◖8◗

157 29 0
                                    

Tepat setengah jam abis Marvel cabut dari kosan, Jehan sama Haikal keluar kosan. Dua orang itu mau nyari Marvel buat ngasih satu hal mereka lupain karena sibuk nangis.

Kotak yang isinya polaroid yang setiap harinya Serega ambil sebagai kenangan, gelang, sama sembilan surat dari anak-anak kosannya. Jehan sama Haikal tau kok Marvel mau pergi ke mana.

Marvel bakalan ngekos lagi di luar kota Jakarta, yaitu di Bandung, tempat tinggal keluarga Marvel alias asal Marvel sendiri. Jehan sama Haikal buru-buru ke stasiun kereta buat nyari Marvel sebelum Marvel keburu pergi duluan.

Jehan sama Haikal ngelewatin kerumunan orang pas liat Marvel yang duduk sambil dengerin musik. Marvel belum bener-bener masuk ke stasiun, Marvel masih harus nunggu.

"Bang!" Panggil Haikal yang lari bareng Jehan. Tapi Marvel belum nyadar sama keberadaan dua orang itu "Bang Marvel" Panggil kedua kali dari Haikal. Marvel langsung noleh ke sampingnya, matanya ngebulat seketika pas liat Jehan sama Haikal yang datengin dia sambil bawa kotak yang dihias cantik banget.

"Kalian ngapain ke sini?" Tanya Marvel yang bener-bener bingung. Haikal nyikut Jehan buat ngomong "Anu...ini kita mau ngasih bang Marvel kotak ini. Harusnya ngasihnya sebelum lo berangkat tadi, cuman kita lupa karena kita sibuk nangis. Kotak ini dibukanya pas udah sampe Bandung aja, ya".

Haikal langsung ngasih kotak itu pas banget abis Jehan selesai ngomong. Marvel cuman bisa senyum nanggepin perilaku manis mereka "Siap, gue buka pas gue udah sampe. Makasih ya".

•••

Sekosan langsung sepi pas Marvel udah cabut. Beda banget auranya. Jhere sekarang lagi sibuk packing baju-bajunya, ditemenin sama Devan yang lagi scroll Tik Tok.

Kepergian Marvel bener-bener bisa buat sekosan langsung diem ga mood buat becanda. Besok Jhere pergi, sosok ibu di kosan bakalan pergi besok. Ga tau deh, lagi kacau pikiran.

Jehan yang duduk di kursi meja belajarnya, dari tadi mikirin Jhere. Niatnya pengen ngalihin pikiran dengan belajar, buku aja kebuka, tapi pikiran engga buat belajar. Jehan ga bisa fokus belajar.

Herga, yang lagi ngepor di lantai kamar nge-scroll akun Twitternya. Nge-scroll aja, aslinya mah pikirannya ke Marvel sama Jhere. 

Kalo kita pindah ke sisi Marvel. Sekarang Marvel udah di dalem kereta, dari tadi ngeliatin jendela terus, ga bisa move on dari kosannya. Mikirin juga anak-anak kosan lagi pada ngapain. Grup kosan yang biasanya rame langsung jadi sepi. Biasanya rame setiap hari.

"Ma, kalo Marvel belajarnya ga fokus gimana?" Tanya Marvel dengan HP di telinganya.

"Maksud kamu apa, nak? Bukannya kalo di Bandung, deket keluarga, malah lebih fokus?" Marvel perlahan nggeleng denger kalimat mamanya "Masalahnya, ma. Marvel mikirin anak-anak kosan, ma. Marvel udah nganggep mereka adek-adek Marvel. Marvel juga kadangan mereka anggep sebagai ayah mereka" Jelas Marvel.

"Loh...ga boleh gitu.. Kamu ga kangen sama keluarga kamu?" Marvel ngelenguh dengernya "Bukan gitu, ma... Tadi anak-anak kosan pada nangis pas Marvel mau pergi. Marvel jadi ga tega ma" Marvel berusaha buat ngejelasin ke mamanya supaya ga salah paham sama perasaan Marvel.

"Ma, boleh ga Marvel kuliah di Jakarta aja? Tapi untuk hari ini, Marvel beneran pulang ke rumah"

•••

Dibilang sesek sih iya. Setengah jam tersisa sebelum Jhere juga ikutan cabut pulkam. Jhere bakal pulkam ke Palembang. Antara seneng sama sedih, Jhere bingung nanggepin perasaannya. Seneng bakalan ketemu keluarga, sedih bakal ninggalin anak-anak kosan.

Semua penghuni kosan pada ngumpul di ruang depan. Nunggu Jhere yang sibuk ngurusin barang-barangnya. Semua ekspresi mereka tegang, bahkan Jehan yang biasanya datar-datar aja, untuk kali ini mukanya tegang. Mereka ga siap buat ngadepin perubahan besar di kosan.

Jhere keluar dari kamarnya sambil bawa barang-barangnya. Feels-nya beda, Jhere yang ini agak murung. Kalo Jhere murung, ga bakalan ada yang berani ngomong, takut aja gitu bawaannya, serem.

"Guys, thanks for everything" Kata Jhere sambil senyum. Samuel ngangkat tangan "Sorry, tapi gue ga ngerti artinya" Respon Samuel terhadap kalimat Jhere tadi nyairin suasana jadi agak sedikit ga tegang. Anak-anak kosan pada ketawa "Lain laki belajar enggres, El".

"Lain kali, Dev, bukan lain laki" Koreksi dari Jhere. Ya sebenernya Jhere agak berterima kasih sama Samuel yang nyairin suasana tegang. Setidaknya ga setegang tadi, kan?

❤️‍🩹

xikers TagTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang