Marvel baru aja pulang dari sekolahnya, rasanya masih stres aja. Ga tenang gitu.
Pintu depan itu kebuka. Marvel masuk ke dalem kosan, pengen langsung tidur. Marvel masuk ke kamarnya, terus duduk di kasurnya. Mikirin gimana nanti dia ke depannya.
Kalo dipikir-pikir, emang makin sedih kalo dipikirin. Soalnya, Marvel mikirin anak-anak kosannya yang bakal dia tinggalin abis ujian kelulusan ini. Masih ada waktu dua minggu buat ngumpul-ngumpul dengan penghuni yang lengkap, dan mereka harus manfaatin waktu itu dengan bener.
TOK TOK TOK
Jhere masuk ke kamar Marvel tanpa seizin pemiliknya "Maaf, Vel kalo gue masuk tanpa seizin kamu" Jhere langsung duduk di sebelah Marvel "Ada apa?" Jhere geleng "Gue cuman pengen ngabisin waktu gue sama lo aja. Waktu kita udah ga lama lagi, Vel".
"Jher, gue ga rela ninggalin anak-anak, padahal gue udah anggep mereka sebagai keluarga gue" Jhere nengok ke Marvel, Marvel cuman nunduk, hatinya sesak, rasanya mau nangis.
•••
Jam 11 malem, Jhere pengen tidur. Padahal masih banyak materi yang harus Jhere pelajari. Matanya udah berat banget, tubuhnya udah kayak ga mendukung lagi buat belajar. Cuman demi nilai, Jhere harus tahan.
Di sana cuman ada suara jam dan suara pelan Jhere yang lagi ngapalin materi. Bisa dibilang lumayan sunyi.
Kepala Jhere udah agak pusing, jadi Jhere mutusin buat keluar ambil minum.
Tepat pas pintu di buka, ada Devan yang duduk deket pintu kamar Jhere "Van? Lo ngapain?" Begitu Jhere nanya, Devan langsung noleh terus senyum "Bang, gue pengen tidur bareng lo" Jhere bingung dong, tumben-tumbennya si Devan begini
"Tapi kenap-".
"Sebelum lo pergi dari kosan, gue pengen ngabisin waktu gue bareng lo".
Jhere tersenyum, kalimat Devan tadi bikin hati Jhere meleleh. Devan yang biasanya cuman bisa ngeluh, jahil sama nge-game.
"Yaudah, masuk aja. Dingin di luar".
Devan mati-matian nunggu Jhere di luar kamarnya. Kalo Devan ketuk pintu kamarnya, takutnya Devan bakalan ganggu Jhere yang lagi belajar.
Devan duduk di kasur Jhere. Kondisi kamarnya agak berantakan. Meja belajarnya juga penuh sama buku dan alat tulis. Ada banyak highlighter juga, bermacam warna. Devan ngerasain banget gimana perjuangan Jhere buat ujian kelulusannya.
Nanti, dua tahun kemudian, Devan bakal begini juga. Ngalamin hal yang sama kayak Marvel dan Jhere. Nantinya juga Devan bakal misah sama penghuni kosan yang tersisa.
Dengan dimulainya ujian kelulusan Marvel sama Jhere, itu buat penghuni kosan lain ikut sedih. Mereka bakal mecah, tahun depan bakalan mecah lagi, dan tahun depan lagi bakal mecah dan ga bakal tersisa apapun. Cuman ada kenangan berupa ingatan, foto, dan video.
Emang bener, adanya pertemuan maka ada perpisahan. Itu hal yang paling ga diinginkan sama anak-anak kosan ini. Mereka udah nganggep satu sama lain keluarga.
Devan liat koper di ujung kamar Jhere. Tandanya, Jhere beneran bakal pergi ninggalin kosan ini. Pas Devan geret kopernya, berat. Kayaknya Jhere udah nyusun pakaiannya ke dalem koper.
Justru hal itu buat Devan tambah sedih. Jhere beneran bakal pergi. Sosok ibu di kosan itu bakalan hilang. Begitu juga sosok ayah di kosan itu, alias si Marvel.
Jehan bilang, Marvel juga udah mulai nyusunin baju-bajunya ke dalem koper. Penghuni kosan itu bakalan kehilangan sekaligus dua orang.
Samuel juga akhir-akhir ini diem banget. Yang Samuel rasain itu sedih banget, dua minggu ke depannya, Samuel ga bakalan bisa lagi buat ngejahilin Marvel lagi. Kalo Marvel udah pindah, ya Samuel bakalan kesepian. Samuel bakalan ga ada temen ngobrol lagi. Ya walaupun masih ada Jehan, Devan, Haikal, sama Yodhya, yang seumuran gitu, Samuel tetep ngerasa paling deket sama Marvel.
Sebernernya, se-kosan itu jam segini belum pada tidur. Mereka semua pada mikirin keadaan kosan ke depannya kalo ga ada Marvel sama Jhere. Istilahnya Overthingking. Jehan aja dari tadi ngeliatin langit-langit rumah. Dia berimajinasi kosan ini ke depannya nanti gimana. Sama halnya kayak Herga, Herga dari jam 10 tadi berusaha buat tidur, cuman ga bisa. Herga terus-terusan kepikiran sama Marvel dan Jhere.
Bisa dibilang, dua orang yang ujian kelulusan, tapi delapan orang lainnya ikut stres. Si Haikal, yang awalnya tiap malem belajar materi baru, mulai ga fokus buat belajar. Jean juga, sekarang keingiannya buat ngerjain tugasnya menurun. Serega sama, biasanya Serega sering banget buat mempelajari materi baru yang belum dipelajari di sekolah. sekarang mah udah jarang banget.
Se-kosan pada stres. Ujian kelulusannya Marvel sama Jhere buat semuanya jadi stres. Bahkan ibu kosannya juga. Ibu kosannya takut aja kalo si Marvel sama Jhere cabut dari kosan, takutnya kosannya bakalan berantakan dan malahan tambah berisik. Biasanya, Marvel sama Jhere itulah yang buat kosan setidaknya jadi ga seberisik itu.
•••
Hari ini Samuel agak stres. Dia dapet tugas praktek baru, buat video penjelasan tentang Sejarah Nenek Moyang Bangsa Indonesia, penjelasan harus lengkap beserta sumber-sumbernya dari mana aja. Menurut kita sih emang biasa aja, HEI, ini Samueli Hardo, si anak kelas 10 IPS 3 yang susah banget buat ngapalin materi. Tapi kalo ngapalin skin Mobile Legend mah bisa aja.
Di sisi Serega sama Jean yang udah pulang sekolah, dua-duanya ga ada tugas atau apapun itu. Tapi rasanya ga tenang, ya karena mereka masih mikirin Marvel sama Jhere. Pokoknya pikiran anak kosan itu twenty four hours mereka pada mikirin Marvel sama Jhere.
"Anjinglah, tugas lagi tugas lagi" Gerutu Samuel sambil nyiapin bahan buat rekaman tugasnya "Sekali-kali kek, sehari apa, pengen ga ada tugas" Yang namanya Samuel, kalo ada apa-apa yang dia ga suka, ya bakal ngeluh.
📽
KAMU SEDANG MEMBACA
xikers Tag
HumorSepuluh anak SMA ngekos di satu tempat, mungkin itu pilihan yang agak salah. Beberapa tetangga sempat merasa terganggu beberapa kali karena penghuni kosan yang berisik ini. Ibu kosnya udah negur berkali-kali, tapi sama aja. Istilahnya, masuk kuping...