Memperhatikan

174 23 7
                                    

"Kalau jari kaki maneh bakal balik mah, sok aja pukulin sampe mati.

Urang ngebela siapapun yang lagi diposisi teraniaya. Teu paduli kalau orang jahat juga. Pokoknya pas dia dizalimi, dia berhak dibela.

Atau maneh semua gelut weh sama urang. Sampe urang mati beneran juga gapapa. Urang gak tau, kenapa urang masih hidup. Mungkin buat ngebela si Mahes. Kata Aji bikin yang lain jadi ngerenung bareng-bareng.

Mahes beneran udah sekarat banget, dia ngerintih minta tolong ke Aji.

Dan ya.. syukurnya yang lain ngerti sama omongan Aji. Mereka semua bantuin Aji buat bawa Mahes ke rumah sakit.

Besoknya mereka jujur dan nyerahin diri ke pihak sekolah.

Mereka dapet ancaman dikeluarin dari sekolah tapi entah ada keajaiban apa yang dateng ke Mahes, ternyata dia diem-diem minta buat ringanin hukuman itu. Jadi, keputusan akhirnya ya.. diskors 3 hari.

Mahes juga keluar dari sekolah kita dan lebih milih buat homeschooling.

Awalnya aku juga kesel sama tindakan Aji apalagi sampe bikin Cornel kena skors. Tapi setelah denger semuanya, aku ikut paham kayak yang lain.

Emang pemikiran Aji tuh beda sama kita."

Semua tertegun dengan cerita dari Indah, apalagi Asha, mungkin pandangannya terhadap Aji akan berubah.

***

Kelas sudah ramai. Sebagian murid tengah sibuk menyalin PR, pemandangan yang sudah biasa setiap pagi.

"Pagi, Shel." Aji menyapa Shella yang sudah datang sekitar 10 menit lalu.

"Tumben pisan, Ji."

Aji terkekeh kemudian duduk di kursi dengan perlahan karena tidak mau mengganggu teman sebangkunya.

Atin menoleh dan menatap sinis, "gue gak di sapa nih?!"

"Eh, aya Atin... iya-iya, di sapa. Sapa peduli bro?" Jawab Aji dengan tengil.

"Ih bangsat!! Gue doain lo dapet makan gratis hari ini."

"Aamiin!"

Kedua gadis itu tertawa. Meski mereka sering mempermasalahkan hal-hal kecil tetapi mereka juga suka memberikan perhatian satu sama lain walaupun caranya sarkas.

Gengsi kok digedein? Harusnya nilai MTK Atin tuh yang digedein.. eh!

Pandangan Aji beralih pada Asha.

Sepertinya jiwa ambis gadis itu tidak pernah padam. Pagi-pagi begini dia sudah sibuk membaca materi untuk hari esok.

Terlihat, tangan kirinya memegang ujung lembar kertas untuk mengganti halaman. Dan tangan kanannya sedang memijat pelipis.

Aji meraih tas miliknya dan mengeluarkan sesuatu. "Mau permen karet gak?"

Asha dan Aji bertatapan.

"Dijamin aman! Gak ada racun-racunan. Soalnya saya lagi makan juga." Aji sibuk mengunyah.

"Atau mau nunggu 2 menit dulu buat mastiin saya bakal pingsan atau enggak?"

Tidak ada jawaban dari Asha. Keduanya benar-benar terdiam selama 2 menit kedepan.

Aji mengulurkan tiga buah permen karet, "aman kan? Uhuk.." Dia berpura-pura batuk agar temannya mengira permen karet itu benar diberi racun.

Freak. Huftt sabar, Sha.. batin Asha.

Dia fokus mengambil permen karetnya, tidak peduli dengan kelakuan konyol yang dilakukan Aji.

Iya... Asha tidak menolak. Dia butuh permen karet itu karena sekarang dia sedang merasakan pusing dikepalanya.

Tentang DiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang