnya ngeliat si Jehan nangis. Rasanya ga tegaan liatnya.
Ya biasanya, Marvel cuman liat Devan ama Haikal aja yang nangis. Alesannya jelas, kangen sama orang tua.
Dibilang canggung sih iya. Jehan daitadi diem aja, dia cuman ngeliatin kakinya aja. Marvel mau mulai obrolan juga bingung mau bahas apa. Ga tau deh mau deskripsiin perasaan Marvel pas liat Jehan nangis tuh mau gimana lagi.
Marvel cuman bisa ngeliatin bulan aja. Tiba-tiba dada Marvel sesek, rasanya mau nangis aja. Ini bulan terberat buat Marvel, harus ngurusin ujian, tes masuk kampus, sama dia bakal cabut dari kosan karena bakalan kuliah.
Marvel rasanya ga pengen ngelepasin penghuni kosannya yang udah dia anggep adek sendiri. Apalagi sama Samuel, kalo ga ada Samuel kosan bakal sepi. Ga ada lagi tuh yang bakalan gangguin Marvel.
Seenggan itu pokoknya buat ninggalin kosan. Sama halnya kayak Jhere. Peran Jhere di kosan tuh sebagai sosok ibu di sana. Kalo Jhere cabut dari kosan, siapa lagi yang bakalan ngomel-ngomel tentang cucian piring banyak, belom lagi yang ngomelin Devan sama Yodhya.
Kalo si Marvel cabut, ga bakal ada lagi yang ngasih kata-kata bijak. Marvel sama Jhere seumuran, sistem sekolah mereka berdua juga sama, maka tanggal mereka berdua buat cabut dari kosan juga lumayan deket.
Satu-satunya cara supaya keadaan kosan tetep terkendali, ya Marvel harus kasih amanah ke salah satu penghuni. Antara Serega, Jean, sama Haikal.
"Bang" Panggil dari Jehan buat Marvel noleh "Lo bakal cabut dari kosan abis ujian ini?" Jehan ga natap Marvel, tapi Marvel cuman bisa senyum "Kemungkinan begitu, Han" Begitu Marvel ngomong begitu, Jehan langsung nengok "Jadi? Siapa lagi yang bakal kasih kata-kata bijak di kosan?" Itu kalimat terpanjang yang baru aja Jehan bilang "Antara Serega, Jean, atau ga Haikal. Lagipula ini hidup, Han. Ada pertemuan, maka ada perpisahan. Gue ga bisa sama kalian terus, gue juga harus kuliah, cari kerja, dan nikah".
"Kalo dibilang berat sih iya. Gue udah anggep kalian sebagai adek. Apalagi si Samuel, walaupun gue kadangan kesel sama dia, tapi malahan Samuel yang gue anggep bener-bener kayak adek" Lanjut Marvel "Bang, kalo gitu makasih ya buat semua kata-kata bijaknya" Marvel ngangguk atas kalimat Jehan. Hangat rasanya di hati. Jarang-jarang juga Jehan ngomong panjang begitu kan.
"Han, kalo gue udah cabut dari kosan, bisa ga lo penuhin permintaan gue?" Tanya Marvel ke Jehan yang sibuk mainin ujung jaketnya "Bisa ga nanti kalo gue udah cabut dari kosan, gue pengen lo buat lebih terbuka ke penghuni lain, Han. Tahun depan soalnya Herga udah lulus juga, jadi coba berbaur dengan penghuni seumuran lo juga".
🌙
KAMU SEDANG MEMBACA
xikers Tag
HumorSepuluh anak SMA ngekos di satu tempat, mungkin itu pilihan yang agak salah. Beberapa tetangga sempat merasa terganggu beberapa kali karena penghuni kosan yang berisik ini. Ibu kosnya udah negur berkali-kali, tapi sama aja. Istilahnya, masuk kuping...