- Selamat Membaca -
Pagi ini semua siswa siswi pergi ke kelasnya masing masing karena bel masuk sudah berbunyi begitu juga dengan guru guru yang sedang siap siap untuk menuju ke kelas yang akan ia bimbing .
Sekar ia adalah guru termuda yang menjadi wali kelas XII MIPA 4 yang terkenal akan kenakalan anak murid nya walaupun begitu Sekar tak pernah menyesal karena telah menjadi wali kelas XII MIPA 4. Mungkin guru lain menganggap kelas tersebut adalah kelas terburuk tetapi ia mempunyai pemikiran lain tentang kelas tersebut.
Sekar mulai memasuki kelas XII MIPA 4 seperti biasa kelas tersebut selalu saja ribut. Bahkan ketika sekar sudah menepati meja nya.
Ketua kelas mengintruksikan semua anggota kelas untuk diam dan memulai pembelajaran. Tidak seperti biasanya ketika memasuki kelas tersebut Sekar hanya diam tanpa mengucapkan satu katapun dan langsung mencatat materi di papan tulis setelah itu ia pergi meninggalkan kelas.
Kali ini Sekar benar benar lelah menghadapi kelakuan anak didiknya yang selalu membuat masalah bagi kelas tersebut. Sangatlah rugi jika satu minggu saja tidak bermasalah. Setiap hari Sekar selalu mendapatkan laporan bahwa anak didiknya bermasalah dan itu sudah biasa baginya. Ia selalu menjaga nama baik kelas tersebut walaupun guru guru yang lain sudah tau seburuk apa kelas tersebut.
Beberapa Minggu ini Sekar tak pernah lagi marah marah dan mengucapkan kata sedikit pun kepada anak didiknya hal itu yang membuat anak XII MIPA 4 kebingungan dengan perlakuan wali kelas mereka. Biasanya Sekar selalu ngoceh ketika masuk ke kelas XII MIPA 4 tapi untuk kali ini ia benar benar tidak mengucapkan satu kata pun hal ini yang membuat mereka semua bingung.
"Kenapa ya akhir akhir ini Bu Sekar cuekin kita?"
"Mungkin Bu sekar udah capek ngurusin kita, kalian semua, kan selalu bikin masalah sebagai wali kelas Bu kar pasti malu!"
"Bentar lagi kan hari guru nih , gimana kita bikin hadiah untuk ibu kar,"
"Boleh tapi menurut kalian yang bagus nya apa ya ? "
Semua anak kelas XII MIPA 4 berdiskusi mengenai hadiah apa yang harus ia kasih kepada Sekar untuk hari guru nanti. Memang kelas mereka di cap sebagai kelas terburuk tetapi mereka selalu kompak ketika ada acara hal itulah yang membuat Sekar bangga kepada kelasnya tetapi untuk kali ini Sekar kecewa karena kenakalan mereka.
Hari demi hari berlalu mereka selalu membuat keributan dan permasalahan bahkan Sekar tidak pernah lagi masuk ke kelas tersebut karena ia mendapat kabar jika anak didiknya bolos satu kelas selama dua hari. Setelah kejadian itu mereka semua masuk ruang BK dan mendapatkan peringatan jika melakukannya sekali lagi maka mereka di sekor selama 1 Minggu dan akan di panggil orang tuanya. Hal itu tidak membuat mereka kapok, mereka memang tidak bolos lagi tetapi mengambil buah mangga yang ada di samping sekolah tanpa izin kepemilikannya. Lagi, lagi, lagi dan lagi mereka bermasalah.
Hari ini adalah hari guru , semua siswa siswi merayakan hari guru . Setiap kelas memberi hadiah kepada wali kelasnya masing masing tetapi tidak dengan kelas XII MIPA 4 mereka malah merencanakan untuk bolos lagi . Sekarang mereka sudah berada di gerbang belakang sekolah untuk bolos lagi , belum sempat mereka melarikan diri mereka sudah ketahuan dengan satpam dan alhasil masuk BK .
Sesampainya di BK mereka semua di beri surat undangan orang tua untuk datang ke sekolah . Di ruang BK juga terdapat Sekar yang juga memarahi anak didiknya .
" Hari ini hari guru , semua kelas merayakannya dengan wali kelas dan memberikan hadiah sedangkan kalian ? Kalian malah membuat ibu kecewa , sekarang kalian cari guru yang mau menjadi wali kelas kalian ibu mengundurkan diri sebagai wali kelas kalian . Permisi " ucap Sekar dan lansung meninggalkan ruang BK .
Ketika Sekar keluar dari ruang BK ada kain yang menutupi matanya dan ada tangan yang membawa ia pergi ke suatu tempat . Ketika kain itu di buka , mata nya tertuju kepada kalimat yang bertuliskan "Happy Teacher's Day Mrs. Sekar" dan ketika ia melihat keseluruh tempat terdapat banyak bunga dan Foto nya bersama anak didiknya . Dan pandangan Sekar beralih ketika mendengar suara dari infokus yang menampilkan kegiatan yang ia lakukan setiap hari ketika di sekolah dan interaksi antara ia dan anak muridnya . Tak lama semua anak kelas XII MIPA 4 memasuki tempat tersebut dan membawa buket bunga tulip yang ia sukai ." Selamat hari guru Bu kar , kita semua minta maaf karena selalu bikin masalah sampai bikin ibu malu , and makasih karena ibu selalu menjaga nama baik kita semua di depan guru yang lain . Sekali lagi happy teacher day " ucap siswa tersebut
" Ini ada hadiah dari kita untuk ibu , maaf mungkin hadiah nya tak sebanding yang selama ini ibu beri kepada kami tapi semoga hadiah yang kami kasih bermanfaat ya Bu "
Saat itu juga Sekar ingin menangis dengan apa yang mereka berikan kepadanya bukan tentang hadiah nya tetapi tentang perubahan sikap mereka . Ia baru menyadari ternyata dari awal semua nya adalah rencana mereka semua yang juga minta bantuan guru BK , jujur Sekar sangat senang dengan anak didiknya .
Di infokus terdapat kegiatan mereka selama Sekar tidak masuk ke kelas tersebut , ketika mereka bolos satu kelas mereka belajar di tempat lain yang di bimbing dengan satu guru .
Kaget , senang , sedih . Semuanya bercampur saat ini jujur ia masih tidak menyangka dengan apa yang telah di lakukan anak didiknya , ia tidak akan melupakan kejadian ini .Ternyata Sekar benar walaupun guru lain menilai kelas tersebut buruk tetapi ada kekompakan di dalamnya dan ia bangga menjadi wali kelas tersebut .
Selesai
KAMU SEDANG MEMBACA
Teacher
Short StoryGuru adalah orang yang mengajar di sekolah. Orang yang bertindak seperti guru seandainya di berada di suatu lembaga kursus atau pelatihan tidak disebut guru, tetapi tutor atau pelatih. Padahal mereka itu tetap saja bertindak seperti guru. Mengajarka...