Hai.. aku kembali. Bagaimana kabarmu? Apa semua baik-baik saja? Sudah makan? Jangan lupa makan ya?
Hari ini aku datang dengan membawa sedikit cerita. Dalam beberapa bulan ini, banyak sekali masalah berat yang terus datang. Aku kembali berpikir untuk menyerah, tapi pada akhirnya aku kembali bangkit. Kemarin aku pergi ke bintangku, bertanya apa yang harus aku lakukan untuk menjadi seseorang yang bisa bertumbuh?
Dia menjawab, "maafkan dan lepaskan semua hal yang membuatmu sakit. Tanggapi apa yang memang harus di tanggapi. Tinggalkan apa yang memang sudah tidak bisa dipertahankan. Dan terpenting, kembali hidup dan lakukan apa yang menurutmu baik dengan penuh tanggung jawab."
Dalam poin itu, aku hanya terus mencoba mencerna. Ternyata yang paling susah adalah bagaimana kamu harus memaafkan bukan? Melepaskan dengan cara memaafkan. Sedikit tidak adil. Mereka menyakitiku, tapi kenapa dengan mudahnya hanya menerima "ampunan" dariku.
TAPI, dari situ aku mencoba berpikir secara dewasa. Dendam dan membalas hal yang sama ternyata juga tidak ada bedanya dengan apa yang mereka lakukan pada diriku. Yang pada akhirnya "memaafkan" kembali menjadi jawaban yang benar. Membalas apa yang sudah mereka lakukan terhadapku ternyata juga ada cara yang indah.
Yap. Menjadi lebih baik lagi, menjadi versi yang lebih kuat, tentu sukses juga menjadi jawaban. Dalam hal ini, aku hanya ingin mengatakan bahwa mungkin sulit bagi aku dan kamu untuk mengampuni bahkan melepaskan sesuatu yang sudah menyakiti hati kita. Semua butuh proses dan pelan-pelan. Bintangku bilang itu juga butuh support dari orang-orang yang memang bisa berdampak baik bagimu.
Tapi, ketika kita sudah bisa menerima semua kelebihan dan kekurangan kita. Menerima masa lalu kita. Menerima semua yang sudah lewat dan lalu. Fokus terhadap diri kita. Fokus dengan apa yang memang sudah harus kita hadapi. Semua hal baik juga akan berdampingan mengikuti kita.
Hei..maaf ya? Maafin dirimu sendiri. Maafin semua orang yang udah ga baik sama kamu. Balas mereka dengan cara yang indah. Aku percaya padamu.
Love, J. 🖊️🦋
KAMU SEDANG MEMBACA
Ceritaku, Ceritamu
ContoAda banyak orang yang ceritanya tidak pernah di dengar. Ada banyak orang yang tidak punya tempat untuk mendengar cerita mereka. Aku disini, menunggu kalian bercerita :) . . . Note : "It's okay to be not okay" Saya mengharapkan vote dan komen dari ka...