Manusia Dan Kegagalannya

4 1 0
                                    

Dalam perjalanan menuju gerbang kesuksesan, kegagalan akan selalu menjadi teman dalam perjalanan anak manusia, menemani disetiap langkahnya, seolah menjadi teman setia yang tak pernah bisa dipisahkan.

Kegagalan bukanlah penghalang untuk perjalanan, melainkan sebuah pengalaman yang akan membawa kita kemasa depan, kegagalan bukan untuk membuktikan bahwa diri kita kalah, melainkan untuk menjadikan diri kita lebih tabah dalam melewati proses yang sedang kita jalani.

Apa jadinya manusia jika dia tidak pernah gagal dalam perjalanannya? apa jadinya manusia bila dia tidak pernah merasakan lelahnya berjuang? apa jadinya manusia bila dia tidak pernah merasakan sakitnya penghinaan? Apa jadinya?

Manusia hebat tidak pernah terbentuk dari pengalaman yang biasa-biasa saja, melainkan dari pengalaman yang begitu menyakitkan dan sangat melelahkan.

Bertahanlah, jika kita sedang berada dititik itu. Pemilik semesta hanya ingin menunjukkan kepada kita bahwa setiap perjalanan menuju kesuksesan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani, bukan pula perjalanan yang hanya dipenuhi oleh senyum dan tawa, bukan juga perjalanan yang hanya sekedar dilalui begitu saja.

Melainkan sebuah perjalanan yang membuat kita merasa lelah, ingin menyerah, bahkan sampai membuat kita berputus asa.

Perjalanan yang selalu ditemani oleh hinaan, cacian, bahkan air mata yang seolah menjadi teman dalam setiap langkah yang kita lalui.

Kesuksesan bukanlah sesuatu yang murah untuk didapatkan, juga bukan sesuatu yang mudah dijalankan, karena itu akan selalu ada harga di setiap perjalanannya, akan selalu ada tenaga disetiap prosesnya, bahkan sangat banyak waktu yang akan kita habiskan dalam menuju gerbangnya.

Bagi mereka yang tidak memiliki niat yang kuat, hinaan seolah menjadi penghalang untuk perjalanan. Tidak ada jalan lain selain berputus asa, seolah menyerah adalah pilihan yang tepat.

Kawan, ketika kegagalan datang menghampirimu, anggap lah dia sebagai teman dalam perjalananmu, jadikan kegagalan sebagai pengalaman dalam perjalananmu. Sebab Tuhan menciptakan kegagalan sebagai bentuk penguat diri, bukan untuk membuatmu menyerah.

Ingatlah kawan, bahwa Tuhan menciptakan kegagalan bukan untuk membuat kita menyerah juga berputus asa, melainkan untuk membuat kita lebih berpasrah kepada-Nya, melibatkan Dia disetiap perjalanan kita, menyadarkan kita bahwa tanpa Dia kita tidak akan pernah bisa melewati jalan itu dengan tuntas.

Kawan, mulai detik ini libatkan Tuhan dalam perjalanan kita, mintalah kepada-Nya kemudahan disetiap perjalanan yang akan kita lalui, sebab Dia adalah sebaik-baiknya penolong dan jangan lupa berprasangka baik terhadap-Nya, karena takdir Allah akan sesuai dengan prasangka hamba-Nya.

Jadi, mari melibatkan Tuhan disetiap perjalanan kita, menjadikan Tuhan satu-satunya tempat untuk kita mengaduh, menjadikan Tuhan sebagai teman setia dalam perjalanan kita. Walaupun kelak kita akan gagal lagi, walaupun kelak kita akan terjatuh lagi, tapi setidaknya kita bisa menerima, berdamai, bahkan kita mampu ikhlas atas segala sesuatu yang telah terjadi. Sebab kita sadar bahwa segala yang telah terjadi adalah sesuatu yang telah ditetapkan untuk kita.

Namun, kita juga harus ingat melibatkan Tuhan bukan berarti kegagalan itu tidak akan pernah ada, bukan berarti perjalanan yang akan kita tempuh akan mudah, bukan berarti perjalanannya tidak akan menguras air mata. Melibatkan Tuhan melainkan untuk membuat kita bisa menerima segala yang ditetapkan, melegakan hati ketika yang terjadi tidak sesuai dengan harapan, mampu bersikap tenang walaupun sebenarnya sedang hancur Porak-poranda. Sebab melibatkan Tuhan membuat segala masala kita terasa lebih ringan.

Hidup Tidak Selalu Tentang Bahagia Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang